Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Editing Video App Terbaik di Android, iOS, PC & Online (Pemula s.d. Expert)

Aplikasi edit video untuk Android, iOS, dan PC telah banyak dikembangkan dengan keunggulannya masing-masing. Sekarang baik kalangan expert maupun newbie sudah bisa membuat video sendiri dengan mudah dan cepat.

Pilihan dari aplikasi gratis dan berbayar, fitur sederhana hingga rumit. Semua ada, dan kamu bisa memilih editor audio video tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Agar kamu dapat menentukan aplikasi mana yang ingin dipakai. Disini kami akan memaparkannya dari segi perangkat yang digunakan dan apakah perlu instalasi atau online saja melalui browser dan edit disana. Tentunya setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Aplikasi Edit Video Android Terbaik

1. Kinemaster

aplikasi edit video android kinemaster
Bagi pengguna Android untuk mengedit video tentu sangat mengenal aplikasi ini. Kinemaster merupakan salah satu aplikasi edit video Android yang sangat populer.

Beragam fitur tersedia di dalamnya. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa video editor tersebut bisa melakukan seperti halnya edit video PC. Tampilan timeline juga sangat bagus dan memungkinkan mengedit video di hp dengan beberapa layer sekaligus.

Kinemaster bisa kamu unduh dan pakai secara gratis. Namun di versi gratis akan ada watermark tertinggal. Untuk edit video tanpa watermark di Kinemaster, maka kamu harus upgrade premium.

2. InShot - Editor Video Android


aplikasi edit video android inshot
Aplikasi edit video Android tanpa watermark ini menjadi solusi terbaik ketika belum bisa upgrade ke aplikasi berbayar. Ya, dengan InShot kamu bisa mengedit video dengan mudah dan cepat dengan gratis tanpa adanya tanda air.

Beberapa fitur di InShot bisa dibilang lebih dari cukup, jika ingin mengedit dengan editan mainstream. Contohnya: menambahkan teks, musik, stiker, trim, filter, hingga crop video dengan rasio berbeda.

Sangat lengkap, kan? Itupun masih banyak fitur lain yang belum disebutkan. Bagi kalian yang baru mencoba mengedit melalui smartphone Android, maka InShot bisa menjadui pilihan terbaik.

3. VivaVideo

aplikasi edit video android vivavideo
VivaVideo sangat populer. Banyak kalangan pemula dan yang sudah mahir mengedit video di Android menggunakan aplikasi ini. Bahkan YouTuber modal hp, sebagian memilih aplikasi VivaVideo untuk membuat kontennya.

Dari segi fitur, aplikasi VivaVideo tentu memiliki fitur utama edit video memakai hp. Karena memang fitur tersebut sering digunakan. Bahkan selalu digunakan saat mengolah video jadi konten bermanfaat. Misalnya: trim, cut, add sound, dan add text.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan juga untuk membuat efek slow motion. Dengan fitur tersebut, kamu bisa 'mendramatisir' sebuah adegan, misalnya saat kepleset dan lain sebagainya.

4. FilmoraGo
aplikasi edit video android filmorago

Bagi yang sering menggunakan laptop untuk edit video tentu tidak asing dengan Filmora. Kini Filmora hadir ke versi mobile dengan nama FilmoraGo. Aplikasi edit video Android ini banyak dipakai oleh konten kreator yang memakai hp untuk editing.

Fitur di aplikasi FilmoraGo pun lengkap. Kamu bisa trim & cut video, merge & join video, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan tersedia lebih dari 1000 musik yang siap ditambahkan ke video saat pengeditan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan narasi ke video. Karena aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk rekam suara dan menambahkannya ke video.

5. VideoShop

aplikasi edit video android videoshop
Android memiliki banyak sekali aplikasi untuk memproduksi video terbaik. Salah satunya VideoShop, dengan video editor ini kamu dapat mengolah video dengan tool yang lumayan lengkap.

Seperti kebanyakan fitur di aplikasi lainnya, VideoShop dapat digunakan untuk beragam editing. Seperti: mengatur kecerahan video, add text to video, add backsound, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat video stop motion di aplikasi VideoShop. Stop motion contohnya yakni animasi Shaun The Sheep.

Aplikasi Edit Video iOS Terbaik

6. iMovie

aplikasi edit video ios imovie
Pengguna iOS tentu tidak asing dengan aplikasi iMovie. Aplikasi edit video iPhone dan iPad ini adalah aplikasi buatan Apple sendiri. iMovie tentu kompatibel dengan berbagai device buatan Apple.

Selain itu, kamu bisa menikmati aplikasi iMovie secara gratis dan tanpa watermark. Meski gratis, iMovie sangat mumpuni untuk mengedit video di iOS dan Mac.

Editing seperti memberi teks, filter, musik, dan sebagainya tentu dapat dikerjakan di iMovie. iMovie memiliki 8 tema khusus, 10 video filter, & 14 template. Kamu bebas menggunakannya.

7. Clips

aplikasi edit video ios clips
Aplikasi editor video iOS bernama Clips dikembangkan oleh Apple Inc. Melihat developer yang membuat aplikasi Clips tentu menandakan bahwa Clips memiliki fitur bagus dalam mengedit video.

Kamu akan menemukan beragam fitur yang sangat memudahkan dalam pengeditan video. Adapun diantaranya yakni teks beranimasi, stiker/emoji, efek dan filter video. Terdapat pula drag n drop di aplikasi yang akan mempercepat editing.

Menariknya, tersedia fitur unggulan yakni berupa music tracks. Disini kamu bebas memilih backsound untuk ditambahkan ke timeline. Bagi yang sulit mencari musik bisa pakai aplikasi Clips ya.

8. Splice

aplikasi edit video ios splice
Sebagian besar dari kalian pasti mengenal GoPro. Perusahaan teknologi yang mengembangkan kamera canggih bernama GoPro. Nah, merekalah yang membuat aplikasi Splice.

Splice mempunyai banyak fitur berguna, video editor iPad dan iPhone ini juga cukup mudah digunakan untuk pemula. Menambahkan sound, title, trim video, filter, dan transisi semua tersedia di Splice.

Sama seperti Clips, Splice pun menyediakan musik royalty free, yakni musik gratis untuk backsound musik video kalian. Berbagai genre sudah ditambahkan, seperti pop, hip-hop, dan lain-lain.

9. Quik

aplikasi edit video ios quik
Tidak hanya mengembangkan Splice, GoPro juga mengembangkan Quik. Aplikasi edit video iOS tanpa watermark ini memiliki beberapa keunggulan yang akan didapatkan. Salah satunya soal kecepatan dan kemudahan saat membuat video. Ini sangat cocok bagi video editor pemula.

Misalnya untuk membuat sebuah video, pilih video atau gambar yang ingin diedit. Kemudian masukkan backsound, maka video langsung bisa diekspor.

Editing lebih lanjut seperti video trimming, rotate, add title, dan lain sebagainya bisa dikerjakan dengan mudah. Terdapat juga rasio aspek video yang dapat dirubah. Misalnya jika ingin membuat video IG maka rasio paling cocok adalah 1:1, YouTube 16:9, dan seterusnya.

10. Enlight Videoleap

aplikasi edit video ios enlight videoleap
Sebelum membuat aplikasi Enlight Videoleap, developer telah menciptakan editor foto. Enlight Videoleap dapat menjadi pilihanmu jika ingin mengedit video pada platform iOS.

Fitur seperti menggabungkan dua video, menambahkan suara dan teks bisa kamu kerjakan disini. Kamu juga bisa mengubah nada atau ketinggian suara. Fitur menarik seperti fitur edit green screen pun tersedia.

Aplikasi ini ramah pengguna, jadi meskipun pemula tidak akan kesulitan menggunakan Enlight Videoleap.

Aplikasi Edit Video PC Berbayar & Gratis

11. Adobe Premiere Pro [Terbaik]

aplikasi edit video pc adobe premiere pro
Dengan namanya yang sangat populer, tentu kamu tahu dengan Adobe Premiere Pro. Aplikasi edit video PC terbaik dengan fitur profesional yang lengkap.

Para YouTuber terkenal, biasanya menggunakan aplikasi ini untuk editing videonya. Bagi pemula yang baru mencoba Adobe Premiere tentu akan kesulitan. Karena memang fiturnya yang begitu lengkap.

Namun tutorial di YouTube akan membantumu, asalkan mau banyak belajar. Untuk Adobe tentunya tidaklah gratis, kamu harus berlangganan untuk menggunakannya. Versi gratis bisa kamu nikmati di Adobe Premiere Pro CS2.

12. Sony Vegas Pro

aplikasi edit video pc sony vegas pro
Sony Vegas Pro merupakan software editing video dan audio untuk PC. Perangkat lunak ini dirilis oleh Sonic Foundry namun sekarang dimiliki Sony Creative Software. Meskipun tidak sepopuler Adobe Premiere, Sony Vegas punya plugin dan fitur yang sangat keren.

Aplikasi ini mudah digunakan bagi movie editor. Pekerjaan akan menjadi lebih ringan dan cepat. Misalnya kamu bisa mengedit secara multitrack, dimana penempatan setiap klip sangat mudah diatur.

Perlu diketahui, Sony Vegas bersifat non-linear (NLE). Artinya kamu dapat mengatur setiap frame dalam bentuk klip dengan mudah. NLE menawarkan lebih banyak kemudahan dibanding software linear. Karena linear cenderung lebih sulit digunakan khususnya bagi pemula.

13. Cyberlink PowerDirector

aplikasi edit video pc cyberlink powerdirector
PowerDirector dikembangkan oleh Cyberlink. Aplikasi edit video PC ini memiliki banyak kelebihan siantaraya adalah proses render yang cepat, efek video melimpah, memungkinkan untuk edit video 360, hingga merekam layar.

Salah satu yang mungkin sulit di PowerDirector adalah banyaknya pilihan di interfacenya. Ini membuat pemula harus ekstra belajar agar terbiasa dengan aplikasi editing video ini.

Selain itu, bagi orang Indonesia sudah terbiasa menggunakan Adobe dan Sony Vegas. Terasa kurang kalau tidak memakai salah satu aplikasi tersebut. Namun, tidak ada salahnya encoba PowerDirector, apalagi jika menginginkan kecepatan render dan banyaknya efek yang ditawarkan. 

14. HitFilm Express

aplikasi edit video pc hitfilm express
FXhome membuat aplikasi gratis untuk mereka para pemula yang baru terjun ke dunia editing video PC. Namanya HitFilm Express yakni versi gratis dari HitFilm Pro.

Fitur keren yang bisa kamu coba ialah filter audio dan video, masking, layers, hingga edit video 3D. HitFilm Express mempunyai 180 efek. Efek tersebut dapat digunakan secara gratis. Namun sebagian setelah diterapkan akan muncul watermark.

Jika tidak menggunakan efek sudah dipastikan tidak akan ada watermark. Selain itu, terdapat video panduan yang bisa diputar ketika menjalankan aplikasi.

15. Davinci Resolve [Gratis Terbaik]

aplikasi edit video pc davinci resolve
Gratis tidak selamanya banyak kekurangan. Ini dibuktikan dengan adanya Davinci Resolve. Editor video gratis terbaik di PC ini memiliki banyak keunggulan dan memiliki kemiripan fitur seperti Adobe Premiere Pro.

Banyak fitur berguna yang berkualitas, misalnya color correction. Fitur ini untuk penyempurnaan warna juga komposisi warna. Selain itu, motion graphic, multicam editing, dan audio mixing bisa kamu temukan.

Sekarang ini, Davinci Resolve banyak dipakai sebagai alternatif aplikasi berbayar. Bagi kalian yang ingin mencoba video editor profesional gratis. Cobalah Davinci Resolve.

Aplikasi Edit Video Online

Menggunakan aplikasi yang harus diinstall terlebih dahulu mungkin dapat membebani komputer atau smartphone. Nah, berikut solusinya kamu bisa memakai browser dan menuju video editor online.

16. Clideo

Aplikasi edit video online
clideo.com

Pertama ada Clideo, aplikasi edit video online ini mempunyai interface yang sederhana. Meski demikian, banyak fitur berguna untuk mengedit video. Misalnya: memotong video, kompres, rotate, dan masih banyak lagi.

Mengedit video di Clideo, hanya bisa satu editing untuk satu fitur. Artinya, saat kamu ingin cut video maka gunakan tool cut video. Jika ingin rotate video maka gunakan tool rotate video, dan seterusnya.

Tak sama seperti aplikasi sejenis. Clideo punya video player terintegrasi. Jadi sangat memudahkan editor ketika mengedit sebuah video.

17. Wideo

Aplikasi edit video online
wideo.co

Mengedit video secara online sekarang ini mudah dan banyak fiturnya. Beragam penggunaan aplikasi tersebut bisa berupa video marketing, presentasi, dan lain sebagainya.

Jika kamu mencari tool untuk membuat video demikian, maka bisa menggunakan Wideo. Sebab, disini kamu akan menemukan beragam fitur dan dukungan untuk menyelesaikan pembuatan video.

Pemilik usaha atau bisnis bisa mencobanya. Terutama yang berniat memasarkan produk maupun jasanya melalui media online. Oh iya, sudah banyak lho pengguna Wideo dari kalangan pelaku bisnis.

18. Invideo

Invideo.io
invideo.io

Aplikasi edit video online selanjutnya adalah Invideo. Invideo memiliki banyak keunggulan yang bisa didapatkan. Selain gratis, kamu bisa membuat video berdurasi 15 menit tanpa watermark dengan resolusi 720p.

Berbagai keunggulan lain misalnya terdapat lebih dari 4000 template, 3 juta media berupa gambar dan video, dan masih banyak lagi.

Beberapa penyedia membatasi jumlah ekspor video dalam sebulan. Di Invideo kamu bisa ekspor hingga 60 kali dalam satu bulan. Ini lebih dari cukup jika kamu memakainya secara gratis. Ditambah kamu akan mendapatkan Cloud Storage sebesar 1 GB.

19. Kapwing

Aplikasi edit video online
www.kapwing.com

Fitur mudah dioperasikan dan lengkap. Begitulah gambaran untuk Kapwing. Aplikasi untuk mengedit video secara online ini dapat menyelesaikan beragam editing video.

Fitur lain yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah video resizer, menambahkan subtitle, cut video, video trimmer, dan lain-lain. Bahkan kamu bisa menggabungkan video & audio secara online disini.

Tak perlu login saat mengedit video di Kapwing. Namun akan ada watermark di dalamnya. Untuk menghilangkan watermark, maka wajib login. Buat akun gratis jika belum memiliki akun Kapwing.

20. Wevideo

Aplikasi edit video online
www.wevideo.com

Baik pengguna pemula maupun profesional banyak yang menggunakan Wevideo. Bahkan sekarang telah memiliki lebih dari 30 juta pengguna dari seluruh dunia.

Aplikasi edit video online ini sangat mudah digunakan. Cukup pilih video, gambar, dan audio yang ingin diedit, kemudian edit di Wevideo. Selesai mengedit, simpan di Cloud Storage 1 GB milik Wevideo gratis.

Dengan demikian, kamu tidak perlu unggah ulang ketika ingin mengeditnya kembali. Selain itu, fitur berbagi ke YouTube, Instagram, Facebook, juga tersedia di Wevideo.

Itulah daftar 20 aplikasi edit video yang telah bagi ke beberapa device. Kamu bisa memilih mana yang ingin kamu gunakan tergantung perangkat yang digunakan.

Bisa menggunakan smartphone Android atau iOS, PC atau laptop, dan melalui online dengan membuka browser. Selamat mencoba!

Post a Comment for "20 Editing Video App Terbaik di Android, iOS, PC & Online (Pemula s.d. Expert)"