Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Ganti Keyboard Samsung Galaxy (All Series)

Kadang tampilan smartphone sedikit membuat bosan manakala tidak pernah diganti tampilannya baik tema, wallpaper, nada dering, dan lain sebagainya. Salah satu yang sering kita gunakan saat menggunakan smartphone adalah keyboard virtual. Fitur yang satu ini tentu semua ada di smartphone full layar sentuh.

Namun pernahkah kamu ingin mengganti tampilan keyboard tersebut dengan warna yang berbeda, tema berbeda, atau background berbeda? Nah di artikel ini kami akan membahas bagaimana cara ganti keyboard Samsung Galaxy-mu agar tampil beda dan lebih menarik.

Cara Ganti Keyboard Samsung Galaxy Semua Seri

Ada empat cara yang bisa kamu lakukan untuk mengganti keyboard Samsung, berikut ulasannya:

Cara Ganti Keyboard Samsung tanpa Aplikasi (Ubah Tampilan)

1. Klik menu Pengaturan > Manajemen Umum > Bahasa dan Input > Keyboard Virtual > Keyboard Samsung (a). Atau jika ingin lebih cepat kamu bisa klik ikon gear pada saat keyboard aktif, maka akan langsung dibawa ke menu Keyboard Samsung (b).

Catatan: Jika tidak ditemukan dengan alur tersebut karena mungkin beda versi Samsung, kamu bisa ketikkan "Keyboard Virtual" pada ikon pencarian di kanan atas.

2. Scroll ke bawah. Kemudian aktifkan pada bagian Keyboard kontras tinggi.

3. Maka tampilan Keyboard Samsung akan langsung berubah.

Cara Ganti Keyboard Samsung Melalui Tema

1. Pergi ke Pengaturan > Wallpaper dan tema. Maka otomatis akan membuka aplikasi Galaxy Themes. Untuk menggunakan Galaxy Themes kamu perlu Akun Samsung, jika belum punya kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
2. Kemudian klik Tab Tema yang ada di layar bawah kiri, kamu bisa memilih tema baik yang berbayar maupun gratis. Klik ikon pencarian terlebih dahulu untuk mencari tema yang lebih spesifik.

3. Banyak kategori yang bisa kamu pilih, seperti Imut, Simpel, Warna-warni, dan lain sebagainya. Klik salah salah satu kategori tema, misalnya di tutorial ini pilih Simpel.

4. Pilih tema yang ingin kamu unduh. Klik Download.

5. Jika berhasil terunduh, terapkan temanya, dengan diaktifkannya tema baru, maka otomatis keyboard Samsung-mu akan diganti dengan tampilan baru yang sesuai dengan tema.

Catatan: Jika mengganti tema namun pengaturan keyboard aktif di bagian "Keyboard kontras tinggi" maka yang akan tampil adalah Keyboard kontras tinggi, nonaktifkan jika ingin menampilkan keyboard sesuai tema ponsel.

Cara Ganti Keyboard Samsung dengan Aplikasi Tambahan

Play Store merupakan tempatnya beragam aplikasi Android resmi milik Google. Salah satunya adalah Keyboard. Ya, tidak hanya aplikasi media sosial, game, video editor, namun aplikasi keyboard juga bisa kamu temukan di sini.

Ada banyak sekali aplikasi Keyboard yang bisa kamu pilih, ada Kika Keyboard, GO Keyboard, FancyKey, Microsoft SwiftKey KeyBoard, dan lain sebagainya. KlikRefresh menggunakan Microsoft SwiftKey KeyBoard karena selain gratis dan tanpa iklan aplikasi ini juga bisa mengganti background dengan foto kesukaanmu.

1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Microsoft SwiftKey Keyboard terlebih dahulu.
2. Setelah didownload dan berhasil terinstal, buka aplikasinya.
3. Klik Aktifkan SwifKey, kemudian aktifkan pada Microsoft SwiftKey Keyboard. Jika muncul pemberitahuan klik OK saja.

4. Klik Pilih SwiftKey, pilih Microsoft SwiftKey Keyboard.

5. Klik pada Dapatkan prediksi yang lebih baik, kemudian pilih Jangan sekarang. Terdapat 4 fitur yang bisa kamu atur di sini yakni Bahasa, Tema, Ubah ukuran, dan Baris angka. Silahkan kustomisasi di sini, termasuk ganti background dengan foto di bagian Tema.

6. Pengaturan dasar selesai, Keyboard berhasil dirubah. Kamu bisa mencoba sendiri fitur-fitur yang ada di aplikasi ini untuk menemukan kustomisasi yang paling pas dengan selera kalian.

Cara Ganti Keyboard Samsung Secara Umum (Lewat Pengaturan)

Ini adalah cara jika kamu baru saja mendownload aplikasi keyboard dari Play Store. Kamu bisa mengaturnya secara umum di Pengaturan (berlaku untuk semua aplikasi keyboard). Berikut caranya:

1. Unduh dan instal aplikasi keyboard dari Play Store.
2. Selanjutnya pergi ke Pengaturan > Manajemen Umum > Bahasa dan Input > Keyboard Virtual > Kelola Keyboard. Aktifkan pada nama keyboard yang sebelumnya diunduh.
3. Kemudian kembali ke tampilan Bahasa dan Input. Klik bagian Keyboard Default pilih nama keyboard yang sebelumnya diunduh.
4. Selesai.

Itulah 4 cara mengganti keyboard Samsung yang bisa kamu lakukan. Cara-cara diatas semuanya bisa kamu coba untuk mendapatkan tampilan keyboard yang diinginkan terutama keyboard dari aplikasi tambahan dari Play Store (Kika Keyboard, GO Keyboard, FancyKey, Microsoft SwiftKey KeyBoard, dan lain sebagainya) karena fiturnya yang lebih lengkap dengan beragam kostumisasi yang ada. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Post a Comment for "4 Cara Ganti Keyboard Samsung Galaxy (All Series)"