Iklan Uptitle

12 Destinasi Wisata Favorit di Turki yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal Turki, negara yang terkenal dengan sejarah panjang Kesultanan Ottoman dan Kota Konstantinopelnya (Istanbul). Turki merupakan sebuah negara yang berada di dua wilayah benua yakni Benua Asia dan Eropa. Dengan keunikannya ini menjadikan Turki memiliki perpaduan peradaban kedua benua tersebut. Tidak heran jika Turki menjadi salah satu negara di dunia yang banyak menjadi tujuan wisatawan dari berbagai negara di dunia.

Turki memiliki beragam pariwisata yang dapat kamu kunjungi dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata belanja. Berikut kami rangkum buat rekomendasi kamu yang ingin berwisata di Turki.

1. Blue Mosque (Masjid Biru)
Meskipun dari luar masjid ini tidak berwarna biru, namun orang-orang menyebutnya sebagai masjid biru karena interior dari masjid ini dihiasi oleh keramik berwarna biru dengan jumlah sekitar 20000 keping. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1616, dengan perpaduan gaya klasik Ottoman dan Islam. Masjid ini memiliki 1 kubah besar, 8 kubah dengan ukuran lebih kecil, dan 6 buah menara.

Kamu dapat mengunjungi masjid ini jam berapapun karena masjid ini dibuka selama 24 jam setiap harinya. Bagi pengunjung wanita diwajibkan untuk menutupi bagian kepala dengan kerudung, bila tidak membawa kerudung, tenang saja karena sudah disediakan gratis di pintu masuk.

Karena masjid merupakan tempat ibadah maka bagi setiap pengunjung dimohon untuk tetap menjaga ketenangan suasana dan tidak menyalakan flash kamera saat ingin berfoto dan jangan memfoto ketika orang sedang menjalankan ibadah sholat.

2. Hagia Sophia
Hagia Sophia (Aya Sofya) merupakan sebuah bangunan museum bekas masjid dan gereja. Arsitektur bangunan ini dirancang oleh dua ilmuan Yunani bernama Isidore of Miletus dan Anthemius of Tralles pada tahun 532-537. Hagia Sophia memiliki tiga fase dalam hal fungsi bangunannya, pada awalnya Hagia Sophia adalah sebuah gereja Ortodoks yang kemudian berubah menjadi masjid dan saat ini Hagia Sophia menjadi sebuah museum.

Hagia Sophia dibuka untuk umum setiap harinya dari jam 9:00-19:00 waktu setempat pada musim panas dan pada musim dingin dibuka sampai jam 17:00 saja. Dari pembukaan pertamanya sebagai museum oleh presiden pertama Turki pada tahun 1936, Hagia Sophia tidak pernah sepi pengunjung. Di dalam museum ini kamu dapat melihat di mana unsur Islam dan Kristen bersatu.

3. Sultanahmet Square
Bagi yang pernah berkunjung ke Turki, Sultanahmet Square tentu sudah sangat familiar di telinga. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan yang paling favorit wisatawan karena dari tempat ini para wisatawan dengan mudah bisa berkunjung menuju destinasi wisata lainnya terutama bangunan-bangunan bersejarah.

Kamu bisa berjalan kaki untuk menuju satu lokasi wisata ke lokasi wisata yang lainnya karena jaraknya yang relatif dekat. Di Sultanahmet Square kamu akan menemukan Hagia Shopia dan Blue Mosque, tidak jauh dari sini juga ada Topkapi Palace, kemudian jika kamu berjalan ke timur sekitar 15 menit menuju Grand Bazaar yang bisa menjadi wisata belanja kamu.

Pada malam hari suasana Sultanahmet Square menjadi sangat menarik dan indah dihiasi beraneka warna-warni lampu dan pancaran air mancur dengan pencahayaan yang mengagumkan. Kamu bisa menghabiskan waktu malam di sini dengan duduk bersantai dan berbincang bersama keluarga, sahabat, atau pasangan.

4. Topkapi Palace
Topkapi Palace merupakan sebuah museum yang dahulu menjadi tempat tinggal dari Sultan Ottoman Turki. Bangunan ini didirikan sekitar tahun 1459 pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II, sekitar 600 tahun lamanya istana ini menjadi tempat tinggal sultan dan sekaligus menjadi pusat pemerintahan.

Istana ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dengan tujuan untuk memudahkan segala kebutuhan bagi penghuni istana. Fasilitas yang dapat ditemui di sini adalah masjid, sekolah, asrama, rumah sakit, perpustakaan, dan taman.

Di dalam museum ini kamu dapat melihat peninggalan benda-benda bersejarah dari dunia Islam, yakni diantaranya berupa pedang dan jubah Nabi Muhammad SAW. Istana ini dibuka setiap hari kecuali Selasa dibuka dari jam 9:00 hingga 16:00.

5. Basilica Cistern
Basilica Cistern merupakan sebuah tangki air yang ada di dalam tanah yang dibangun oleh Kaisar Justinianus pada abad ke-6. Fungsi tangki air ini adalah untuk memenuhi kebutuhan air bagi penghuni istana Konstantinopel dan Topkapi Palace. Sebelum menjadi tempat penyimpanan air, tempat ini berfungsi sebagai tempat pertemuan dan pusat kesenian. Di sinilah Kaisar Justinianus mengadakan rapat bersama pejabat lainnya dalam hal hukum dan perdagangan.

Kamu dapat mengunjungi Basilica Cistern setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 6.30 malam. Di dalam Basilica Cistern terdapat 336 buah pilar berbahan marmer yang menjadi penyangga struktur dengan lantainya yang selalu tergenang air, kamu dapat menemukan sejenis ikan bernama karper di dalam Basilica Cistern ini. Setelah puas melihat-lihat Basilica Cistern jangan lupa mampir ke kafe yang berada di sampingnya.

6. Selat Bosporus
Selat Bosporus merupakan sebuah selat yang memisahkan antara daratan Benua Asia dan Eropa di kota Istanbul,Turki. Selat ini memiliki panjang sekitar 30 km dengan lebar maksimum sekitar 3,7 km dengan kedalaman antara 36-124 meter, menghubungkan dua buah laut yakni Laut Hitam dengan Laut Marmara.

Pemandangan menakjubkan di selat ini begitu sangat memukau, kamu bisa melihat keindahan Asia dan Eropa sekaligus yang dipisahkan oleh selat Bosporus. Kamu juga bisa melihat bangunan yang menjadi destinasi wisata populer di Turki diantaranya adalah Topkapi Palace, Galata Tower, dan Jembatan Galata.

Terdapat tour Bosporus yang akan mengajak kamu menyusuri selat dan melihat keindahan Kota Istanbul dari sisi Eropa dan Asia. Kamu dapat memilih paket tour yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ada tiga tour yakni Short Circle Cruise dengan waktu sekitar 1,5 jam, Full Bosphorus Cruise dengan waktu yang lebih lama dengan perjalanan yang lebih jauh, dan Sunset Cruise bagi kamu yang ingin melihat indahnya matahari terbenam dari atas kapal di Selat Bosporus.

7. Jembatan Galata
Jembatan Galata atau Galata Bridge merupakan wisata Turki yang tidak boleh kamu lewatkan. Jembatan ini menghubugkan dua buah distrik, yaitu Distrik Sirkeci dan Eminonu. Di jembatan ini kamu dapat menikmati keindahan pemandangan laut biru dari Teluk Kolden Horn di Kota Istanbul. Kamu juga bisa melihat dua sisi yang berbeda berupa pemandangan bangunan bergaya Eropa dan Asia.

Keunikan jembatan ini dapat kamu lihat yakni terdapat dua tingkat di jembatan ini. Pada bagian atas, jembatan ini digunakan untuk lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki. Pada bagian bawah, jembatan ini dipenuhi dengan kafe dan restoran yang menyajikan berbagai makanan dan minuman di dalamnya. Kamu bisa duduk bersantai memandang laut sambil menikmati jajanan khas Turki di sini, yakni misir dan simit.

8. Galata Tower
Galata Tower merupakan sebuah menara batu yang dibangun pada abad pertengahan. Tinggi dari menara ini adalah 66 meter dan diameter 16 meter dengan puncaknya yang berbentuk kerucut. Tujuan awal dari dibangunnya menara ini adalah untuk menara pengawas pertahanan kota. Tower ini terletak di Distrik Galata, Istanbul dan sekarang ini menjadi landmark kota yang sangat populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi di dalam Galata Tower memiliki beragam hiburan yang tidak akan membuat kamu bosan di sini. Galata Tower memiliki 9 lantai yang pada bagian atas berupa sebuah kafe, rumah makan, dan klub malam. Kamu dapat naik lift untuk menuju ke puncak dari Galata Tower ini. Dari puncak menara ini kamu bisa melihat pemandangan menakjubkan Kota Istanbul dengan Selat Bosporusnya.

9. Grand Bazaar
Grand Bazaar merupakan sebuah pasar yang dibangun pertama pada tahun 1455 yang hingga saat ini memiliki lebih dari 3000 toko di dalamnya. Pasar di Kota Istanbul ini merupakan salah satu pasar tertutup yang terbesar dan tertua di dunia yang mampu menarik pengunjung 250.000 sampai 400.000 orang perhari.

Pasar ini menawarkan berbagai macam barang dari kebutuhan harian seperti bumbu masakan, makanan, dan jajanan hingga bermacam-macam barang unik seperti aksesoris, mangkuk keramik, teko, pakaian, dan lain sebagainya.

Grand Bazaar ini bisa dijadikan referansi buat kamu yang ingin berbelanja mencari pernak-pernik khas Turki, atau mencari oleh-oleh untuk kamu bawa pulang. Di sini kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari yang ditawarkan asalkan kamu pintar tawar menawar dan tidak sungkan untuk bertanya-tanya kepada penjual.

10. Pamukkale
Pamukkale merupakan destinasi wisata Turki yang menyuguhkan kolam air panas yang memiliki pemandangan menakjubkan. Melihat sekilas, kolam ini mirip dengan salju yang berwarna putih bersih. Tetapi jangan salah ternyata 'salju' tersebut merupakan endapan mineral kalsium yang mengeras.

Formasi kolam ini bentuknya berundak-undak atau terasering yang terbentuk secara alami. Di sini kamu bisa berendam di kolam-kolam berair panas yang indah yang menurut orang-orang bisa memberikan efek menyehatkan bagi tubuh seperti menyembuhkan asma, reumatik, penyakit mata dan kulit.

Terdapat juga reruntuhan kota Romawi kuno di atas lembah pamukkale, kota ini bernama Hierapolis. Kota ini runtuh akibat sebuah gempa bumi dahsyat sekitar abad pertama masehi, sekarang ini kamu dapat melihat sisa-sisa reruntuhan berupa amfitier besar, air mancur Nymphaeum, dan pemakaman dengan panjang sekitar 2 kilometer.

11. Goreme, Cappadocia
Tentu kamu tidak asing dengan sebuah pemandangan berupa bangunan-bangunan rumah yang dibobok dari batu-batu besar. Tempat tersebut bernama Kota Goreme di Cappadocia. Destinasi wisata Turki yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa menempuh perjalanan darat menggunakan bus dari Istanbul selama kurang lebih 12 jam perjalanan. Di sini kamu disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan layaknya berada di planet asing.

Jika kamu ingin melihat bagaimana keindahan alam di Cappadocia dari ketinggian kamu dapat mencoba menggunakan Hot Air Ballon yang akan membawa kamu terbang hingga melihat seluruh daerah Cappadocia. Tetapi siapkan budget sekitar 1,2-3,3 juta untuk bisa terbang selama kurang lebih 1-1,5 jam.

Jika kamu ingin mencari penginapan dan kuliner maka daerah Urgup adalah pilihan paling tepat karena di sini terdapat hotel di dalam gua yang tentu akan memberi sensasi tersendiri ketika menginap.

12. Gunung Nemrut
Salah satu tempat yang paling bersejarah di Turki adalah Gunung Nemrut yang berada di Provinsi Adiyaman sisi tenggara Turki. Tinggi gunung ini sekitar 2.134 meter di atas permukaan laut. Pada tahun 62 SM, Raja Antiochus I Theos dari Commagene membangun kompleks makam di puncak gunung ini.

Di kompleks makam ini kamu dapat melihat patung Raja Antiochus dengan tinggi sekitar 8-9 meter, patung dewa-dewi Armenia, Yunani dan Medes, 2 patung burung elang dan singa. Selain patung-patung tersebut, pemandangan luar biasa di sini dapat kamu lihat yakni pegunungan yang indah dan terbenamnya matahari yang menakjubkan dilihat dari gunung ini.

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman terbaik berwisata di gunung ini, berkunjunglah pada pertengahan bulan Mei hingga pertengahan bulan Oktober karena waktu tersebut adalah yang terbaik untuk melakukan perjalanan ke gunung ini.

0 Response to "12 Destinasi Wisata Favorit di Turki yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel