Iklan Uptitle

Wisata Piramida Giza, Menyusuri Jejak Sejarah Peradaban Mesir Kuno

Berwisata ke Mesir tentu belum lengkap jika belum berkunjung ke kompleks Piramida Agung Giza, berwisata sambil belajar mengenai sejarah peradaban Mesir Kuno tentu merupakan suatu hal yang menyenangkan dan menambah pengetahuan. Terutama bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, arsitektur bangunan kuno dan peradaban kuno.

Kompleks piramida ini berada tidak jauh dari Kota Kairo, berjarak sekitar 25 km ke arah barat laut. Terdapat tiga buah piramida utama yang berukuran besar, masing-masing bernama Khufu, Khafre, dan Menkaure. Tiga piramida kecil, yakni: Cheops, Chepren, dan Mycerinus. Terdapat juga patung yang sangat terkenal bernama Sphinx.
Patung Sphinx di Kompleks Piramida Giza
Kompleks bangunan bersejarah ini diperkirakan dibangun pada tahun 2580 hingga 2560 SM pada masa Firaun Khufu, raja yang berkuasa kala itu. Pembangunan piramida ini melibatkan sekitar 100000 pekerja. UNESCO pun telah memasukkan kompleks piramida ini sebagai Situs Warisan Dunia dan ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Piramida Giza merupakan yang tertua di daftar tujuh keajaiban dunia. Pada zamannya, piramida ini merupakan struktur bangunan tertinggi yang pernah dibangun oleh manusia.

Saat tiba di Kairo, untuk transportasi menuju kompleks piramida, kamu bisa menggunakan Metro Kairo, taksi, dan bus. Cara berkunjung dengan transportasi umum lokal, naiklah Metro Kairo dengan tujuan ke Giza kemudian naik minibus. Kamu dapat menemukan minibus di pintu keluar stasiun metro Giza kemudian dilanjutkan dengan menggunakan taksi ke piramida. Selain cara demikian, naik taksi pribadi dari Kairo juga dapat kamu lakukan tentunya dengan biaya yang berbeda.

Terdapat banyak aktivitas wisata sekaligus mengetahui sejarah dari piramida ini jika kamu berkunjung ke sini dari berkeliling situs bersejarah, masuk ke dalam piramida, hingga melihat sebuah pertunjukan Suara dan Cahaya (Sound and Light Show) di malam hari. Kamu akan melihat piramida di kompleks ini dihiasi cahaya berwarna warni di bawah langit malam.

Jangan lupa gunakan pemandu wisata saat berkeliling situs yang akan menjelaskan sejarah dari bangunan-bangunan kuno ini. Jika kamu ingin didampingi oleh tour guide yang murah, kamu bisa menggunakan jasa mahasiswa Indonesia yang kuliah di Al Azhar University yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai tour guide khusus untuk wisatawan yang berasal dari Indonesia. Untuk bisa menggunakan jasa ini, datanglah ke KBRI di Kota Kairo.

Menggunakan mahasiswa Indonesia untuk tour guide dapat menghindari dari harga yang terlalu mahal dan karena berasal dari negara yang sama tentu akan lebih leluarsa berbincang dan bertanya-tanya. Untuk menyewa unta kamu juga perlu waspada jangan sampai tertipu, kisaran harga penyewaan adalah 20-100 pound Mesir tergantung saat tawar menawar, kesepakatan durasi naik unta juga harus jelas, dan yang paling penting adalah jangan mau jika yang menyewakan unta meminta uang tambahan saat kamu naik untanya, jika dia tetap bersi keras meminta tambahan maka tawarlah seminimal mungkin biaya tambahan.

0 Response to "Wisata Piramida Giza, Menyusuri Jejak Sejarah Peradaban Mesir Kuno"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel