Iklan Uptitle

Cara Mengunci Aplikasi di Iphone Menggunakan Restrictions dan Touch ID

iPhone merupakan smartphone yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Sejak diluncurkan oleh Apple pada tahun 2007, smartphone berbasis iOS ini selalu menarik perhatian para pecinta gadget terbaru meskipun harganya cukup mahal.

Smartphone ini memiliki daya tarik tersendiri, disamping berbeda dari yang lain, smartphone ini juga memiliki tingkat keamanan yang bisa dibilang sangat bagus dari sistem operasi hingga akses ke aplikasi oleh pengguna. Para pengguna biasanya menggunakan fingerprint atau sensor sidik jari untuk membuka kunci smartphone mereka dengan cepat, mudah, dan aman.

Namun ternyata masih banyak para pengguna iPhone yang kebingungan untuk mengunci aplikasi-aplikasi di smartphone-nya. Untuk iPhone sebenarnya caranya sangat mudah karena kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan dari App Store. Cukup dengan fitur Restrictions dan Touch ID.
Kunci Aplikasi iPhone
Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara untuk mengunci aplikasi di iPhone dengan menggunakan fitur-fitur tersebut, berikut ulasan tutorialnya.

Gunakan Fitur Restrictions untuk Mengunci Aplikasi

Tutorial Mengunci Aplikasi di iOS 12 dan setelahnya
1. Terlebih dahulu bukalah menu Settings.
2. Setelah itu masuklah ke Screen Time, kemudian ke Content & Privacy Restrictions.
3. Sentuh Allowed Apps.
4. Di Allowed Apps kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu kunci. Warna hijau menunjukkan fitur ini 'on' pada aplikasi tersebut dan warna putih menunjukkan fitur ini 'off' pada aplikasi tersebut.
5. Sentuh Back atau swipe ke atas untuk kembali atau menuju ke tampilan Home.

Tutorial Mengunci Aplikasi di iOS 11 dan sebelumnya
1. Bukalah menu Settings pada smartphone iPhone kamu.
2. Pada tampilan menu Settings, kemudian pilihlah menu General.
3. Setelah masuk ke menu General, silahkan kamu pilih Restrictions.
4. Di tampilan Restrictions, untuk mengaktifkan fiturnya tap pada Enable Restrictions dan jangan lupa masukkan passcode milikmu.
5. Kemudian pilih aplikasi-aplikasi yang ingin kamu kunci agar tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Setelah berhasil men-setting, maka setiap kali ingin mengakses aplikasi kamu harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu.

Gunakan Fitur Touch ID

1. Untuk masuk ke Touch ID, masuklah ke menu Settings.
2. Kemudian di tampilan Settings, pilihlah Touch ID & Password.
3. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan password agar bisa melanjutkan.
4. Setelah itu, kamu dapat mengaktifkan fitur Touch ID untuk aplikasi, misalnya Apple Pay, iTunes, App Store, atau aplikasi yang lainnya.
5. Ikuti instruksi selanjutnya yakni menambahkan sidik jadi yang diminta iPhone.
6. Jika sudah, kembali lagi ke menu Settings, kemudian kamu pilih menu Passcode & Touch ID.
7. Aktifkanlah Passcode & Touch ID.
8. Di sini kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang kamu kunci dengan fitur fingerprint.

Itulah dua cara mengunci aplikasi di iPhone yang dapat kamu terapkan agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Cara-cara di atas sangatlah mudah untuk kamu lakukan bahkan oleh pengguna baru iPhone sekalipun.

Selain yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengunci aplikasi dari pihak ketiga yang sudah terpercaya dengan fitur-fitur tambahan yang menarik seperti AppLocker, iProtect, atau yang lainnya yang bisa kamu unduh dari App Store. Dengan mengunci aplikasi-aplikasi yang penting tentu masalah privasi dan keamanan akan tetap terjaga dari orang-orang yang ingin berbuat jahil.

Demikianlah tutorial singkat ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian khususnya pemilik smartphone iOS. Cara di atas juga dapat digunakan oleh para orang tua yang tidak ingin anak-anaknya yang masih di bawah umur mengakses aplikasi-aplikasi tertentu saat mereka meminjam smartphone untuk bermain.

0 Response to "Cara Mengunci Aplikasi di Iphone Menggunakan Restrictions dan Touch ID"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel