Iklan Uptitle

7 Museum Terpopuler Favorit Wisatawan yang Wajib Dikunjungi di Eropa

Museum merupakan tempat menyimpan benda-benda ataupun karya seni yang sangat berharga dan bersejarah dalam peradaban manusia. Berkunjung ke dalam museum pastinya akan membuat kita lebih banyak memperoleh pengetahuan baru terutama mengenai sejarah. Dari sekian banyaknya museum yang berada di Eropa, berikut ini adalah diantaranya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Museum-museum berikut menjadi favorit wisatawan dari berbagai negara saat mengunjungi Eropa.

1. British Museum Inggris
Inggris memiliki sebuah museum yang menjadi dokumentasi terpenting di dalam perjalanan sejarah peradaban manusia, museum tersebut bernama British Museum. Didirikan tahun 1753 yang awalnya adalah koleksi dari seorang dokter bernama Sir Hans Sloane. Tidak tanggung-tanggung koleksi yang dimiliki museum ini sekarang berjumlah sekitar 8 juta benda dan berasal dari seluruh penjuru dunia, dan menjadikan museum ini sebagai museum yang memajang benda bersejarah terlengkap di dunia. Di dalam museum anda akan menemukan berbagai macam koleksi dari periode sejarah sejak beribu-ribu tahun yang lalu.

Di dalam British Museum anda akan menemukan koleksi-koleksi yang terbagi menjadi banyak bagian atau departemen berdasarkan pada tempat asal benda dan jenis benda. Bagian-bagian tersebut yaitu: bagian Mesir Kuno dan Sudan, Yunani dan Romawi, Timur Tengah, Asia, Afrika-Oseania-Amerika, Prasejarah dan Eropa, Seni Cetak dan Gambar, Kain dan Medali, Konservasi dan Penelitian Imiah, serta Perpustakaan dan Arsip.

Pasti tidak cukup waktu untuk menyusuri dan melihat semua benda yang dipajang di sini, tetapi ada beberapa yang menjadi ikon dari museum ini yang wajib anda lihat diantaranya adalah: the Rosetta Stone, the Sutton Hoo Helmet, Hoa Hakananai'a dan Mumi Mesir.

2. Museum Louvre Perancis
Ketika berkunjung ke Perancis pasti yang terbayang pertama kali adalah Menara Eiffel di Kota Paris. Tetapi jika anda mencari tahu lebih mengenai tempat yang menjadi wisata favorit pasti akan menemukan nama museum ini.

Museum Louvre bertempat di bekas istana kerajaan Perancis sehingga tidak heran jika museum ini menjadi museum terbesar di dunia, selain merupakan museum terbesar Museum Louvre juga memiliki kunjungan terbanyak di seluruh dunia dengan jumlahnya mencapai 8 juta lebih wisatawan per tahun baik domestik maupun mancanegara. Museum ini diresmikan pada tahun 1793 dan pernah berganti nama pada saat  Napoleon Bonaparte menjadi kaisar, ia menggantinya menjadi  Musée Napoléon. Tetapi pada tahun 1815 ketika kekuasaan Napoleon berakhir museum ini berganti nama lagi menjadi seperti sebelumnya.

Di dalam museum terbagi menjadi delapan koleksi utama dari berbagai belahan bumi, yakni: koleksi mesir kuno, benda purbakala dari timur dekat Yunani, Etruskan, Romawi, seni islam, seni pahat atau patung, seni dekoratif, seni lukis, seni cetakan dan seni gambar. Salah satu karya fenomenal yang terpajang disini adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci.

3. Rijksmuseum Belanda
The Rijksmuseum atau biasa dikenal sebagai Museum Nasional Belanda, merupakan museum yang sangat terkenal di dunia dan menjadi museum terbesar di Belanda. Dibangun pada tahun 1800 di The Hague atau Den Haag kemudian pada tahun 1808 dipindahkan ke Amsterdam. Di dalam museum ini terdapat banyak koleksi seni yang langka dan benda-benda antik diantaranya adalah 8000 lukisan bersejarah di 80 ruangan museum. Total koleksi dari Rijksmuseum berjumlah sekitar 1 juta buah. Koleksi yang sangat terkenal di sini diantaranya adalah karya dari Rembrandt van Rijn, Frans Hals, dan Johannes Varmeer.

Terdapat pula 35000 buku dan manuskrip, bagi anda pecinta buku dan naskah-naskah kuno bersejarah, Rijksmuseum merupakan yang wajib untuk dikunjungi. Di depan Museum ini terdapat landmark Amsterdam bisa anda gunakan untuk berfoto untuk mengabadikan kunjungan anda. Jika anda ingin mengunjungi museum ini ada baiknya membeli tiket masuk secara online beberapa hari sebelumnya agar terhindar dari antrian tiket di lokasi.

4. Museum d'Orsay Perancis
Selain Museum Louvre, terdapat satu lagi museum di Paris yang wajib dikunjungi yaitu Museum d'Orsay, berada di 1 rue de la Légion d'Honneur tepi Sungai Seine. Museum ini dibuka pada tahun 1986 dengan bangunan yang dahulunya merupakan sebuah stasiun kereta api. Meskipun sebelumnya adalah sebuah stasiun, tetapi arsitekturnya sangat megah dan unik. Pada ruang utama museum juga terdapat jam besar yang masih berfungsi dengan baik.

Museum d'Orsay menyimpan berbagai koleksi seni Perancis dari tahun 1848 sampai 1914 dengan koleksi utamanya berupa karya seni lukisan, patung, meubel, dan fotografi. Termasuk karya-karya seni dari sang legendaris salah satunya yakni Van Gogh. Karyanya yang terpajang di sini adalah Starry Night Over The Rhone, Bedroom in Arles, dan Self Potrait. 

5. Museum Vatikan
Museum yang dibangun pada abad ke-16 oleh Paus Julius II ini merupakan kumpulan beberapa museum kesenian, museum ini menampilkan koleksi-koleksi Gereja Katolik Roma. Di Museum ini anda akan menemukan berbagai macam seni lukisan dan seni patung, termasuk Kapel Sistina, Kapel Niccoline, Kamar Raphael dan Loggia, dan Apartemen Borgia. Museum ini memiliki bentuk berupa koridor pada sebagian besar bangunannya yang memudahkan para pengunjung untuk menikmati karya seni yang terpajang pada sisi kanan dan kiri koridor. Terdapat juga lukisan di bagian atas koridor yang membuat pengunjung sangat kagum terlebih lukisan-lukisan tersebut memberikan efek 3D. 

Pelukis yang dapat anda temui karyanya di Museum Vatikan diantaranya adalah Michelangelo, Raphael, dan Leonardo da Vinci. Ada salah satu bagian unik di dalam museum yakni berupa tangga berbentuk spiral, tangga ini bernama Bramante Spiral Stairs. Dirancang oleh Giuseppe Momo pada tahun 1932.

6. Museum Van Gogh Belanda
Selain Rijksmuseum satu lagi museum yang wajib di kunjungi ketika berada di Amsterdam, yakni Museum Van Gogh. Setiap tahunnya sekitar 1,6 juta wisatawan berkunjung ke museum ini, menjadikannya menjadi salah satu museum paling populer di dunia. Museum yang dibuka pada tanggal 2 Juni 1973 memiliki desain yang unik dan berbeda dirancang oleh Gerrit Rietveld dan Kisho Kurakawa. Museum yang berada di Lapangan Museum di Borough Amsterdam ini berisi karya seni lukisan-lukisan dan gambar-gambar dari Vincent Van Gogh yang terbesar di dunia.

Van Gogh (1853-1890) adalah seorang pelukis paling terkenal sepanjang sejarah walaupun karya-karyanya baru mulai dikenal setelah ia meninggal dunia. Di dalam Museum Van Gogh terdapat lebih dari 200 lukisan, 500 gambar gambungan dari pelukis lainnya pada zamannya. Beberapa lukisan yang sangat terkenal terpajang di sini adalah Almond Blossom, Sunflowers, The Bedroom, dan The Potato Eaters. Setiap hasil lukisannya merupakan representasi perjalanan hidupnya ketika berada di Belanda, Paris, Arles, Saint Remy, dan Auver sur Oise.

7. Museum Galeri Uffizi Italia
Museum yang berada di Firenze Italia ini merupakan salah satu museum seni tertua dan terkenal di dunia. Didirikan pada tahun 1580 oleh Giorgio Vasari, yang pada mulanya untuk sebuah kantor hakim sebelum dibuka untuk umum pada tahun 1765 sebagai museum galeri, hingga pada hari ini Museum Galeri Uffizi menjadi tujuan favorit wisatawan dari berbagai negara. Saat musim wisata atau liburan tiba, antrian tiket masuk museum dapat mencapai lima jam. Jika anda datang saat musim wisata ada baiknya untuk datang lebih awal untuk menghindari lamanya antrian tiket.

Anda bisa melihat karya-karya terbaik yang sangat terkenal di dunia terpajang di sini, diantaranya adalah lukisan Kelahiran Venus oleh Sandro Botticelli, Penobatan Sang Perawan oleh Fra Angelo, Laocoön and his Sons oleh Baccio Bandinelli, dan lukisan-lukisan lain yang sangat terkenal lainnya. Termasuk juga The Annunciation karya Leonardo da Vinci. Koleksi di museum ini begitu banyak sehingga beberapa karya seni harus dipindahkan ke museum lain yang terdekat di Firenze. 

Berwisata di museum-museum Eropa memanglah sangat menyenangkan dan mengesankan terlebih museum-museum tersebut merupakan museum favorit wisatawan dari seluruh dunia. Selain favorit museum-museum tersebut juga menampilkan benda-benda dan karya seni yang sangat terkenal di dunia, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri jika bisa melihat secara langsung benda-benda dan karya seni tersebut.

0 Response to "7 Museum Terpopuler Favorit Wisatawan yang Wajib Dikunjungi di Eropa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel