Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik yang Disarankan untuk Ponsel Android

Aplikasi perekam layar (screen recorder) merupakan aplikasi yang sangat berguna sekarang ini. Apalagi bagi kamu yang ingin membuat video tutorial dengan media layar smartphone atau tutorial berkaitan dengan smartphone dan merekam aktivitas ngegame.

Di Play Store sekarang sudah banyak sekali aplikasi perekam layar, namun aplikasi tersebut ada yang berbayar dan ada yang gratis. Pada aplikasi yang gratis biasanya akan meninggalkan watermark pada hasil rekaman layar, namun ada juga yang tidak ada, ini sangat membantu terutama bagi yang tidak ingin ada watermark pada hasil video yang dibuat.

Dari sekian banyak aplikasi di Play Store, berikut ini terdapat 10 aplikasi perekam layar hp Android terbaik.

1. Mobizen Screen Recorder

Mobizen Screen Recorder - Record, Capture, Edit
Aplikasi perekam layar ini merupakan aplikasi yang sangat populer di Play Store dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Bahkan pernah menerima penghargaan dari Google sebagai aplikasi terbaik tahun 2016 lalu.

Selian fitur yang lengkap dan canggih seperti penambahan Facecam, aplikasi ini dapat merekam layar dengan resolusi hingga FHD 1080p 60 fps. ini sangat cocok buat kamu yang suka buat tutorial ataupun ngegame. Namun di sisi lain aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup membingungkan bagi pengguna baru.

2. Screen Recorder V Recorder

Screen Recorder V Recorder - Audio, Video Editor
Aplikasi V Recorder (VideoShow Recorder) merupakan aplikasi perekam layar smartphone untuk android yang bagus dan stabil. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam beragam aktivitasmu di layar smartphone seperti membuat tutorial, ngegame, dan menonton video dengan resolusi 1440p, kualitas 12Mbps, 60fps.

Terdapat juga fitur video editor yang dapat kamu gunakan untuk memfilter, memberikan efek, dan menambahkan musik pada video. Selain itu aplikasi ini tidak meninggalkan watermark pada hasil video dan tidak memiliki batasan waktu perekaman.

3. Screen Recorder - No ads

Screen Recorder - No Ads
Aplikasi ini merupakan aplikasi perekam layar hp Android yang dikembangkan oleh Kimcy929. Screen Recorder ini adalah aplikasi gratis dan tidak menampilkan iklan serta watermark di hasil rekaman videonya.

Terdapat juga pengaturan rekaman dengan berbagai kualitas atau resolusi yang berbeda seperti frekuensi gambar, bit rate, serta menambahkan teks ke dalam rekaman. Selain itu Screen Recorder mendukung Facecam baik kamera depan maupun belakang dan mendukung perekaman dengan MIC saat merekam layar. 

4. AZ Screen Recorder - No Root

AZ Screen Recorder - No Root
AZ Screen Recorder selain memiliki fitur perekam layar hp smartphone, aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya seperti antarmuka yang simpel dibanding Mobizen, dapat menjeda/pause saat merekam, dan tidak meninggalkan watermark.

Seperti dalam judul di Play Storenya yakni No Root, aplikasi ini memang tidak perlu root ponsel. Untuk kamu yang masih menggunakan smartphone dengan spek biasa saja, aplikasi ini dapat menjadi pilihan terbaik karena ringan dan dapat berjalan di berbagai spesifikasi smartphone.

5. Screen Recorder & Video Recorder - XRecorder

Screen Recorder & Video Recorder - XRecorder
Screen Recorder - XRecorder adalah aplikasi yang dapat merekam layar ponsel dengan lembut dan jernih dengan resolusi Full HD 1080p, 60fps, 12Mbps. Terdapat juga resolusi dari yang paling tinggi hingga yang terendah yang dapat kamu atur di aplikasi.

