Iklan Uptitle

7 Tempat Wisata Australia yang Menjadi Favorit Para Wisatawan

Australia merupakan sebuah negara yang sekaligus menempati sebuah benua, yakni benua Australia. Benua Australia merupakan benua di belahan bumi selatan yang berada di tenggara negara kita Indonesia. Wilayah Australia terbagi menjadi enam state dan dua teritorial. Kota-kota utama yang berda di Australia diantaranya adalah Sydney, Melbourne, Perth, Darwin, Brisbane, dan Ibukota Australia yakni Canberra.

Australia memiliki banyak sekali keindahan alam yang menakjubkan diantaranya seperti karang penghalang raksasa atau yang biasa disebut Great Barrier Reef. Tidak hanya itu saja, berikut ini kami rangkum daftar wisata yang menjadi favorit wisatawan saat berlibur di Australia:

1. Sydney Opera House
Sebuah bangunan menakjubkan berbentuk seperti rumah siput ini merupakan bangunan yang sangat terkenal di Sydney, Australia. Lokasi dari bangunan ini juga sangat berbeda dari yang lainnya yakni dikelilingi oleh perairan di tepi kota Sydney. Sydney Opera House juga sudah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sebagai sebuah ikon arsitektur bangunan yang hebat.

Beberapa wisata menarik yang dapat kamu nikmati di sini adalah mengelilingi  bangunan yang meliputi teater, studio, tempat konser, ruang pameran dan sebuah bioskop. Terdapat juga restoran-restoran untuk para wisatawan yang ingin beristirahat dan menikmati makanan dan minuman setelah lelah mengelilingi bangunan ini.

Sydney Opera House juga sangat indah jika difoto dari jarak jauh karena akan menghasilkan gambar utuh keseluruhan bangunan menakjubkan ini. Titik yang paling disukai untuk berfoto dari jauh adalah Mrs Macquarie's Chair di Royal Botanic Gardens atau dari titik lain yang bisa menghasilkan gambar indah dari Sydney Opera House.

2. Jembatan Pelabuhan Sydney
Masih di sekitar Sydney Opera House, Jembatan Pelabuhan Sydney juga merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Australia. Jembatan ini sering disebut "The Coathanger", dengan kontruksi menakjubkannya berupa baja lengkung yang merupakan terbesar di dunia. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1932 atau sekitar 40 tahun lebih awal dari Sydney Opera House, tinggi jembatan ini adalah 134 meter dan membentang 500 meter menghubungkan antara Pesisir Utara Sydney dengan sebuah distrik pusat bisnis.

Berwisata di jembatan ini hal yang paling menantang tetapi banyak diminati adalah wisatawan akan dipandu untuk naik ke atas jembatan dan melihat pemandangan menakjubkan dari kota Sydney diantaranya pelabuhan dan Sydney Opera House. Kalau kamu tidak takut ketinggian, naik ke atas jembatan ini tidak boleh kamu lewatkan.

3. Melbourne
Kota yang tidak boleh sampai ketinggalan untuk dikunjungi adalah Melbourne. Melbourne merupakan ibukota dari state Victoria dan menjadi kota terbesar kedua di Australia dan Oceania dengan jumlah penduduk sekitar 4,4 juta jiwa di tahun 2014. Kota ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling disukai para traveler dunia saat berkunjung ke Australia.

Di Kota Melbourne kamu dapat menikmati suasana hijaunya kota, karena kota ini sepertiganya berupa taman kota dan area terbuka hijau. Kamu dapat mengunjungi Royal Botanic Gardens, Federation Square, National Gallery of Victoria dan Melbourne Cricket Ground.

Selain itu kamu juga bisa berbelanja sepuasnya di Melbourne Central Shopping Center dan Queen Victoria Market yang menjual berbagai macam kebutuhan dan oleh-oleh dari sayur dan buah-buahan, pakaian, kerajinan dan pernak-pernik lainnya.

4. Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta
Di tengah benua Australia, tepatnya di Northern Territory selatan, terdapat sebuah tempat wisata alam yang memiliki pemandangan sangat indah dan cocok untuk kamu yang menyukai fotografi keindahan alam. Di taman nasional ini kamu dapat melihat sebuah formasi batuan pasir raksasa yang menakjubkan bernama Ayers Rock atau dalam bahasa lokal menyebutnya batu Uluru, tinggi batu ini adalah 348 meter.

Ayers Rock ini terletak sekitar 350 km barat daya Kota Alice Springs, Northern Territory. Keindahan dari batu ini adalah ketika matahari terbenam batu ini akan berubah warna menjadi merah dan pada saat musim hujan batu ini akan berubah warna menjadi abu-abu keperakan. Bagi penduduk asli atau suku Aborigin menganggap batu ini sebagai tempat suci.

5. Taman Nasional Blue Montains
Blue Montains merupakan sebuah wilayah di New South Wales yang bergunung, berjarak sekitar 80 km di sebelah barat Kota Sydney. Karena cukup dekat dengan salah satu kota terbesar Australia dan memiliki pemandangan alam yang menakjubkan Blue Montains menjadi tempat wisata yang favorit di Australia yang banyal dikunjungi wisatawan.

Taman nasional ini melindungi lebih dari 2687 km persegi kehidupan alam liar meliputi ngarai, air terjun, lukisan batu suku aborigin, dan 140 km jalur hiking. Pemandangan yang paling terkenal dan banyak turis berfoto adalah formasi batu pasir menjulang tinggi yang disebut dengan Three Sisters.

Bagi kamu pecinta alam dan menyukai hal-hal yang memacu adrenalin, berkunjung ke Blue Montains adalah pilihan yang tepat di sini kamu bisa berpetualang, abseiling, rock climbing, menunggang kuda, dan bersepeda gunung.

6. Great Ocean Road
Great Ocean Road merupakan sebuah jalan di pesisir selatan Australia antara Torquay dan Warnambool sepanjang 243 kilometer yang dibangun pada tahun 1919-1932 oleh para tentara sepulang dari Perang Dunia I. Sekarang ini Great Ocean Road menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan saat berkunjung ke Australia.

Pemandangan alam menakjubkan yang dapat kamu temui di sepanjang perjalanan menyusuri jalan ini di antaranya yang paling populer adalah di Taman Nasional Port Campbell berupa formasi batuan yang terbentuk karena gelombang laut bernama Twelve Apostles, London Bridge, The Arch, dan Loch Ard Gorge.

Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke Bells Beach pantai yang disukai para surfer dunia dan Apollo Bay tempat yang cocok untuk berhenti dan menikmati keindahan alamnya berupa perbukitan hijau, pantai, air terjun, taman nasional.

7. Great Barrier Reef
Image: Kepulauan Whitsunday dengan Pantai yang Sangat Indah
Great Barrier Reef merupakan kumpulan terumbu karang terbesar di dunia yang membentang sepanjang 2600 km, terdiri dari kurang lebih 3000 karang laut dan 900 pulau terletak di Laut Koral sebelah timur laut Benua Australia tepatnya di state Queensland. Sebagian besar dari wilayah karang ini masuk ke dalam Taman Laut Great Barrier Reef.

Keanekaragaman hewan laut dan karangnya, air yang hangat dan sangat jernih serta mudah dijangkau, membuat Great Barrier Reef menjadi salah satu tujuan wisata favorit dan populer di Australia. Termasuk Kepulauan Whitsunday yang memiliki pantai-pantai sangat indah.

Wisata yang dapat kamu nikmati di antaranya adalah menyelam dan snorkeling. Kamu dapat melihat berbagai macam hewan laut seperti terumbu karang yang indah dan beraneka ragam, ribuan spesies ikan tropis, lumba-lumba, kura-kura dan lain sebagainya. Kamu juga bisa melihat kehidupan bawah laut tanpa perlu menyelam atau snorkeling dengan naik perahu yang memiliki kaca di bagian bawahnya dari Cairns atau Port Douglas.

0 Response to "7 Tempat Wisata Australia yang Menjadi Favorit Para Wisatawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel