Iklan Uptitle

10 Tempat Wisata Istanbul yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur di Turki

Kota Istanbul merupakan kota yang sangat menakjubkan di dunia. Kota ini selain berada di tempat yang strategis juga memiliki letak geografis yang unik yakni berada di dua daratan berbeda benua, yakni Asia dan Eropa. Kedua daratan ini dipisahkan oleh Selat Bosporus. Keunikan yang ada di Istanbul ini menjadikan kota di Turki ini menjadi salah satu kota di dunia yang banyak dikunjungi wisatawan.

Kira-kira ke mana sajakah para wisatawan itu saat berkunjung ke Istanbul. Berikut kami paparkan informasi mengenai tempat wisata Istanbul yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Negara Turki.

1. Hagia Sophia (Aya Sofia)
Bangunan indah bersejarah di Istanbul ini merupakan bangunan yang telah mengalami tiga kali perubahan fungsi. Pada awalnya bangunan ini merupakan sebuah gereja kemudian menjadi masjid dan sekarang ini telah menjadi museum. Hagia Sophia merupakan karya arsitektur yang menakjubkan di dunia. Salah satu daya tarik utama yang bisa kamu lihat di dalam bangunan ini adalah kubah yang berukuran raksasa dengan lebar 43 meter dengan seni mozaik yang indah menggambarkan Kristus, Kaisar Constantine IX dan istrinya Empress Zoe.

Kamu bisa berkunjung ke Hagia Sophia saat jam 9:00-19:00 setiap harinya pada musim panas dan jika berkunjung di musim dingin maka Hagia Sophia akan dibuka sampai jam 17:00 saja. Hagia Sophia dibuka oleh presiden pertama Turki pada tahun 1936 sebagai museum, dari pertama dibuka Hagia Sophia selalu ramai menarik wisatawan untuk berkunjung. Hal unik lainnya di museum ini kamu bisa menyaksikan dua unsur agama yakni Islam dan Kristen bersatu.

2. Blue Mosque
Masjid ini merupakan salah satu masjid di Istanbul yang memiliki keindahan eksterior dan interior yang mengagumkan. Meski bernama Blue Mosque atau Masjid Biru masjid ini dari luar tidak berwarna biru. Namun jika masuk ke dalam masjid kamu baru akan melihat warna biru ada di masjid ini. Interior masjid ini dihiasi keramik berwarna biru sebanyak 20.000 keping. Blue Mosque didirikan sekitar tahun 1616 bergaya klasik Ottoman dan Islam dengan satu buah kubah utama yang berukuran besar, delapan kubah ukuran kecil dan enam menara masjid.

Masjid ini selalu dibuka setiap harinya selama 24 jam. Namun perlu diperhatikan saat berada di dalam masjid harus menggunakan pakaian tertutup dan bagi wanita harus menggunakan penutup kepala atau kerudung. Bagi kamu yang tidak membawa penutup kepala maka jangan khawatir karena di pintu masuk akan disediakan penutup kepala secara gratis.

3. Sultanahmet Square
Sultanahmet Square merupakan kawasan di Istanbul yang ramai wisatawan dari berbagai negara di dunia. Sultanahmet Square menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk bersantai dan menikmati suasana kota Istanbul. Selain nyaman untuk bersantai Sultanahmet Square juga dekat dengan beberapa lokasi wisata yang sangat populer di Turki seperti Hagia Sophia, Blue Mosque, dan Topkapi Palace.

Di Sultanahmet Square terdapat air mancur yang indah dan saat malam hari air mancur ini tampak jauh lebih indah lagi dengan pencahayaan yang menakjubkan. Di sini kamu juga bisa menikmati makanan dan minuman yang beraneka ragam. Banyak restoran, makanan cepat saji, kafe tradisional maupun modern, dan warung-warung kebab di sekitar Sultanahmet Square. Agar bisa menghemat pengeluaran untuk makan kamu bisa memilih restoran atau tempat makan lain yang menampilkan daftar harga sehingga kamu bisa memilih harga makanan yang sesuai budget yang ada.

4. Topkapi Palace
Topkapi Palace dahulu merupakan tempat tinggal dari Sultan Usmaniyah sebelum sekarang menjadi sebuah museum. Topkapi Palace didirikan pada tahun 1459 oleh Sultan Mehmet II yang berhasil menaklukan kota Konstantinopel. Istana ini dijadikan tempat tinggal selama kurang lebih 600 tahun sebelum akhirnya pindah ke Dolmabache Palace. Istana ini terletak di tepi pantai Selat Bosporus dan dikelilingi tembok besar.

Di dalam istana ini juga terdapat fasilitas lengkap yang memberikan kemudahan bagi setiap penghuninya. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya adalah masjid, sekolah, asrama, rumah sakit, perpustakaan, dan taman. Selain itu terdapat juga peninggalan berharga umat Islam yakni berupa pedang dan jubah Nabi Muhammad SAW. Kamu dapat berkunjung ke istana ini setiap hari kecuali Selasa pada pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

5. Selat Bosporus
Selat Bosporus merupakan selat yang memisahkan antara Turki bagian Eropa dan Turki bagian Asia. Selat ini menghubungkan dua buah laut yakni Laut Marmara dan Laut Hitam dengan panjang selat sekitar 30 km dan lebar 3,7 km. Pemandangan di selat ini begitu sangat menakjubkan sehingga banyak wisatawan dari berbagai negara menjadikan selat ini sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Istanbul.

Dari Selat Bosporus kamu bisa melihat berbagai keindahan sekitar seperti pemandangan kota Istanbul pada bagian Asia dan Eropa, bangunan-bangunan bersejarah seperti Topkapi Palace, Galata Tower, dan Jembatan Galata. Selain itu kamu juga bisa mengikuti tur Bosporus yang akan membawa kamu berlayar menyusuri Selat Bosporus. Dari tur ini kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dan romantis.

6. Galata Tower
Galata Tower adalah spot terbaik untuk melihat indahnya pemandangan Kota Istanbul dengan tampilan 360 derajat. Menara ini dahulu merupakan menara pengawas untuk mengawasi sekitar kota. Menara ini memiliki 9 lantai, tinggi 66 meter dan diameter 16 meter serta puncak yang memiliki bentuk kerucut. Galata Tower juga merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di Istanbul. Kepopuleran Galata Tower ini juga membuat menara ini banyak dikunjungi wisatawan yang berlibur di Turki.

Selain pemandangan 360 derajat kota Istanbul, di sini juga terdapat klub malam, kafe, dan restoran. Kamu tidak perlu khawatir kelelahan saat ingin ke lantai paling atas dari menara ini karena menara ini terdapat lift yang akan mempermudah dan mempercepat saat naik maupun turun dari menara. Tawaran wisata berupa pemandangan indah Kota Istanbul serta hiburan dan kuliner di dalamnya pasti tidak akan membuat kamu cepat bosan berada di Galata Tower ini.

7. Basilica Cistern
Selain indah di atas permukaan tanah Istanbul ternyata juga indah di bawah tanah, ini dilihat dari adanya Basilica Cistern yang memiliki konstruksi yang menakjubkan dan indah. Basilica Cistern dahulu merupakan tempat Kaisar Justinianus untuk mengadakan pertemuan dan pusat kesenian sebelum akhirnya menjadi tempat penyimpanan air. Kaisar Justinianus dan para pejabat lainnya sering rapat di tempat ini dan membahas masalah-masalah dalam hal hukum dan perdagangan.

Di dalam Basilica Cistern berdiri tegak 336 buah pilar marmer yang kokoh dengan lantai yang selalu tergenang air. Terdapat juga sejenis ikan karper di dalam genangan air di Basilica Cistern ini. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap hari, operasional Basilica Cistern untuk pengunjung dimulai dari jam 9 pagi sampai jam setengah 7 malam.

