Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea yang Direkomendasikan untuk Android

Di dunia ini satu hal yang tentu tidak akan terlepas dari keseharian manusia adalah bahasa. Bahasa ini menjadi penghubung sekaligus penyampai maksud dari seseorang ke orang lain. Salah satu bahasa yang cukup diminati untuk dipelajari saat ini adalah bahasa Korea. Karena kita semua tahu negara ini memang sangat terkenal dengan drakor dan K-Popnya yang telah mendunia.

Bagi penggemar sejati hiburan dari Korea, menyukai saja tidak cukup namun kamu juga harus belajar bahasa yang mereka gunakan agar kamu lebih up to date dan tentunya dapat meningkatkan kualitas berbahasa asing.

Saat ini, belajar bahasa korea tidaklah harus les privat dengan datang ke guru les, apalagi jika kamu tidak punya waktu untuk les privat. Salah satu solusi agar kamu tetap bisa belajar bahasa Korea dengan maksimal adalah dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa Korea yang dapat kamu unduh gratis dari Play Store.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea untuk Android 2020

Jika kamu ingin mengenal bahasa Korea dan meningkatkan kemampuan bahasa asing yang kamu miliki, coba deh instal 10 aplikasi belajar bahasa Korea yang direkomendasikan berikut ini.

1. Drops: Learn Korean

Aplikasi Drops: Learn Korean
Aplikasi pertama untuk belajar bahasa Korea adalah Drops. Aplikasi ini sebenarnya tidak hanya untuk belajar bahasa Korea saja namun banyak bahasa lain yang dapat kamu pilih untuk belajar bahasa asing di sini. Macam-macam materi pembelajaran di aplikasi ini juga banyak mulai dari kosakata, frase, strktur kalimat, dan masih banyak materi lainnya.

Tidak hanya memiliki banyak materi, dengan aplikasi Drops ini, kamu juga bisa belajar sambil bermain karena aplikasi ini menyediakan game dan kuis dalam bahasa yang sedang kamu pelajari.

Sayangnya, aplikasi versi gratis ini hanya dapat kamu gunakan selama 5 menit perhari, jadi harap bersabar jika hari ini kamu sudah menggunakan selama 5 menit dan kamu harus menunggu hari esok agar bisa menggunakannya kembali. Namun untuk belajar dengan santai dan rutin perhari, waktu 5 menit sudah lumayan cukup.

2. Duolingo: Learn Languages Free

Dualingo: Learn Languages Free
Jika dirasa masih terbatasi dengan durasi lima menit dari aplikasi Drops, kamu bisa menggunakan aplikasi Duolingo untuk belajar bahasa Korea. Untuk aplikasi ini juga sebenarnya dapat kamu gunakan untuk belajar bahasa asing lainnya yang berjumlah lebih dari 20 bahasa asing.

Di dalam aplikasi ini pembawaan materi akan sangat menyenangkan yakni dapat berupa permainan di mana kamu dapat mengenal vocabulary atau kosakata, mengasah baca tulis, dan pelafalan yang benar dalam bahasa Korea. Dengan pembawaan seperti ini tentu kamu tidak akan cepat bosan dibanding jika berupa teks saja dan monoton.

Materi yang ada di aplikasi ini sebenarnya masih sangat banyak seperti di antaranya materi kata kerja, materi listening, dan lain sebagainya. Jika kamu sudah melampaui batas target, aplikasi ini akan menaikkan level materi ke level berikutnya.

3. Bravo Language (Learn Korean Phrases)

Aplikasi Language (Learn Korean Phrases)
Bravo Language merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang di dalamnya memiliki beragam ungkapan dan kosakata yang sangat berguna karena sering digunakan untuk percakapan sehari-hari. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang menarik salah satunya dapat mencari kosakata dengan cepat dan mudah.

Kamu pun bisa menemukan fitur perekaman suara yang nantinya bisa diputar kembali dan memcocokkan dengan suara dari aplikasi Bravo Language. Hal ini dimaksudkan untuk mengevaluasi apakah pengucapan dalam bahasa Korea tersebut sudah benar atau perlu diperbaiki.

Fitur yang tidak kalah menariknya yakni fitur kosakata yang sangat memudahkan pengguna yang baru belajar bahasa Korea. Di aplikasi ini tiap kosakata dilengkapi dengan hangul (huruf Korea), latin, dan pengucapan kata berupa audio.

4. Hello Talk

Aplikasi Belajar Bahasa Korea - Hello Talk
Berbeda dengan aplikasi-aplikasi kebanyakan, dengan aplikasi Hello Talk kamu akan terasa lebih menyenangkan. Bagaimana tidak, dengan aplikasi ini kamu bisa bersosialisasi dengan berbagai pengguna di seluruh dunia dan menemukan teman untuk belajar secara langsung.

Singkatnya, aplikasi ini memungkinkan kamu dan teman yang kamu temukan itu saling belajar dan saling mengajari. Misalnya kamu pandai berbahasa Indonesia maka kamu bisa mengajari teman kamu bahasa Indonesia, sebaliknya teman kamu yang pandai berbahasa Korea bisa mengajari kamu berbahasa Korea.

Aplikasi ini sudah support lebih dari 100 bahasa yang ada di dunia. Fitur-fitur menarik seperti chatting, voice chat, video chat, dan lain sebagainya juga bisa kamu gunakan untuk menambah keseruan saat belajar bahasa asing menggunakan aplikasi ini.

5. Naver Dictionary

Aplikasi Naver Dictionary
Naver dikenal sebagai sebuah search engine yang sangat populer di Korea. Ternyata tidak hanya sekedar mesin pencari, Naver juga memiliki aplikasi kamus yang dapat menerjemahkan berbagai bahasa ke bahasa Korea dan sebaliknya.

Hebatnya Naver Dictionary bukanlah kamus biasa yang hanya menerjemahkan kosakata, dengan aplikasi ini kamu juga bisa belajar mengenai kalimat-kalimat yang populer digunakan, idiom bahasa Korea, klip suara untuk mendengarkan pengucapan yang benar, dan menerjemahkan kalimat-kalimat yang panjang.

6. Rosetta Stone

Aplikasi Belajar Bahasa Korea - Rosetta Stone
Rosetta Stone merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang sudah sangat populer dan memiliki pengajar-pengajar handal sehingga dapat menciptakan metode yang cepat untuk belajar bahasa asing termasuk bahasa Korea di dalamnya. Metode yang ada di aplikasi ini juga sudah dipatenkan.

Belajar menggunakan aplikasi ini, tahap awal kamu akan mempelajari bagaimana cara berbicara dan pengucapan yang benar sebelum ke tahap selanjutnya yang lebih sulit. Fokus dari aplikasi ini adalah pengulangan kata, belajar conversation atau percakapan, dan aksen bahasa Korea. Dengan fokus di beberapa hal tersebut kamu akan lebih mudah dan mengerti.

Dengan ketenarannya, untuk menggunakan aplikasi ini secara full tidaklah gratis. Namun jika kamu ingin belajar dengan serius, kamu bisa berlangganan selama 3 bulan, 1 tahun, atau membeli aplikasi ini dengan sekali beli seharga USD $199,99.

7. LingoDeer

Aplikasi LingoDeer - Bahasa Korea
Jika kamu ingin belajar bahasa Korea dan bahasa di Asia lainnya seperti Jepang, Vietnam, dan Cina maka LingoDeer bisa menjadi pilihan yang tepat. Pelajaran bahasa yang di aplikasi ini merupakan materi dasar namun disajikan secara matang dan mudah dipelajari seperti kosakata dan inti dari bahasa yang sedang dipelajari.

Fitur yang menarik di aplikasi ini di antaranya adalah dapat digunakan meskipun offline, banyak sekali kuis atau soal yang bisa kamu jawab untuk belajar, terdapat 2000 lebih frase di dalam aplikasi, dan fitur-fitur menarik lainnya.

Dibanding dengan aplikasi sebelumnya yang mengharuskan membayar untuk mendapatkan full servis, di aplikasi LingoDeer ini sepenuhnya gratis tanpa batas waktu.

8. Memrise

Aplikasi Belajar Bahasa Korea - Memrise
Seperti aplikasi-aplikasi lainnya, Memrise juga menawarkan belajar berbagai bahasa asing termasuk di dalamnya bahasa Korea. Berbagai metode belajar dapat kamu temukan di aplikasi ini seperti belajar kosakata, belajar pengucapan atau pelafalan dengan dukungan klip suara dari aplikasi, kuis, dan lain sebagainya.

Tidak hanya belajar, di aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk bersosialisasi dengan para pengguna lainnya dari seluruh dunia. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur yang dapat kamu gunakan untuk belajar langsung dengan ahlinya di bahasa yang kamu pelajari.

Dengan fiturnya yang memang sangat lengkap serta bisa terhubung dengan ahli bahasanya, wajar jika aplikasi ini tidaklah gratis dan harus berlangganan terlebih dahulu. Karena aplikasi ini memang aplikasi profesional untuk belajar bahasa asing.

9. Mondly - Learn Korean

Aplikasi Mondly - Learn Korean
Aplikasi Mondly merupakan aplikasi belajar bahasa yang cukup populer, termasuk bahasa yang ingin kamu pelajari yakni bahasa Korea. Cara belajar yang ada di aplikasi Mondly ini termasuk tergolong ke metode tradisional. Sebagai contoh salah satunya adalah memilih kata yang tepat pada kalimat.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini diantaranya adalah klip audio pelafalan, kosakata, kuis-kuis, dan masih banyak lagi fitur belajar lainnya. Aplikasi ini dapat membantu kamu belajar kosa kata, kata kerja, dan kata benda yang sangat sering digunakan.

Kamu juga bisa memantau hasil belajar lewat statistik yang disediakan di aplikasi ini sehingga kamu bisa lanjut ke materi baru.

10. Simply Learn Korean

Aplikasi Simply Learn Korea
Seperti namanya, aplikasi Simply Learn Korean kamu bisa belajar bahasa Korea dengan cara yang sederhana. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar bahasa Korea dengan materi yang tidak membingungkan namun mendetail. Cocok juga bagi kamu yang sedang traveling dan ingin belajar dengan cepat dan percakapan yang umum digunakan.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan berisi beragam cara belajar dan disertai tutorial berupa video, fitur ini sangat memudahkan kamu yang ingin memahami bahasa Korea. Terdapat juga kuis atau pertanyaan-pertanyaan, soal latihan dan soal ujian yang dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui berapa paham dengan materi.

Itulah 10 aplikasi belajar bahasa Korea yang direkomendasikan untuk ponsel Android yang dapat membantu kamu mempelajari bahasa tersebut. Sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang kamu gunakan, contohnya seperti Google Translate, Korean Grammar Haja dan TenguGo Hangul.

Belajar bahasa asing sekarang ini memang tidak perlu lagi les privat terutama bagi yang tidak memiliki waktu karena sudah seharian beraktivitas. Aplikasi-aplikasi di atas sudah cukup untuk belajar bahasa Korea dari yang kasual hingga yang ingin benar-benar bisa. Kamu dapat memilih aplikasi mana yang kiranya sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba...

Post a Comment for "10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea yang Direkomendasikan untuk Android "