Iklan Uptitle

Destinasi Favorit Kamboja, Berikut 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Selain Thailand, negara Asia Tenggara yang sering dikunjungi wisatawan asal Indonesia adalah Kamboja. Di negara ini kamu dapat menemukan berbagai macam pariwisata, dari wisata sejarah hingga wisata alam yang tentu akan membuat liburan kamu menjadi lebih seru.

Tempat wisata Kamboja pastinya memiliki jumlah yang begitu banyak. Tetapi berikut ini kami rangkum lima tempat wisata di Kamboja yang wajib kamu kunjungi, tempat-tempat wisata tersebut tentu akan memberikan pengalaman mengesankan bagi kamu yang berkunjung ke sana.

1. Phnom Penh
Phnom Penh merupakan Ibukota Negara Kamboja, kota ini menjadi ibukota Kamboja sejak penjajahan Perancis. Selain menjadi pusat pemerintahan, ekonomi, dan keamanan negara, Phnom Penh juga salah satu tujuan pariwisata favorit yang ada di Kamboja.

Di dalam kota ini kamu tentu akan menemukan banyak sekali tempat wisata yang ditawarkan dari wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Spot wisata yang dapat kamu kunjungi diantaranya adalah Pantai Ochheuteal, Museum Nasional Kamboja, dan Royal Palace.

Untuk hal belanja kamu bisa datang ke Phnom Penh Night Market, sebuah pasar yang menawarkan berbagai macam kebutuhan, makanan dan suvenir. Seperti namanya pasar ini beroperasi pada malam hari. Pasar ini juga bisa kamu jadikan wisata kuliner saat berada di Kamboja.

2. Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field
Masih di Kota Phnom Penh, kita akan menuju sebuah museum bersejarah yang sangat mengerikan yakni museum yang menggambarkan kekejaman pemimpin diktator bernama Pol Pot di Kamboja pada tahun 1975-1978. Museum yang sebelumnya merupakan sebuah sekolah SMA dirubah Pol Pot menjadi tempat penyiksaan belasan ribu penduduk Kamboja.

Mereka yang disiksa di tempat ini kemudian dibawa ke tempat eksekusi yakni Killing Field, di sini kamu bisa melihat 8000 tengkorak manusia yang dipajang sebagai peringatan sejarah kelam Kamboja pada masa kepemimpinan Khmer Merah, 129 kuburan massal, 43 di antaranya belum digali sampai saat ini dan tetap dibiarkan apa adanya.

Kini bangunan telah dijadikan sebagai museum sejarah yang bisa menjadi salah satu tujuan wisata. Meskipun kisah mengerikan mewarnai sejarah bangunan ini, namun tempat ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin berwisata ke Kamboja dan mengenal salah satu sejarah pentingnya.

3. Angkor Wat
Angkor Wat merupakan sebuah kuil peninggalan kerajaan Hindu yang paling indah di dunia, kuil ini dibangun sekitar abad ke-12 dengan luas kompleks sekitar 400 km persegi. Kuil ini terletak di Kota Siem Riep atau sekitar 350 kilometer dari Kota Phnom Penh, Ibukota Kamboja. Destinasi satu ini selalu menjadi daftar kunjungan wajib bagi hampir seluruh wisatawan yang berkunjung ke Kamboja.

Terdapat ratusan kuil kecil di Angkor Wat yang mengelilingi kuil utama. Para pengunjung yang ingin memasuki Angkor Wat hanya bisa masuk dari pintu tunggal. Sebelum menuju kuil pengunjung akan melewati sebuah jembatan di mana jembatan tersebut menjadi satu-satunya akses masuk ke kuil.

4. Kuil Bayon
Kuil lain yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Kamboja adalah Kuil Bayon, kuil ini memiliki bentuk relief berupa pahatan wajah, ada sekitar 216 pahatan wajah di Kuil Bayon. Terdapat empat pahatan wajah yang utama yang menjadi ikon dari Kuil Bayon. Selain itu, terpadat 54 menara di mana jumlah ini mewaliki jumlah wilayah di Khmer pada masa Great Khmer Empire.

Pahatan wajah yang paling terkenal adalah pahatan wajah yang sedang tersenyum. Masyarakat setempat menduga bahwa pahatan wajah di kuil ini adalah wajah dari seorang raja Kamboja pada masa lampau, yakni raja yang bernama Jayawarman VII. Kamu bisa dengan mudah bisa mengunjungi kuil ini karena masih berada satu kompleks dengan Angkor Wat.

5. Banteay Srei
Banteay Srei merupakan sebuah candi Khmer di Kamboja, bangunan candi ini dipesembahkan untuk dewa Siwa, yakni dewa utama dalam agama Hindu. Candi ini masih berada di Kompleks Angkor namun berjarak sekitar 25 km arah timur laut dan dibangun sekitar abad ke-10 tepatnya pada tahun 967 Masehi oleh Yajnyavahara yakni penasihat Raja Radendravarman.

Meskipun bangunan ini lebih kecil dari bangunan di Angkor, tetapi keunikan dan keistimewaan melekat pada Banteay Srei. Keunikan dan keistimewaan ini adalah ornamen dan relief pada candi yang detail sehingga nampak indah. Bahan batu pasir merah yang digunakan untuk membuat candi ini juga memberikan warna khas pada candi.

0 Response to "Destinasi Favorit Kamboja, Berikut 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel