Iklan Uptitle

7 Air Terjun Terfavorit Paling Menakjubkan yang Wajib Kamu Kunjungi

Tuhan menciptakan planet bumi yang kita tinggali ini dengan keindahan-kaindahan yang menakjubkan di dalamnya, salah satunya yakni air terjun. Begitu banyak air terjun yang tersebar di bumi yang masing-masing memiliki keindahan bentuk, tinggi, dan ciri khasnya yang berbeda-beda. Dari banyaknya air terjun tersebut dibawah ini beberapa air terjun dapat menjadi wisata terbaik anda bagi para pecinta alam. Tidak hanya menjadi air terjun terindah di dunia, tetapi juga menjadi tujuan wisata favorit dan populer bagi para wisatawan di dunia. Tujuh diantaranya adalah:

1. Air Terjun Victoria (Zambia-Zimbabwe)
Disebut juga Mosi-oa-Tunya oleh masyarakat lokal Tonga. Air Terjun Victoria merupakan salah satu air terjun yang sangat menakjubkan dan menjadi salah satu yang terindah di dunia. Air terjun ini menjadi lokasi wisata yang utama di daerah Afrika Selatan. Terletak di Sungai Zambezi perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Tinggi air terjun ini yakni 128 meter atau dua kali lebih tinggi dari air terjun Niagara dan memiliki lebar 1,6 kilometer. Air terjun ini menjadi situs warisan dunia yang ditetapkan pada tahun 1989 oleh UNESCO.

Berbagai macam hiburan dapat anda nikmati di air terjun ini diantaranya adalah berlayar di sungai, bungee jumping, rafting, fenomena pelangi bundar dan hiburan lainnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah sekitar bulan akhir Agustus hingga awal Januari karena para pengunjung yang datang dapat menikmati Livingstone Island dan berenang di kolam yang ekstrim bernama Devil's Pool yang berada di ujung tebing air terjun saat debit air di Sungai Zambezi turun.

Perlu diketahui Livingstone Island dan Devil's Pool berada di sisi Zambia, untuk yang tidak ingin berenang dan hanya ingin menikmati keindahan air terjun utama yang menakjubkan ada baiknya melihat dari sisi Zimbabwe karena dapat melihat sisi utama dari air terjun ini.

2. Air Terjun Plitvice (Kroasia)
Berada di Taman Nasional Danau Plitvice, air terjun ini sebenarnya merupakan gabungan dari danau-danau kecil yang bertingkat. Air terjun berwarna hijau toska ini merupakan salah satu yang terindah di dunia dan menjadi tempat wisata terfavorit di Kroasia yang didirikan sekitar tahun 1949.

Banyak wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya. Karena keindahannya dan untuk menjaga agar tetap lestari UNESCO pun memasukkan Plitvice ke dalam Situs Warisan Dunia pada tahun 1979.

Tidak hanya air terjunnya yang menjadi salah satu terindah di dunia, danau di Plivice ini juga merupakan salah satu danau yang terindah di dunia. Anda bisa menikmati keduanya dengan berjalan kaki di jembatan kayu yang telah disediakan. Air terjun dan danau ini dikelilingi oleh hutan lebat yang menjadi rumah bagi populasi beruang, rusa, serigala, babi hutan dan spesies burung-burung langka. 

3. Air Terjun Iguazu (Argentina)
Air Terjun Iguazu berada di sungai Iguazu di perbatasan antara negara bagian Parana di Brasil dan Provinsi Misiones di Argentina. Air terjun ini jatuh tepat di tebing dan membentuk sistem air terjun yang berjumlah 275 buah, terbentang sepanjang 2,7 kilometer. Ketinggian air terjun ini bervariasi, dari tinggi 64 meter hingga 82 meter, namun kebanyakan air terjun di Iguazu ini memiliki ketinggian sekitar 64 meter.

Air Terjun Iguazu begitu sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihatnya terutama para pecinta alam ditambah sekeliling air terjun merupakan hutan hujan tropis. Tidak hanya menjadi air terjun yang terpopuler dan terindah di dunia, air terjun ini juga pernah menjadi lokasi syuting beberapa film Hollywood diantaranya adalah Captain America: Civil War (2016).

Untuk anda yang menginginkan waktu dan keadaan air terjun terbaik maka dapat mengunjungi air terjun ini pada musim semi atau musim gugur. Kombinasi antara pemandangan alam, suara air terjun yang jatuh, dan jumlahnya yang banyak dan bervariasi menjadikan anda ingin tetap berlama-lama di air terjun ini.

4. Air Terjun Niagara (Amerika Serikat-Kanada)
Tentu semua sudah mendengar dan mengetahui mengenai air terjun ini. Air terjun yang berada di perbatasan Amerika dan Kanada ini sangat populer di seluruh penjuru dunia dan menjadi salah satu yang terindah di dunia. Air terjun ini terdiri dari tiga buah air terjun yang masing-masing bernama Horseshoe Falls, Bridal Veil Falls, dan American Falls. Dari tiga air terjun pembentuk Niagara, Horseshoe Falls adalah yang tertinggi dan juga memiliki ukuran dan debit air terbesar.

