Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Aplikasi Edit Foto Paling Keren Cocok untuk Smartphone Kamu

Mengabadikan momen penting dan berharga ke dalam foto merupakan hal yang lumrah dilakukan, misalnya saat berwisata, berkumpul bersama keluarga, atau menghadiri sebuah acara.

Namun, terkadang jepretan yang dihasilkan kurang sempurna dan membutuhkan pengeditan agar foto terlihat lebih bagus dan menarik. Untuk sekarang ini, mengedit foto tentu bukan sesuatu yang sulit untuk dikerjakan dan tidak perlu dengan menggunakan komputer atau laptop.

Berikut ini adalah 15 aplikasi edit foto paling keren untuk smartphone milikmu. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu dapat memberikan filter warna, memotong foto, mengatur kontras foto, dan menggunakan fitur menarik lainnya. Sebagian bahkan memiliki fitur unggulannya masing-masing.

1. Adobe Photoshop Express

Aplikasi Edit Foto - Adobe Photoshop Express
Aplikasi edit foto pertama adalah Adobe Photoshop Express. Aplikasi yang satu ini merupakan salah satu yang terfavorit bagi para editor foto di ponsel. Bagi kamu yang masih baru belajar editing foto aplikasi ini juga sangat cocok untukmu.

Tidak hanya memberikan fitur seperti filter, crop, atau kontras. Terdapat fitur yang dapat menjadikan foto terlihat lebih bagus dengan membersihkan foto dari noda yang mengganggu yakni fitur blemish removal.

2. Adobe Lightroom

Aplikasi Edit Foto - Adobe Lightroom
Hampir sama dengan yang sebelumnya, Adobe Lightroom dapat membantu mengedit fotomu menjadi terlihat lebih berkualitas dan profesional. Aplikasi ini masih satu developer dengan Adobe Photoshop atau Lightroom versi komputer.

Aplikasi ini bisa mengedit foto wajah menjadi bersih tanpa jerawat dengan fitur adjustment brush dan spot removal. Yang lebih menarik lagi, aplikasi ini menawarkan fitur yang jarang ada di aplikasi edit foto. Dengan dukungan format RAW aplikasi ini begitu spesial dibanding yang lainnya.

Yang lebih menarik lagi, baik Adobe Photoshop Express ataupun Adobe Lightroom, keduanya mendukung AndroidOS dan iOS.

3. Fotorus

Aplikasi Edit Foto - Fotorus
Aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang bernama Fotoable, Inc. ini dapat menjadi pilihan lain untuk aplikasi edit foto terbaik untuk smartphonemu. Aplikasi ini kaya akan fitur, template, dan grid di dalamnya. Di aplikasi ini kamu bisa memperindah fotomu dengan menggunakan fitur yang ada di dalamnya seperti membuat kolase, menambahkan stiker, beauty effect, dan beragam filter menarik.

Selain itu, Fotorus memiliki fitur yang jarang aplikasi lain sertakan yakni berupa Secret Album. Secret Album ini memungkinkan kamu untuk menyimpan foto tanpa diketahui oleh siapapun di dalam folder yang hanya bisa dilihat lewat aplikasi dengan memasukkan kata sandi terlebih dahulu.

4. PicsArt

Aplikasi Edit Foto - PicsArt
PicsArt merupakan salah satu aplikasi fotografi yang recommended banget untuk melakukan edit foto baik di smartphone Android maupun iOS. Beragam fitur yang dapat kamu gunakan di aplikasi ini di antaranya adalah ambil foto langsung dari aplikasi, clip art, collages, menambahkan efek pada teks, dan lain sebagainya.

Kerennya lagi di PicsArt terdapat fitur Magic Effect, yakni efek yang akan menjadikan foto hasil editan terlihat lebih bagus dan lebih hidup. Kamu juga bisa langsung membagikannya ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Flickr, dan lain sebagainya.

5. Photo Lab

Aplikasi Edit Foto - Photo Lab
Aplikasi edit foto ini memiliki banyak sekali efek yang dapat kamu aplikasikan dengan mudah. Di aplikasi Photo Lab kamu bisa mengatur tingkat ketajaman warna pada saat mengambil foto langsung lewat aplikasi ini, kamu juga bisa menambahkan beragam frame, filter, dan efek ke dalam foto.

Fitur lain yang juga sering digunakan untuk pengeditan foto adalah menggabungkan beberapa foto sekaligus atau kolase. Selain itu terdapat fitur tukar wajah (montase) dan menambahkan efek lain sehingga menjadikan foto lebih unik dan menarik.

6. Pixlr

Aplikasi Edit Foto - Pixlr
Aplikasi Pixlr merupakan aplikasi pengolah foto yang memiliki beragam fitur seperti filter, tools, border, kontras, dan lain sebagainya. Tidak hanya dapat digunakan oleh pengguna Android, aplikasi edit foto Pixlr juga dapat digunakan pengguna iPhone.

Fitur yang dibenamkan di dalam aplikasi ini juga mudah untuk digunakan oleh pengguna baru sekalipun. Setelah pegeditan selesai, kamu dapat langsung membagikannya ke media sosial yang telah terintegrasi dengan Pixlr.

7. PicSay

Aplikasi Edit Foto - PicSay
PicSay adalah aplikasi edit foto yang kekinian banget. Dengan aplikasi ini kamu bisa merubah warna foto sesuai keinginan, menambahkan teks dengan kolom percakapan, menggabungkan dua foto atau lebih (kolase), dan dapat juga menambahkan doodle. Di fitur doodle kamu bisa menggambar di atas foto dengan efek yang sangat menarik.

Aplikasi ini juga memugkinkan kamu untuk membagikan foto secara cepat ke media sosial dengan sekali tap. PicSay menawarkan dua versi yakni gratis dan berbayar (pro) tentunya versi berbayar memiliki fitur yang lengkap dibandingkan dengan yang versi gratisnya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Foto Bokeh Terbaik di Ponsel Android

8. Prisma

Aplikasi Edit Foto - Prisma
Prisma merupakan aplikasi edit foto yang bisa kamu install di smartphone Android dan iOS. Salah satu keunggulan yang dapat kamu temukan di aplikasi Prisma adalah fitur metode kecerdasan buatan yang dapat mendeteksi objek di foto yang akan diedit. Untuk menggunakan fitur ini pastikan ponselmu terhubung dengan internet. Fitur ini menjadikan foto yang diedit memiliki gaya yang artistik.

Aplikasi ini juga memiliki fitur seperti kebanyakan aplikasi foto editing lainnya, kelebihannya dengan Prisma kamu bisa memadukan dengan aplikasi lain misalnya Snapseed. Selain itu kamu bisa berbagi hasil kreasimu di Prisma Feed, baik disimpan ke memori ponsel atau ke media sosial milikmu.

9. Snapseed

Aplikasi Edit Foto - Snapseed
Snapseed adalah aplikasi milik Google yang dapat digunakan untuk mengedit foto. Di dalam aplikasi ini kamu dapat menemukan beragam fitur menarik yang akan membuat fotomu menjadi lebih bagus seperti tune image, vignette, tonal contrast, hingga pengaturan orientasi foto.

Yang menarik dari Snapseed adalah pengguna aplikasi boleh mengembalikan foto seperti aslinya. Hal ini sangat memudahkan terutama jika hasil edit foto yang kamu hasilkan kurang menarik sehingga bisa mengedit lagi sampai foto terlihat bagus dan menarik. Meskipun dari Google aplikasi ini juga dapat diinstall di iOS.

10. Fotor

Aplikasi Edit Foto - Fotor
Aplikasi Fotor merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur untuk edit foto menjadi tampak lebih bagus. Aplikasi ini memiliki sekitar 50 jenis efek dan filter yang dapat diaplikasikan ke gambar yang akan diedit. Filter tersebut dapat kamu gunakan secara bersamaan untuk mendapatkan filter yang sesuai keinginan.

Selain itu, aplikasi Fotor memiliki fitur tilt-shift yakni untuk mengatur kedalaman warna pada gambar, fitur menambahkan bingkai dan stiker, serta mengatur RGB. Bagi pengguna baru menggunakan aplikasi ini juga tidak sulit karena memiliki interface yang mudah untuk digunakan.

11. VSCO

Aplikasi Edit Foto - VSCO
Tidak hanya di ponsel Android aplikasi fotografi ini juga bisa digunakan untuk pengguna iOS seperti iPhone atau iPad. Aplikasi ini sudah banyak diinstall oleh para selebgram di dunia. Fitur-fitur yang ditawarkan serta beragam pilihan edit foto yang lengkap menjadikan hasil foto editan sesuai dengan keinginan.

Namun, untuk mendapatkan full service dari aplikasi ini, kamu harus membayar untuk fitur keseluruhannya ke pemilik aplikasi. Sedangkan versi standarnya, dapat kamu install dan gunakan secara gratis tanpa batas waktu.

12. Photodirector

Aplikasi Edit Foto - Photodirector
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto keren yang dapat menjadikan foto editan terlihat keren seperti diambil dari kamera DSLR. Tidak hanya itu Photodirector juga memiliki beragam fitur seperti menambah filter, mempertajam warna foto, dan menambahkan HDR secara otomatis setelah foto diambil.

Fitur yang tidak kalah menariknya adalah kamu bisa menghilangkan objek yang mengganggu hasil jepretanmu. Bahkan terdapat fitur multiple layer dalam pengeditan foto yang memungkinkan kamu untuk menambahkan frame di dalamnya.

13. Afterlight

Aplikasi Edit Foto - Afterlight
Afterlight merupakan aplikasi fotografi keren yang dapat menjadikan foto editanmu terlihat sangat menarik dan semakin estetis. Aplikasi edit foto ini memberikan fitur-fitur untuk mengatur ketajaman gambar, warna gambar, menambahkan teks, dan menambahkan filter.

Untuk filter, aplikasi ini memiliki nilai estetika yang lebih tinggi dibanding aplikasi serupa. Hal ini menjadikan Afterlight menjadi salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk mengedit hasil jepretan dengan kualitas tinggi.

14. Cymera

Aplikasi Edit Foto - Cymera
Aplikasi Cymera merupakan aplikasi edit foto yang populer di pengguna ponsel Android. Fitur-fitur yang keren dapat kamu temukan di Cymera seperti menambahkan filter, beauty effect, hingga make up. Dengan fitur ini, mengedit foto khususnya bagian wajah akan terlihat lebih bersih dan sempurna.

Lebih menariknya lagi aplikasi ini menyediakan tipe lensa yang berbeda saat ingin memotret objek. Terdapat enam jenis lensa yang dapat kamu coba yakni Basic, Action 4, Super 4, Double, Fisheye, dan Sprocket. Selain itu terdapat juga fitur penstabil yang akan membuat gambar tetap bagus meski posisi saat pengambilan agak bergoyang atau bergetar.

15. LightX

Aplikasi Edit Foto - LightX
Aplikasi edit foto yang terakhir adalah LightX. LightX merupakan aplikasi yang memiliki fitur pengeditan yang cukup lengkap. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur pencampuran warna, mengatur saturasi, kontras, kecerahan, dan masih banyak lagi.

LightX juga memiliki fitur lain seperti memotong objek gambar, menambahkan background, efek, filter, dan dapat memberikan efek blur layaknya blur yang dihasilkan dari kamera canggih DSLR.

Di aplikasi LightX kamu tidak akan ketinggalan dengan fitur-fitur menariknya karena tiap minggu aplikasi ini akan mengupdate fitur baru. Selain itu pengguna Android dan iOS dapat memasang aplikasi ini di smartphone mereka.

Itulah 15 aplikasi edit foto paling keren yang dapat kamu gunakan di ponsel pintarmu. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, dan hasil edit foto yang sangat menarik, tentunya kini kamu sudah tidak ragu lagi jika ingin membagikannya ke media sosial. Selamat mencoba...

Post a Comment for "15 Aplikasi Edit Foto Paling Keren Cocok untuk Smartphone Kamu"