Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Victoria, Berikut Beberapa Aktivitas Wisata yang Dapat Dinikmati

Air Terjun Victoria merupakan air terjun yang sangat menakjubkan di dunia, air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, Afrika Selatan di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Lebar dari air terjun ini adalah 1,6 kilometer dengan tinggi air terjun 128 meter. Nama air terjun ini diambil dari nama seorang ratu yakni Ratu Victoria oleh David Livingstone saat mengunjungi air terjun ini pada tahun 1855, sedangkan penduduk setempat menamakan air terjun ini sebagai Mosi-oa-Tunya yang berarti "asap yang menggelegar".

Air terjun di Afrika Selatan ini telah terdaftar sebagai salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO yang ditetapkan tahun 1989. Air terjun ini menjadi tempat wisata yang paling utama dan populer di Afrika Selatan. Kira-kira apa saja yang dapat kita lakukan saat berlibur di air terjun ini, berikut ulasannya.

1. Kolam Setan (Devil's Pool)
Kolam ini terletak di atas air terjun di sisi Zambia. Kolam ini merupakan sebuah cerukan yang berada di ujung Air Terjun Victoria. Meskipun memiliki nama yang mengerikan namun kolam setan ini merupakan salah satu wisata di area Air Terjun Victoria yang paling diminati. Melihat pemandangan yang indah dari atas air terjun sambil berenang di kolam ini memang memberikan pengalaman berlibur yang sangat menakjubkan.

2. Rafting di Sungai Zambezi
Sungai Zambezi merupakan sungai keempat terbesar yang berada di Benua Afrika dengan panjang 2700 km melewati enam negara. Sungai ini bermuara di Samudera Hindia tepatnya di Pantai Mozambik. Bagi pecinta wisata seru yang memacu adrenalin, mencoba arung jeram di sungai ini tentunya hal yang tidak boleh terlewatkan. Tingkat kesulitan arung jeram di sungai ini berkisar antara 3 hingga 6 dengan jarak sejauh 18 km atau 23 km. Jika kamu baru mencoba arung jeram kamu bisa menikmati wisata ini cukup sampai tingkat 3 saja, tetapi jika kamu yakin bisa dan berani maka tingkat 6 tentu akan memberikan pengalaman yang lebih seru. Kamu bisa mencoba arung jeram dari sisi Zambia maupun Zimbabwe.

3. Bungee Jumping di Jembatan Air Terjun Victoria
Bagi yang memiliki nyali besar dan tidak takut ketinggian mencoba bungee jumping dapat kamu jadikan salah satu aktivitas wisata di Air Terjun Victoria. Bungee jumping ini berada di Victoria Falls Bridge di atas Sungai Zambezi. Tinggi bungee jumping ini adalah 110 meter dengan waktu luncur sekitar 4 detik. Untuk dapat menikmati bungee jumping ini setidaknya harus berusia 15 tahun.

4. Berpetualang di Taman Nasional Air Terjun Victoria
Taman nasional ini berada di Distrik Hwange, Zimbabwe yang menjadi lokasi dari air terjun. Di taman nasional ini kamu dapat melihat hutan hujan yang tumbuh lebat dan menerima cipratan air yang menyerupai hujan selama 24 jam, air ini tercipta dari Air Terjun Victoria. Tidak hanya itu kamu juga berkesempatan melihat gajah, kerbau, badak putih selatan, kuda nil, dan berbagai hewan Afrika lainnya.

5. Berfoto dengan Latar Belakang Air Terjun Victoria
Mengunjungi Air Terjun Victoria belum lengkap jika tidak berfoto dengan latar belakang air terjunnya. Kamu bisa berkeliling di tepi air terjun dan mencari titik paling cocok untuk berfoto. Jika kamu beruntung kamu bisa melihat pelangi yang indah menghiasi air terjun ini, tentu berfoto berlatar air terjun dengan pelanginya menjadi sesuatu yang sangat instagram-able.

6. Menyaksikan Matahari Terbenam dari atas Kapal di Sungai Zambezi
Melihat matahari terbenam dari atas kapal di Sungai Zambezi juga tidak boleh sampai terlewatkan apalagi setelah seharian menikmati pariwisata di Air Terjun Victoria yang memacu Adrenalin seperti rafting atau bungee jumping. Kamu akan diajak menyusuri Sungai Zambezi dan melihat keindahan-keindahan pemandangan alam liar di sungai ini, termasuk melihat hewan-hewan Afrika. Selain itu, makanan dan minuman yang disediakan di atas kapal juga sudah satu paket wisata dengan kapal ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat matahari terbenam yang pasti menjadi momen yang tidak akan terlupakan. 

Post a Comment for "Wisata Air Terjun Victoria, Berikut Beberapa Aktivitas Wisata yang Dapat Dinikmati"