Meski air terjun ini memiliki ketinggian 51 meter atau separuh dari tinggi Air Terjun Victoria, air terjun ini memiliki debit 5 kali lebih besar dari Air Terjun Victoria yakni sekitar 6 juta kaki kubik air per menit menjadikannya sebagai air terjun dengan volume terbesar di dunia.

Jika anda ingin melihat air terjun ini dari dekat, Niagara Falls State Park adalah pilihannya dari sini keindahan air terjun terlihat jelas dan sangat dekat. Jika anda berlibur di Amerika Serikat atau Kanada, maka sangat disarankan untuk mengunjungi Air Terjun Niagara yang menakjubkan ini.

5. Air Terjun Rhein (Swiss)
Swiss memang dikenal memiliki banyak keindahan pariwisata alami yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihatnya. Salah satunya adalah air terjun Rhein yang sangat populer di Eropa dan menjadi salah satu lokasi wisata air terjun terindah di Eropa. Air terjun Rhein terletak di Sungai Rhein perbatasan Schaffhausen dan Zurich di Swiss Utara. Air terjun ini merupakan air terjun yang terbesar di Eropa, memiliki tinggi total 23 meter dengan lebar sekitar 150 meter dengan kedalaman dasar air terjun mencapai 13 meter. 

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan menaiki bukit melalui sebuah lift yang telah disediakan pengelola, berkemah di sekitar Sungai Rhein untuk melihat keindahan air terjun saat malam hari, pagi hari dan sore hari, atau melakukan sebuah perjalanan dengan menaiki kapal yang mengarah sampai ke air terjun. Pengunjung di sini juga dapat melihat beberapa bangunan kuno diantaranya adalah Kastil Worth.

Untuk dapat mencapai Air Terjun Rhein sangatlah mudah karena tersedianya berbagai macam alat transportasi darat termasuk terdapat dua stasiun kereta api yang berada dekat dengan lokasi wisata. Air terjun ini juga memiliki jalur khusus untuk kursi roda sehingga ramah untuk para difabel.

6. Air Terjun Yosemite (Amerika Serikat)
Selain memiliki Air Terjun Niagara, negeri Paman Sam juga memiliki air terjun menakjubkan lainnya dan terindah di dunia yakni Air Terjun Yosemite di Taman Nasional Yosemite California. Air terjun ini memiliki total ketinggian sekitar 739 meter dan mendapat predikat sebagai air terjun yang tertinggi di Amerika Utara. Air terjun ini akan tampak paling indah pada saat musim semi ketika es mulai mencair dan mengaliri air terjun.

Anda bisa berkunjung pada bulan November hingga Juli saat air terjun ini memiliki aliran yang deras, hingga puncak terderas sekitar bulan Mei. Para pengunjung yang datang ke taman nasional ini kebanyakan ingin melihat keindahan dari Air Terjun Yosemite. Selain melihat air terjun, pengunjung juga bisa melakukan hiking menikmati keindahan alam selama beberapa hari di sini, berkemah, dan ski di musim dingin.

Untuk anda yang hobi menjelajah tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengunjungi semua tempat wisata yang berada di Taman Nasional Yosemite ini. Karena taman nasional ini memiliki segudang keindahan alam yang wajib untuk anda kunjungi.

7. Air Terjun Gullfoss (Islandia)
Islandia terkenal memiliki banyak air terjun termasuk diantaranya adalah Gullfoss. Gullfoss merupakan salah satu air terjun yang sangat populer di Islandia dan memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Air terjun ini berada di Sungai Putih di Islandia bagian selatan. Tinggi total air terjun ini adalah 31 meter dan terbagi menjadi dua, air terjun atas yang memiliki tinggi 11 meter dan air terjun bawah yang memiliki ketinggian 20 meter.

Pada musim dingin air terjun ini membeku dan menjadi sebuah pemandangan yang indah dan banyak diabadikan pengunjung. Walaupun Islandia memiliki daratan terpisah, tidak menyatu dengan daratan Benua Eropa, air terjun ini memiliki volume aliran air terbesar di Eropa disebabkan hujan berkala yang mengguyur wilayah ini dan mencairnya gletser dari gletser terbesar kedua yakni Langjokull saat memasuki musim panas.

Keindahan air terjun ini semakin terlihat saat terkena sinar matahari karena akan tampak berwarna keemasan dan fenomena pelangi yang tampak karena kabut tipis yang timbul dari air terjun saat musim panas.

0 Response to "7 Air Terjun Terfavorit Paling Menakjubkan yang Wajib Kamu Kunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel