Iklan Uptitle

Tips Menghemat Budget Saat Berwisata ke Turki

Pemandangan Indah Kota Istanbul Turki
Berwisata ke Turki tentu menjadi salah satu dambaan setiap orang, terutama mereka yang menyukai tentang sejarah Kota Konstantinopel atau yang sekarang bernama Istanbul. Dari segi budget, berwisata ke Turki tentu tidak semurah berwisata di negara kawasan Asia Tenggara.

Meskipun demikian pasti ada tips untuk mengatasi biaya yang cukup mahal tersebut. Berikut kami rangkum beberapa hal yang dapat membantu mengurangi budget ketika berwisata di Turki.

1. Tiket Penerbangan Murah
Sepertinya yang satu ini agak susah untuk mendapatkannya karena jarang yang menawarkan tiket pesawat promo atau yang murah untuk terbang ke Turki. Untuk itu kamu harus benar-benar sering melihat situs yang menyediakan pembelian tiket pesawat murah untuk melihat harga tiket pesawat yang murah ke Turki.

Sebenarnya kamu bisa mendapatkan tiket murah ke Turki saat berlangsungnya Low Season atau bukan musim liburan yang berlangsung pada musim dingin pada bulan Desember hingga Maret. Hanya saja kamu tidak akan menemukan tempat wisata yang dikhususkan pada musim dingin. Pada saat Low Season, selain tiket pesawat yang turun hotel dan penginapan juga ikut turun harga.

Tetapi jika kamu tidak mau ketinggalan dengan hal-hal seru dan menakjubkan lainnya di Turki, maka datanglah pada musim semi atau gugur dijamin pengalaman berlibur terbaik di Turki akan kamu dapatkan meskipun tidak mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah.

2. Menggunakan Mata Uang Lokal Turki (Lira)
Meskipun di Turki banyak yang mau menerima transaksi menggunakan dolar Amerika atau Euro, tetapi kamu sebaiknya menggunakan mata uang lira sebagai alat bertransaksi saat berada di Turki karena biasanya kurs yang digunakan lebih tinggi sehingga akan membuat kamu lebih banyak mengeluarkan uang.

Jika kamu sudah tiba di Turki maka tempat terbaik untuk menukarkan uang adalah di Money Charger dekat Grand Bazaar di Kota Istanbul. Sebenarnya di bandara kamu juga bisa menukarkan uang hanya saja ini tidak disarankan, tetapi jika kamu memang membutuhkan maka tukarkan sedikit saja dan tukarkan yang lain di tempat yang disarankan salah satunya Grand Bazaar.

3. Lokasi Wisata
Seperti halnya tempat wisata lainnya di dunia, lokasi wisata di Turki juga mematok biaya masuk di hampir setiap lokasi wisata terutama tempat wisata bersejarah. Untuk kamu yang ingin menghemat, usahakan kamu mengikuti paket tour sehari penuh karena akan jauh lebih hemat. Dengan tour ini kamu bisa puas berkeliling tempat-tempat bersejarah. Harga dari paket tour ini sekitar 100 hingga 150 lira.

Kamu juga bisa mengunjungi lokasi-lokasi seperti Blue Mosque, Istiklal Street, Grand Bazaar dan Florence Nightingale Museum. Di lokasi-lokasi wisata ini kamu bisa datangi tanpa biaya masuk sedikitpun. Selain gratis lokasi-lokasi wisata tersebut juga merupakan yang terpopuler dan terfavorit para wisatawan di Kota Istanbul.
Image: Blue Mosque di Istanbul, Turki
Image: Sultanahmet Square di Istanbul, Turki
4. Makanan dan Minuman
Tentu kita semua mengetahui bahwa makanan dan minuman yang dijajakan di sebuah tempat akan memiliki harga yang lebih mahal dari yang berada di luar tempat wisata. Di Turki juga demikian, kamu bisa mensiasati hal ini dengan cara makan di tempat seperti buffet (warung makan) yang tentu memiliki harga lebih miring ketimbang restoran lebih-lebih restoran di dalam kawasan wisata.

Penting bagi kamu ingin berhemat, carilah tempat makan yang banyak didatangi penduduk setempat bukan yang banyak dikunjungi wisatawan karena akan jelas jauh lebih mahal. Kamu juga bisa memakan roti sebagai alternatif nasi yang juga bisa menghemat budget. Jika kamu ingin membeli air minum maka belilah di minimarket bukan di kawasan wisata.

5. Menggunakan Istanbul Museum Pass
Jika kamu berlibur ke Turki khusus untuk mengeksplor Kota Istanbul yang penuh dengan tempat wisata sejarahnya, maka kartu Istanbul Museum Pass wajib kamu miliki. Kartu ini harganya sekitar 85 lira berlaku selama 3 hari, harga ini lebih murah daripada harus membeli satu persatu tiap kali mengunjungi tempat wisata. Dengan menggunakan kartu ini kamu sudah menghemat sekitar 23 lira dan menghemat waktu.

Kelebihan dan kemudahan lain dengan menggunakan kartu ini adalah kamu tidak perlu mengantri lama untuk mendapatkan tiket masuk karena dengan kartu ini kamu langsung bisa masuk tanpa mengantri. Kartu ini diterbitkan oleh Departemen Pariwisata setempat dan diperjualbelikan di mobil bertulis Muzekart (Istanbul Museum Pass) dekat pintu masuk Hagia Sophia.

Demikianlah beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar bisa menghemat biaya berlibur di Turki terlebih jika kamu adalah seorang backpacker sejati tentu menghemat adalah sesuatu yang wajib dilakukan.

0 Response to "Tips Menghemat Budget Saat Berwisata ke Turki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel