Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Olahraga Jogging HP Android Bikin Joggingmu Lebih Bersemangat

Aplikasi Olahraga Jogging Gratis
Olahraga lari atau jogging adalah olahraga gratis yang banyak dilakukan oleh semua kalangan. Selain ingin mendapatkan tubuh yang segar dan bugar tentunya berolahraga adalah sebuah gaya hidup yang sehat.

Bagi yang suka jogging, di zaman yang serba menggunakan teknologi seperti sekarang ini kamu dapat menggunakan aplikasi loh di Smartphone kamu untuk mengukur jarak dan menghitung langkah saat jogging.

Delapan aplikasi olahraga berikut adalah contohnya. Aplikasi-aplikasi olahraga ini memang diperuntukkan bagi para pecinta olahraga khususnya olahraga jogging.

1. Runtastic Running App

Aplikasi Olahraga Jogging Android Gratis
Aplikasi untuk memantau aktivitas jogging yang pertama adalah Runtastic. Aplikasi lari offline ini dapat kamu gunakan untuk latihan jantung seperti berlari/jogging, jalan kaki, bersepeda, hingga hiking. Namun untuk dapat mengetahui posisi kamu berada dan memunculkan trek atau rute yang dilalui kamu tetap membutuhkan GPS.

Terdapat fitur sosial berupa grup yang dapat kamu gunakan untuk terkoneksi dengan teman sesama pengguna Runtastic. Di dalam grup ini kamu dapat melihat siapa yang memiliki jarak lari paling jauh, tentunya hal ini sangat memotivasi agar jangan sampai menjadi posisi paling akhir. Runtastic juga telah mendukung Android Wear dan Apple Watch yang akan membuat aktivitasmu dicatat dengan akurat.

2. Google Fit

Aplikasi Olahraga Jogging Android Gratis
Aplikasi ini adalah aplikasi dari Google yang dapat kamu gunakan untuk menemani aktivitas jogging. Google Fit telah dirancang untuk dapat mengetahui gerak penggunanya dengan menggubungkan ke Android Wear. Aplikasi ini juga dapat menghitung langkah, menampilkan trek yang dilalui dan menghitung kalori yang terbakar selama berlari.

Di dalam aplikasi ini kamu bisa memanfaatkan fitur pelatihan, yakni fitur yang akan memberikan tips khusus dan panduan yang dapat kamu lakukan, tips dan panduan ini tentu akan sesuai dengan kamu karena menyesuaikan dengan aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan sebelumnya. 

3. Running Distance Tracker +

Aplikasi Olahraga Jogging Android Gratis
Interface dari aplikasi ini memiliki desain yang mudah digunakan untuk pengguna baru Running Distance Tracker +. Seperti aplikasi lari lainnya, aplikasi Running Distance Tracker + ini dapat mengukur waktu, jarak, rute, dan kecepatan lari, serta tidak ketinggalan yakni dapat mengetahui kalori yang dibakar selama melakukan aktivitas jogging.

Selain itu terdapat fitur yang dapat menjadikan jogging kamu tidak membosankan yakni pemutar musik internal di aplikasi ini. Fitur lain yang tidak kalah menariknya adalah panduan berupa suara, dengan fitur ini kamu seakan memiliki pelatih pribadi.

4. Runkeeper

Aplikasi Olahraga Jogging Android Gratis
Aplikasi Runkeeper adalah aplikasi yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, di Play Store aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali. Aplikasi ini dapat memudahkanmu untuk mencatat aktivitas selama jogging atau bersepeda seperti kecepatan, jarak, dan lama waktu berolahraga. Selain berlari dan besepeda, Runkeeper juga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas olahraga lainnya.

Fitur sosial di Runkeeper juga menambah semangat kamu untuk terus berolahraga jogging, Selain itu aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan Apple Watch, iTunes, dan Spotify. Selesai jogging, kamu dapat langsung membagikannya ke media sosial seperti Facebook atau Twitter.

5. RunGo - Voice Guided Running

Aplikasi Olahraga Jogging Android Gratis
Aplikasi RunGo merupakan aplikasi untuk menemani lari yang sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat trek sendiri saat jogging. Ditambah terdapat fitur audio yang akan memberi tahu jika terdapat belokan, dengan menggunakan fitur ini tentu jogging akan sesuai dengan jalur yang sebelumnya telah ditentukan sendiri. Dengan fitur ini tentunya trek yang kamu lewati juga menjadi beragam dan tidak membosankan.

Selain itu, RunGo dapat mencatat waktu, jarak, dan kalori yang terbakar selama berlari. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan dalam kondisi offline setelah memilih rute dan mengunduhnya. Dengan fitur ini tentunya kamu bisa lebih menghemat baterai saat lari/jogging.

6. Nike Run Club

Aplikasi Olahraga Jogging Android Gratis
Nike Run Club merupakan aplikasi teman berlari yang dapat melakukan berbagai hal. Aplikasi ini telah didukung Android Wear yang dapat memantau pergerakan tubuh saat berlari. Dengan Nike Run Club kamu dapat mengetahui kecepatan lari, jarak, rute GPS, dan split mil.

Selain itu kamu dapat menyelesaikan tantangan jarak mingguan, bulanan dan kustom kemudian membandingkan dan berkompetisi dengan teman dalam hal pencapaian jarak tempuh. Aplikasi ini juga mendukung untuk berbagi kepada teman dan mendapatkan semangat dari teman lewat fitur kirim audio.

7. Strava Track Running

Aplikasi Olahraga Jogging Android Gratis
Strava merupakan aplikasi yang cukup populer di dunia khususnya para penyuka olahraga jogging. Aplikasi ini dapat memantau secara otomatis seperti kalori yang terbakar saat melakukan jogging, kecepatan lari, dan kecepatan detak jantung.

Strava memiliki fitur yang keren yang memungkinkan kamu melihat aktivitas teman. Kamu juga bisa berlomba lari dengan teman, caranya adalah menetapkan waktu tempuh, melihat peringkat teman, atau dengan menyelesaikan tantangan tiap bulan. Jika kamu lebih unggul dari teman kamu tentu hal ini sebuah kebanggaan tersendiri. Kamu juga bisa membagikan aktivitasmu di Strava ke media sosial yang kamu miliki seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

8. Endomondo

Aplikasi Olahraga Jogging Android Gratis
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang populer di Play Store dengan jumlah download mencapai 10 juta lebih. Endomondo dapat mengetahui kecepatan kamu berlari, waktu, jarak yang dicapai, hingga jumlah kalori yang terbakar. Terdapat fitur untuk menetapkan trek untuk jogging dan audio untuk menambah semangat jogging.

Terdapat pemberitahuan berupa audio yang akan memberitahu jarak yang ditempuh pada setiap kilometer atau mil. Setelah selesai jogging kamu dapat membagikan hasil pencapaian ke Facebook atau Twitter. Ada juga fitur tantangan di mana para pengguna dapat terus memperbaiki dan meningkatkan rekor jarak berlari mereka.

Itulah pembahasan delapan aplikasi jogging di Android yang bikin joggingmu lebih semangat. Download salah satu aplikasi olahraga tersebut dan gunakanlah saat jogging untuk mengetahui seberapa jauh kamu lari dan seberapa banyak kamu mengambil langkah. Mantap yaa...

Post a Comment for "8 Aplikasi Olahraga Jogging HP Android Bikin Joggingmu Lebih Bersemangat"