8. Masjid Raya Sulaimaniah
Masjid Raya Sulaimanah merupakan masjid terbesar di Kota Istanbul terletak di Bukit Ketiga Istanbul. Masjid ini merupakan masjid peninggalan Kerajaan Ottoman yang dibangun pada tahun 1550 hingga 1558. Masjid ini dirancang oleh Mimar Sinan yang dianggap jenius dalam bidang arsitektur dan diperintah oleh Sultan Suleyman yang berkuasa pada saat itu. Saat ini Masjid Raya Sulaimaniah menjadi salah satu tempat wisata Istanbul yang populer.

Interior masjid ini berukuran 59x58 meter sehingga tidak heran jika bagian dalam masjid sangat luas. Dekorasi di dalam masjid ini juga sangat indah menggunakan ubin Iznik yang tertata rapi. Jika kamu ingin berkunjung ke masjid ini maka kamu tidak akan dikenakan biaya sepeserpun dan bebas berkeliling dan mengambil foto selama tidak mengganggu orang-orang yang sedang beribadah di masjid. Di sekeliling masjid ini terdapat empat sekolah Qur'an, sekolah hadits, rumah sakit, sekolah dasar, dan dapur umum untuk melayani orang miskin dalam hal kebutuhan makan.

9. Dolmabaçhe Palace
Dolmabaçhe Palace merupakan istana yang dibangun oleh Sultan Abdul Mecit I yakni Sultan Ottoman ke-30 yang berkuasa antara 1843-1856. Pembangunan istana ini memakan waktu kurang lebih 13 tahun dengan biaya senilai emas seberat 35 ton. Dolmabaçhe Palace menjadi kediaman Sultan dari tahun 1856-1922. Di istana inilah di mana enam sultan terakhir Ottoman pernah tinggal.

Istana ini terletak di Distrik Beksitas dan tepat berada di selat Bosporus sehingga pemandangan Selat Bosporus dapat dilihat dengan jelas dan membentang luas. Begitu juga saat menyusuri Selat Bosporus juga akan terlihat jelas bangunan istana yang megah ini. Di dalam istana ini terdapat 285 kamar dan 44 aula serta ruang-ruang penunjang lain yang juga banyak jumlahnya. Yang lebih menakjubkan lagi di antaranya adalah 14 ton emas menghiasi langit-langit istana dan 131 karpet sutra buatan tangan.

10. Grand Bazaar
Grand Bazaar adalah salah satu bazaar yang paling besar di dunia meski telah berusia lebih dari 500 tahun. Tempat ini dibangun pertama kali pada tahun 1455. Hingga saat ini Grand Bazaar memiliki lebih dari 5000 toko, 60 rumah makan atau restoran, 12 masjid, dan 60 lebih jalan atau gang utama. Selain menjadi salah satu yang terbesar dan tertua, Grand Bazaar juga memiliki pengunjung yang sangat banyak yakni berkisar antara 250.000 hingga 400.000 orang setiap harinya.

Grand Bazaar bisa dijadikan referansi untuk berbelanja perbak-pernik atau oleh-oleh untuk kamu bawa pulang. Untuk mendapat harga yang miring maka pandai-pandailah menawar karena barang yang dijual sebagian besar bisa ditawar. Jika kamu baru pertama masuk ke Grand Bazaar, ingatlah tempat pertama kali masuk karena sering kali bisa tersesat.

Bagaimana? Sangat menarik sekali bukan berlibur ke Istanbul, di mana kamu bisa menikmati suasana Asia dan Eropa di dalam satu kota. Jika kamu memang ingin pergi kesana jangan lupa persiapkan segala keperluan untuk berlibur ke sana agar liburanmu menjadi asyik dan berkesan. Selamat berlibur...

1 Response to "10 Tempat Wisata Istanbul yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur di Turki"

  1. If you are not used to live without your parents right by your side, it may be a bit hard to adjust in the dormitory. İstanbul yurtlar

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel