Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Seperti Deep Freeze Sebagai Pilihan Alternatif Terbaik

Mencari aplikasi seperti Deep Freeze? Tenang, kita bahas tuntas di artikel ini dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Perlu diketahui, Deep Freeze merupakan aplikasi yang dirancang untuk mengembalikan komputer ke keadaan aslinya setiap kali komputer dimatikan atau direstart.

Fitur dalam Deep Freeze ini berguna untuk melindungi komputer dari perubahan pengaturan yang tidak kita tidak ketahui atau kerusakan yang disebabkan oleh pengguna atau program unduhan yang mengandung malware.

Sebenarnya Windows sendiri telah memiliki System Restore yang terpasang, namun sering kali fungsi ini kurang maksimal karena sebab tertentu seperti terkena malware atau program jahat lainnya.

Sebagai alternatif System Restore, kita bisa menggunakan Deep Freeze, namun karena pada dasarnya Deep Freeze ini bagi sebagian pengguna adalah aplikasi berbayar dan dianggap cukup mahal. Maka kita pilih aplikasi seperti Deep Freeze yang memiliki fitur dan kegunaan serupa.

Aplikasi Seperti Deep Freeze Sebagai Alternatif Terbaik

Tidak cukup banyak aplikasi mirip Deep Freeze yang tersedia. Namun kami memiliki beberapa alternatif terbaik yang bisa kamu gunakan. Berikut daftar aplikasinya:

1. Reboot Restore Rx

aplikasi seperti deep freeze

Aplikasi ini memiliki fungsi yang mirip dengan Deep Freeze. Setiap kali komputer direstart, perangkat lunak ini mengembalikan sistem ke keadaan awal sebelum perubahan yang tidak diinginkan.

Reboot Restore Rx membantu melindungi sistem operasi dari perubahan yang dapat menyebabkan masalah. Biasanya aplikasi inidigunakan dalam komputer sekolah, warnet, hingga perpustakaan yang merupakan komputer umum.

Kelebihan:

  • Pengaturan yang simpel dan mudah dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, membuat konfigurasi dan pemulihan sistem menjadi cepat dan normal kembali.
  • Dukungan terhadap banyak sistem operasi, misalnya versi Windows dan bahkan beberapa distribusi Linux.
  • Tersedia dalam versi gratis, software Reboot Restore Rx memiliki versi gratis yang menyediakan fungsi dasar untuk melindungi sistem komputer kalian.

Kekurangan:

  • Tidak menyediakan fitur snapshot, yakni tidak ada opsi untuk membuat titik pemulihan yang dapat dipilih secara manual.

2. RollBack Rx

aplikasi mirip deep freeze

Aplikasi ini menawarkan fitur pemulihan sistem yang bisa kamu andalkan.Kamu bisa membuat titik pemulihan yang dapat dikembalikan setiap kali diperlukan.

Jika terjadi masalah, kamu dapat dengan mudah mengembalikan sistem ke titik sebelumnya, yakni di titik normal sebelum terjadinya eror.

Kelebihan:

  • Snapshot yang fleksibel yang bisa diatur sendiri: RollBack Rx memungkinkan pembuatan titik pemulihan yang dapat dipilih dan dikembalikan secara manual.
  • Kompatibilitas yang baik, aplikasi ini mendukung banyak sistem operasi dan bekerja dengan optimal pada berbagai konfigurasi perangkat keras di komputer kalian.

Kekurangan:

  • Interface yang cukup rumit untuk pemula. Bagi beberapa pengguna, antarmuka yang rumit dan banyak fitur dapat menjadi membingungkan.
  • Memakan ruang disk atau penyimpanan PC/laptop kamu. Jadi, setiap snapshot yang dibuat akan menghabiskan sejumlah ruang disk, sehingga dapat mengurangi ruang penyimpanan yang tersedia. Permasalahan akan muncul jika ruang disk sudah hampir penuh.

3. Toolwiz Time Freeze

aplikasi alternatif deep freeze

Aplikasi yang mirip Deep Freeze ini memungkinkanmu untuk membekukan partisi atau keseluruhan disk. Sehingga perubahan yang dibuat selama sesi (selama komputer dihidupkan dan digunakan untuk beraktivitas) tidak akan dipertahankan setelah restart.

Ini adalah cara efektif untuk melindungi sistem Anda dari ancaman berbahaya. Biasanya kamu akan menemukan komputer yang seperti ini di beberapa tempat seperti warnet, perpustakaan, dan komputer umum lainnya.

Kelebihan:

  • Memiliki ukuran ringan, aplikasi ini ringan dan tidak mengganggu kinerja sistem saat berjalan. Cocok untuk kamu yang memiliki PC/laptop dengan spesifikasi rendah.
  • Pengaturan yang sederhana, antarmuka yang mudah digunakan dan mudah dipahami. Pemula juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai pengganti Deep Freeze dengan spesifikasi ringan.

Kekurangan:

  • Hanya terbatas pada Windows, software Toolwiz Time Freeze hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja. Bagi pengguna Mac dan Linux tidak bisa menggunakannya.
  • Tidak lagi diperbarui, perangkat lunak ini mungkin tidak lagi mendapatkan pembaruan dan dukungan dari pengembangnya. Jika kamu sangat mempertimbangkan keamanan, maka aplikasi ini kurang disarankan. Karena sering kali aplikasi yang sudah tidak lagi diperbarui rentan terhadap malware.

4. Shadow Defender

aplikasi selain deep freeze

Aplikasi seperti Deep Freeze ini menyediakan mode bayangan yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan sistem di lingkungan virtual.

Setiap kali komputer direstart, semua perubahan akan dihapus, menjaga sistem tetap aman dan bersih. Ini efektif karena akan menghindarkan kamu dari bahaya malware yang tidak disadari.

Kelebihan:

  • Keamanan tingkat lanjut, mode bayangan memberikan perlindungan tingkat lanjut dengan menjalankan sistem dalam lingkungan virtual.
  • Snapshot yang dapat dipilih, kamu dapat membuat dan mengembalikan snapshot sesuai keinginan.

Kekurangan:

  • Shadow Defender merupakan perangkat lunak berbayar dan mungkin memerlukan biaya lisensi.
  • Kompatibilitas terbatas, Shadow Defender tidak mendukung berbagai sistem operasi dan konfigurasi perangkat keras.

Pastikan untuk membaca ulasan dan mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang aplikasi seperti Deep Freeze di atas sebelum kamu memutuskan untuk menggunakannya.

Setiap aplikasi mungkin memiliki fitur dan kemampuan yang sedikit berbeda, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan fitur unggulan yang wajib ada. Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Aplikasi Seperti Deep Freeze Sebagai Pilihan Alternatif Terbaik"