Iklan Uptitle

8 Tempat Wisata Melbourne yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan yang Menyenangkan

Melbourne merupakan sebuah kota di Australia yang didirikan pada tahun 1835 di teluk Port Philip. Kota ini memiliki kepadatan penduduk yang terbilang tinggi di Australia, ini ditunjukkan dari fakta bahwa Melbourne menjadi kota terpadat di negara bagian Victoria dan menjadi kota kedua terpadat di Australia dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa pada 2018.

Kota ini menjadi pusat aktivitas penting di Australia salah satunya mengenai dunia traveling yakni meliputi budaya, pariwisata, olahraga, kesenian, dan lain sebagainya. Melbourne juga dikenal banyak memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini delapan tempat wisata Melbourne yang wajib dikunjungi untuk liburan yang mengasyikan.

1. Luna Park
Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Melbourne adalah Luna Park. Wisata Luna Park ini dibuka pada tahun 1912 atau sudah 107 tahun yang lalu, sangat tua sekali bukan? Meskipun sudah tua taman ini memiliki banyak wahana permainan yang menarik untuk dicoba. Salah satu wahana menantang yang paling disukai adalah Scenic Railway Roller Coaster, dengan wahana ini kamu bisa merasakan wisata yang seru dan mengasyikan ditambah dari wahana ini kamu juga bisa menyaksikan pemandangan Port Philip Bay yang indah.

Luna Park memiliki jam operasional yang berubah-ubah pada setiap bulannya dan menyesuaikan dengan musim. Untuk harga tiket di Luna Park ini juga memiliki banyak variasi menurut umur pengunjung. Untuk tiket dewasa dikenakan biaya masuk sebesar USD 49,50 dan anak usia 4-12 tahun sebesar USD 39,50 sedangkan balita USD 16,50. Tiket ini bisa digunakan di semua wahana Luna Park (unlimited).

2. Fitzroy Gardens
Fitzroy Gardens merupakan sebuah taman kota yang dibangun pada tahun pada abad ke-19. Taman ini terletak di timur Kota Melbourne dan merupakan yang taman indah di Melbourne terutama pada saat musim gugur taman ini akan terlihat begitu memukau. Salah satu ikon menarik dari taman ini adalah Captain Cooks Cottage yakni sebuah bangunan bersejarah unik yang dibangun pada tahun 1755. Hal yang mencengangkan dari Captain Cooks Cottage adalah bangunan ini dibangun di Yorkshire, Inggris namun di tahun 1934 oleh Sir Russel Grimwade dipindah ke Melbourne, wah bagaimana cara memindahkannya ya?

Selain Captain Cooks Cottage, terdapat juga bangunan bernama Conservatory di mana isinya adalah bunga-bunga berwarna-warni yang indah dan tertata rapi. Keunikan dari Conservatory ini yakni setiap tahunnya memiliki lima dekorasi yang berbeda. Pergantian dekorasi ini berdasarkan pameran bunga yang sedang berlangsung dan tidak terkait musim baik musim semi, gugur, panas, atau dingin.

3. Melbourne Zoo
Kebun Binatang Melbourne merupakan kebun binatang di Melbourne yang memiliki 350 spesies satwa dari Australia dan berbagai belahan dunia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1862 dan luas sekitar 22 hektar. Di kebun binatang ini kamu bisa melihat binatang seperti harimau berkeliaran dan monyet bergelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya. Kebun binatang ini didominasi satwa Australia seperti kanguru, koala, dan berbagai jenis burung asli Australia.

Salah satu daya tarik yang banyak menarik pengunjung di kebun binatang ini adalah Trail of the Elephants di mana kamu bisa melihat kehidupan gajah-gajah Asia di habitat aslinya. Di sini kamu juga sekaligus belajar mengenai keberlangsungan hidup gajah-gajah yang sudah langka dan hampir punah. Berwisata di Melbourne Zoo memang memberikan pengalaman yang menyenangkan dan wawasan baru mengenai kehidupan satwa-satwa terutama satwa langka, bagi pecinta binatang Melbourne Zoo merupakan tempat wisata Melbourne yang wajib dikunjungi.

4. Melbourne Cricket Ground (MCG)
Tempat satu ini di Melbourne merupakan stadion olahraga yang dibangun pada tahun 1853 dan selesai pada tahun 1856. Stadion ini berada di Melbourne Sports Precinct, Yarra Park, tempat ini juga meliputi AAMI Park, Arena Hisense dan Lod Laver. Stadion di Melbourne ini memiliki kapasitas penonton mencapai 100.000, sehingga tidak heran jika stadion ini merupakan yang terbesar di Australia dan terbesar kesepuluh di dunia.

Stadion ini sering digunakan untuk permainan kriket dan laga Australian Football. MCG juga merupakan rumah bagi Melbourne Cricket Club yakni klub olahraga pertama di Australia. Selain menjadi tempat olahraga MCG juga menjadi tempat konser musik internasional di antaranya yang sangat legendaris adalah The Rolling Stones dan mendiang Michael Jackson. Jika berkunjung ke MGC jangan lupa juga berkunjung ke National Sports Museum yang menampilkan berbagai macam artefak sejarah olahraga khususnya olahraga dari Australia.

5. Melbourne Museum
Image: museumsvictoria.com.au
Melbourne Museum merupakan salah satu museum di Kota Melbourne yang terletak di Carlton Gardens dan berdekatan dengan Royal Exhibition Building. Museum ini didirikan pada tahun 1854. Museum ini merupakan museum yang menampilkan galeri mengenai alam, sejarah, dan budaya. Terdapat juga Forest Gallery dan Aborigin Gallery serta area anak-anak di Melbourne Museum ini. Penghargaan pun pernah didapat oleh museum ini di tahun 2011 dengan predikat sebagai Best Tourist Attraction dari Australian Tourism Awards.

Museum ini selalu dibuka untuk pengunjung dengan jam operasional dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Museum ini akan ditutup pada perayaan Jumat Agung dan Hari Natal. Untuk tiket masuk Melbourne Museum dikenakan biaya sebesar USD 14 untuk dewasa dan gratis untuk usia di bawah 16 tahun. Museum ini juga terdapat fasilitas berupa sebuah kafe dan toko suvenir yang bisa kamu kunjungi untuk beristirahat dan membeli sesuatu sebagai kenag-kenangan dari Melbourne Museum.

6. Shrine of Remembrance
Shrine of Remembrace atau orang sekitar menyebut The Shrine merupakan sebuah monumen perang yang berada di Kings Domain di St Kilda Road. Tempat ini merupakan bangunan untuk menghormati 19.000 warga Victoria yang meninggal dunia saat Perang Dunia I. Bangunan ini dirancang khusus dengan mengutamakan kesan suasana tenang dan dirancang dengan indah. Mengunjungi monumen ini pengunjung seolah-olah dibawa kembali pada masa sejarah Australia kala itu.

Selain menumen Perang Dunia I, terdapat juga The Forecourt yang merupakan monumen untuk Perang Dunia II sekaligus rumah bagi Eternal Flame. Ada juga Remembrance Garden, yakni tempat para prajurit Perang Dunia II yang gugur dihormati. Letak Shrine of Remembrace terletak di Royal Botanic Gardens of Melbourne di tepi Yarra River. 

7. Yarra River
Yarra River merupakan sungai yang bermuara di Port Philip Bay dan menjadi sungai penting di Melbourne yang menunjang kehidupan masyarakatnya. Sungai ini mengalir melalui tepi kota dan daerah pedesaan di Melbourne hingga ke pusat kota dan Docklands. Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di Yarra River adalah berlayar dengan kapal pesiar dan menikmati Kota Melbourne.

Jika tidak ingin merogoh kocek lebih dalam, kamu bisa menikmati suasana dan keindahan Yarra River dengan bersantai di Southbank yakni tepi Sungai Yarra yang memang menjadi tempat nongkrong populer yang asyik di Melbourne. Banyak anak muda hingga dewasa menghabiskan waktu di sini untuk sekedar bersantai, berbincang-bincang dan aktivitas  lainnya. Selain itu kamu juga bisa membeli makanan dan minuman di Southbank ini sebagai pelengkap bersantai.

8. Queen Victoria Market
Setelah selesai mengunjungi banyak tempat wisata dan tempat menarik di Melbourne tentu tidak lengkap jika tidak berbelanja. Untuk masalah belanja sekaligus berwisata maka jangan lupa untuk berkunjung ke Queen Victoria Market. Pasar ini merupakan pasar terbaik untuk berbelanja sayuran dan buah-buahan segar. Selain belanja kebutuhan penting tersebut, pasar ini juga menawarkan belanjaan seperti daging, bumbu-bumbu dapur, keju, hasil laut, dan lain sebagainya termasuk juga pernak-pernik.

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik di Queen Victoria Market, maka coba datanglah di musim panas pada Rabu malam karena di waktu ini kamu bisa melihat Pasar Malam yang penuh hiburan dan kuliner lezat, sedangkan di hari Minggu akan banyak kafe luar ruangan dan wahana anak. Di hari-hari biasa pasar ini selalu dibuka, kecuali hari Senin, Rabu dan hari besar.

Demikian delapan tempat wisata Melbourne yang wajib dikunjungi saat berlibur di sana. Melboune memang kota yang sangat cocok untuk berwisata karena banyak jeis wisata yang bisa kita kunjungi dari wisata sejarah, budaya, kuliner, taman, dan hiburan. Tentunya wisata-wisata tersebut selain memberikan kesenangan berlibur juga memberikan edukasi yang menambah wawasan para wisatawan. Sudah siap untuk liburan di Melboune?

0 Response to "8 Tempat Wisata Melbourne yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan yang Menyenangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel