Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Lokasi Tanpa Koneksi Internet

Kegiatan touring, jelajah alam, ataupun mendaki gunung ke daerah-daerah yang masih alami merupakan hal yang paling menantang dan memacu hormon adrenalin bagi siapa saja yang melakukannya, bagi sebagian orangpun berpetualang menjadi hobi yang paling disukai. 

Tetapi pernahkah berada di suatu daerah atau wilayah terpencil yang sama sekali tidak ada sinyal tetapi kita ingin sekali mengetahui posisi kita berada dimana? Atau bahkan di hutan, lembah dan pegunungan saat kita sedang berpetualang atau mendaki gunung. Tentu akan sangat sulit sekali untuk mengetahui lokasi kita. 

Google maps pun akan kesulitan untuk menentukan dimana lokasi kita berada hal itu karena aplikasi ini harus online dan membutuhkan transfer data. Sebenarnya ada fitur yang sangat berguna di aplikasi google maps tetapi sedikit sekali diketahui atau mungkin baru pernah mendengar, fitur tersebut adalah Offline Maps atau Peta Offline. Dengan cara inilah kita dapat mengetahui posisi kita di peta, lalu bagaimana cara menggunakan fitur ini? Berikut ulasannya.

Bukalah terlebih dahulu Google Maps yang telah terinstal di smartphone. Kemudian pada layar atas bagian kiri terdapat ikon navigasi, tap ikon navigasi tersebut.

Setelah itu pilih Peta Offline, kemudian PILIH PETA ANDA SENDIRI, seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Mengetahui Lokasi Tanpa Koneksi Internet

Pilihlah area yang menurut kita adalah area yang memiliki sinyal rendah atau bahkan sama sekali tidak ada sinyal. Semakin luas daerah yang kita pilih maka akan semakin banyak yang bisa dijangkau dan semakin besar pula ukuran offline maps tersebut.

Memilih area yang akan diunduh menjadi Peta Offline
Setelah menentukan area yang kita inginkan, maka unduhlah peta tersebut. Selesai unduh, untuk mengetahui apakah bisa bekerja di area tanpa sinyal, maka ubahlah smartphone ke kondisi mode pesawat.

Peta Offline yang Terunduh dengan nama Peta 6
Dengan diaturnya fitur offline map di aplikasi google maps tersebut, sehingga tidak perlu bingung lagi jika ingin mengetahui posisi saat berpetualang di daerah sulit sinyal. Di dalam Peta Offline kita bisa mengatur sendiri posisi kita dan lokasi tujuan yang masih di dalam cakupan Peta Offline. Rute Peta Offline bisa dilihat yakni dari gambar awan tercoret.


Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang suka berpetualang ke tempat-tampat yang memiliki kesulitan sinyal dan akses internet. Selamat mencoba dan selamat berpetualang.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Lokasi Tanpa Koneksi Internet"