Aplikasi ini mendukung perekaman layar dengan Facecam, memotong video dan merubah kecepatan video, fitur hitung mundur saat memulai merekam, tidak ada batas waktu perekaman, merekam saat bermain game, dan lain sebagainya. Dan yang lebih menarik aplikasi ini tidak membubuhi watermark di hasil perekaman video.

6. Super Screen Recorder - No Root REC

Super Screen Recorder - No Root REC
Aplikasi Super Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar hp Android dengan tampilan antar muka yang sederhana serta mudah digunakan. Aplikasi ini menanamkan beragam fitur seperti: fitur pengeditan video dan fitur pengaturan perekaman dengan kualitas tinggi seperti tingkat resolusi, bit rate, dan frekuensi gambar serta fitur perekaman tanpa batas waktu. 

Di aplikasi ini juga dilengkapi Facecam untuk menampilkan wajah saat perekaman layar, membuat GIF, dan brush tool. Selain itu, aplikasi Super Screen Recorder tidak meninggalkan watermark. 

7. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder
ADV Screen Recorder merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur namun tetap ringan dalam penggunaan dan tentunya tidak memerlukan root pada ponsel. Aplikasi ini dapat merekam layar dengan dua engine yang berbeda (Default & Advanced Engine).

Terdapat fitur pause yang memudahkan pengguna jika ingin beralih ke aplikasi lain misalnya saat ingin menjawab chat, namun fitur ini hanya ada di settingan Advanced Engine. Selain itu pengguna dapat mengatur frekuensi gambar, bit rate, menambahkan teks dan banner di video, memotong video, dan menggunakan kamera depan atau belakang saat perekaman.

8. Screen Recorder

Screen Recorder
Screen Recorder dari developer AppSmartz merupakan aplikasi yang memiliki peminat cukup banyak di Play Store. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah download yang mencapai 10 juta lebih. Aplikasi ini dapat membantu membuat video tutorial dan video ngegame yang banyak diupload di Youtube dengan kualitas video HD.

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah terutama saat akan merekam layar hanya dengan sekali sentuh saja. Terdapat fitur Facecam, menulis teks saat perekaman, video editor di dalam aplikasi. Selain itu, pengguna dapat mengatur resolusi dan format video, bit rate, frame rate, orientasi video (potrait/landscape), dan perekaman dengan suara atau tanpa suara.

9. Master Screen Recorder with Audio -Video Editor

Master Screen Recorder with Audio - Video Editor
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memiliki video editor dengan banyak fitur. Master Screen Recorder juga dapat digunakan untuk merekam aktivitas ngegame kamu dengan disertai audio. Terdapat fitur canggih yakni berupa menggoyangkan ponsel saat ingin menyetop perekaman dan sekali tap saat ingin resume/pause lagi.

Untuk yang suka membuat tutorial dengan hasil yang jernih aplikasi ini sangat mumpuni karena kamu bisa mengatur menjadi ukuran 1440p, 60fps, 12Mbps yang sangat tajam dan lembut framenya. Selain itu di dalam video editor kamu bisa memotong video, mengkompres, merubah menjadi mp3, merging, cropping, dan lain sebagainya.

10. Game Screen Recorder

Game Screen Recorder
Bagi para gamer yang suka merekam aktivitas ngegamenya, ada aplikasi rekomendasi untuk merekam layar smartphone mereka aplikasi tersebut adalah Game Screen Recorder. Aplikasi ini memiliki beragam fitur menarik di antaranya aplikasi ini dapat mendeteksi semua game yang terpasang di hp Android kamu.

Terdapat juga editor yang dapat digunakan untuk optimalisasi hasil perekaman. Namun untuk live streaming game sepertinya kamu belum bisa melakukannya dengan aplikasi ini.

Itulah 10 aplikasi perekam layar terbaik untuk hp Android kamu. Aplikasi tersebut di atas telah memiliki fitur perekam layar dengan hasil yang bagus, tentunya dengan fitur-fitur tambahan menarik yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Selamat mencoba...

Post a Comment for "10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik yang Disarankan untuk Ponsel Android "