Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aplikasi Kamera iPhone Manual Terbaik | Memotret Layaknya Fotografer Pro

Tentu sudah banyak yang mengetahui jika hasil foto kamera iPhone memiliki kualitas yang sangat baik. Namun ternyata kamu masih bisa lho meningkatkan lagi hasil jepretan kamera iPhone milikmu seolah difoto dari kamera canggih oleh fotografer profesional.

Kamu bisa menggunakan daftar aplikasi di artikel ini untuk meningkatkan kualitas kamera iPhone yang kamu miliki. Daftar aplikasi berikut memberikan kontrol manual seperti mengatur fokus, eksposur, white  balance, ISO, dan lain sebagainya.

Pengaturan manual tersebut akan memberikan kontrol lebih sehingga bisa menghasilkan foto yang jauh lebih bagus. Selain itu, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengasah kemampuan menggunakan aplikasi kamera iPhone tersebut karena mudah untuk digunakan.

Daftar Aplikasi Kamera iPhone Manual Terbaik untuk Memotret Layaknya Fotografer Profesional.


1. ProCamera.

Aplikasi Kamera iPhone Terbaik
Aplikasi kamera iPhone terbaik yang pertama adalah ProCamera. ProCamera merupakan aplikasi pengambil gambar yang memiliki segudang fitur di dalamnya. Dari mengontrol flash kamera, mengambil foto lewat self-timer, mengatur eksposur, HDR, dan pengambilan gambar pada cahaya redup semuanya ada di aplikasi ini.

ProCamera juga memiliki fitur tambahan yang tidak kalah hebatnya yaitu anti-goyang, mengunci fokus dan eksposur. Selain itu, format gambar pun bisa diubah dari JPG menjadi TIF, HEIF, dan RAW.

Terdapat banyak sekali filter yang akan membuat foto hasil jepratanmu menjadi sangat bagus. Tidak hanya itu, fitur vividHDR di aplikasi ProCamera juga berfungsi dengan sangat baik. Aplikasi kamera hebat ini harganya sekitar USD $7,99.

Download: ProCamera

2. ProCam 7

Aplikasi Kamera iPhone Terbaik
Aplikasi Procam 7 memberikan kualitas fotomu menjadi yang sangat bagus. Aplikasi kamera ini hadir dengan beragam fitur canggih dan terdepan. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu ang ingin mahir di dalam fotografi khususnya dengan berbekal perangkat iPhone.

Pada layar bagian bawah terdapat tombol-tombol pengaturan kamera, kamu bisa menggeser tombol-tombol tersebut untuk melihat semua pengaturan yang ada. Di sini kamu bisa mengatur white balance, ISO, penempatan fokus kamera, eksposur dan shutter speed.

Jika ingin membuat hasil jepretan kamera iPhone menjadi lebih bagus, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Untuk aplikasi ini harganya sekitar USD $5,99

Download: ProCam 7

3. VSCO App

Aplikasi Kamera iPhone Terbaik
Aplikasi VSCO merupakan aplikasi kamera yang sangat populer bagi para pengguna iPhone. VSCO biasanya cenderung sebagai aplikasi editing, namun aplikasi ini memiliki kamera built-in yang bagus dan canggih.

Dengan aplikasi VSCO kamu akan mendapatkan fitur kamera yang kamu inginkan, seperti: kontrol fokus kamera secara manual, mengubah white balance dengan mudah, ISO, exposure, dan shuter speed.

Selain itu, aplikasi ini juga gratis dan memiliki interface yang cukup sederhana sehingga sangat mudah digunakan khususnya oleh pengguna baru. Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu, dengan akun ini kamu bisa berbagi di komunitas berbagi foto VCSO.

Download: VSCO App

4. Halide

Aplikasi Kamera iPhone Terbaik
Aplikasi Halide mungkin agak sedikit membingungkan saat pertama kali digunakan. Tetapi ini dimaksudkan untuk memberikan kontrol penuh di semua pengaturan pemotretan oleh penggunanya. Di sisi lain, aplikasi Halide juga memberikan kemudahan berupa dua mode berfoto yakni mode manual dan otomatis.

Pada mode manual, kamu bisa mengatur sendiri tools kamera yang ada, di antaranya: menyesuaikan tingkat cahaya, mengubah eksposur, dan Raw Capture. Sedangkan di mode otomatis, maka aplikasi akan menyesuaikan sendiri sesuai dengan kondisi sekitar.

Aplikasi Halide juga memungkinkan kamu untuk berrpindah dengan cepat dari telephoto ke wide-angel hanya dengan tap tombol di layar. Namun kamera iPhonemu harus sudah dual kamera untuk bisa menggunakan fitur ini. Jika menyukai aplikasi Halide, kamu bisa mendapatkannya di iTunes dengan harga USD $5,99.

Download: Halide

5. Camera+ 2

Aplikasi Kamera iPhone Terbaik
Camera+ 2 merupakan aplikasi kamera iPhone yang hadir dengan membawa peningkatan yang jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Versi terbaru ini memiliki control kamera yang lebih nyaman, filter-filter yang banyak diupgrade, mode HDR yang menakjubkan, dan lightbox yang terintegrasi.

Beberapa fitur menarik di Camera+ 2 adalah kamu bisa menyimpan foto dalam bentuk format RAW, berpindah dengan cepat dari mode telephoto ke mode wide-angel atau sebaliknya, mengubah aspect ratio, dan lain sebagainya.

Camera+ 2 menjawab semua kebutuhan mengenai fotografi untuk menjadikan kamera iPhone kamu jauh lebih baik. Harga aplikasi ini di App Store sekitar USD $3,99.

Download: Camera+ 2

6. Obscura 2

Aplikasi Kamera iPhone Terbaik
Obscura merupakan aplikasi yang memiliki tampilan cukup sederhana. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah tools utamanya yang sangat memudahkan pengguna, khususnya bagi para pengguna baru, sehingga tidak akan bingung ketika menggunakan aplikasi ini.

Untuk melakukan pengaturan kamera, cukup mudah hanya dengan control wheel. Tap tombol Expose dan putar tombol untuk mengubah eksposur dan ulangi untuk mengatur fokus kamera. Dengan control wheel kamu pun bisa mengatur ISO dan shutter speed. Jika kamu menggunakan aplikasi ini maka akan selalu melibatkan control wheel ini.

Selain itu, terdapat 19 filter di aplikasi ini dari Mono hingga Woodgrain yang dapat dengan mudah kamu aplikasikan pada foto. Mengubah format gambar, foto jauh/telefoto yang dapat diubah ke wide-angel (kamera harus dual lensa), dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan harga USD $4,99 di App Store.

Download: Obscura 2

7. ProShot

Aplikasi Kamera iPhone Terbaik
Aplikasi ProShot merupakan aplikasi yang menawarkan kontrol kamera pada iPhone milikmu. Aplikasi ini dapat mengatur kamera dari white balance, shutter speed, ISO, eksposur, dan lain-lain.

Aplikasi ini mampu menangkap gambar yang sama bagusnya meskipun dengan latar yang sangat berbeda, misalnya siang hari saat banyak sinar matahari atau pada malam hari saat dinner dengan pencahayaan lilin. Dua kondisi pencahayaan tersebut tetap akan menghasilkan foto yang menakjubkan.

Selain itu, aplikasi ini juga terdapat fitur custom mode presets di mana kamu bisa menyimpan pengaturan yang kamu sukai agar bisa digunakan kembali saat ingin mengambil foto di lain waktu. Untuk aplikasi ProShot harganya adalah USD $1,99.

Download: ProShot

Itulah 7 aplikasi kamera iPhone manual terbaik untuk memotret layaknya seorang fotografer profesional. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi tersebut yang menurut kamu paling sesuai.

Post a Comment for "7 Aplikasi Kamera iPhone Manual Terbaik | Memotret Layaknya Fotografer Pro"