Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Translate Aksara Jawa - Latin Terbaik di Android

Menulis bahasa jawa dalam tulisan latin memang sangat mudah karena sama seperti halnya kita menulis bahasa Indonesia. Namun karena kita menyukai tulisan jawa, ingin belajar, ataupun karena seninya, maka kamu membutuhkan aplikasi translate aksara jawa untuk mengkonversi tulisan jawa latin ke aksara jawa kuno.

Aksara jawa ini memiliki 20 huruf utama yang biasa disebut Hanacaraka. Selain huruf utama, masih banyak lagi aksara lainnya. untuk mengetahuinya kamu bisa baca ulasan di artikel ini kemudian mengunduh aplikasi yang menurutmu paling pas untuk tool translate dan belajar aksara jawa.

Aplikasi Translate Aksara Jawa

Berikut adalah rekomendasi aplikasi translate aksara jawa yang bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa belajar aksara jawa secara lengkap menggunakan aplikasi tersebut.

1. Aksara Jawa

aplikasi translate aksara jawa - 1

Aplikasi translate aksara jawa yang pertama adalah Aksara Jawa. Di aplikasi ini tersedia fitur lengkap yang bisa kamu pakai untuk belajar aksara jawa.

Tidak cuma huruf jawanya saja, di sini kamu bisa konversi dari huruf latin ke jawa maupun sebaliknya. Untuk materi aksara jawa meliputi:

  • Aksara Jawa dan pasangan
  • Aksara Murda dan pasangan
  • Sandhangan
  • Aksara Swara
  • Aksara Rekaan
  • Aksara Wilangan

Selain lengkap, aplikasi ini juga memberikan materi yang lugas dan disertai contoh. Aplikasi bernama Aksara Jawa ini pun populer di kategori huruf jawa kuno. Jumlah unduhannya saja sudah mencapai 1 juta lebih dengan rating 4,4 dari 5.

2. Aksårå

aplikasi translate aksara jawa - 2

Aplikasi ini memiiki fitur yang cukup lengkap. Kamu bisa translate aksara jawa ke tulisan latin dan sebaliknya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mendukung beberapa aksara lainnya yang ada di Indonesia.

Kamu bisa menulis dan mengubah ke aksara seperti: Bali, Batak Madailing dan Simalungun, Kawi, Mbojo, Sunda, dan beberapa aksara lainnya.

Aplikasi ini memiliki rating yang bagus yakni 4,4 dengan jumlah unduhan sudah diatas 10.000. Bagi yang suka belajar aksara selain latin. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini. Apalagi aplikasi ini memberikan pengetahuan mengenai aksara-aksara yang ada di Indonesia.

3. Menulis Aksara Jawa Kuno

aplikasi translate aksara jawa - 3

Aplikasi ini memiliki menu utama translate aksara jawa ke latin dan latin ke aksara jawa. Menulis Aksara Jawa Kuno sangat mudah digunakan, apalagi untuk konversi antara latin dan aksara jawa.

Namun sayangnya huruf yang ada di aplikasi ini tidak bisa dicopy. Mungkin screenshot bisa menjadi solusinya jika ingin membagikannya.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang terbilang kecil untuk ponsel sekarang, yakni hanya 2,5 MB saja. Dengan jumlah unduhan yang telah mencapai +10.000 dengan rating 4.1 dari 5, aplikasi ini cocok untuk tool belajar.

4. Nulis Aksara Jawa

aplikasi translate aksara jawa - 4

Tidak jauh berbeda dari aplikasi diatas. Aplikasi translate aksara jawa ini memang tersedia untuk menerjemahkan tulisan jawa latin ke jawa kuno, begitu juga sebaliknya.

Fitur yang ada di aplikasi ini cukup lengkap, diantaranya adalah:

  • Mengubah teks latin ke aksara jawa
  • Dapat menulis aksara jawa dan cara bacanya
  • Aksara jawa lengkap, tidak hanya 20 huruf utama saja, namun juga pasangan, aksara murda, rekan, swara, hingga aksara wilangan (bilangan/angka).
  • Bisa simpan aksara jawa dalam bentuk format gambar
  • Aksara jawa bisa dicopy ke clipboard.

Nulis Aksara Jawa sangat pas digunakan untuk belajar. Kelengkapan hurufnya serta fitur pendukung dalam aplikasi membuatmu mudah belajar dan memahami aksara jawa.

5. Keyboard Aksara Jawa

aplikasi translate aksara jawa - 5

Bingung nulis aksara jawa? Kamu bisa menggunakan aplikasi Keyboard Aksara Jawa. Selain sangat membantu menulis, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk belajar aksara jawa.

Adapun fitur aplikasi Keyboard Aksara Jawa:

  • Huruf utama aksara jawa & pasangan
  • Sandhangan
  • Aksara Murda & Rekan
  • Wilangan (angka)

Salah satu aplikasi translate aksara jawa ini hasil tulisan bisa kamu salin untuk dijadikan status. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Itulah aplikasi translate aksara jawa yang bisa kamu instal di HP Android kalian. Selain memiliki fitur translate atau menerjemah, aplikasi-aplikasi diatas juga memiliki fitur materi pembelajaran. Dimana kamu bisa belajar secara lengkap mengenai aksara Jawa serta pelengkapnya seperti aksara sandhangan, murda, wilangan, dan lain sebagainya.

Post a Comment for "5 Aplikasi Translate Aksara Jawa - Latin Terbaik di Android "