Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperkecil Ukuran Foto di PC, Android, dan Online (Mudah dan Praktis)

Mengirim foto hasil jepretan secara langsung memang memiliki ukuran yang besar. Apalagi foto tersebut diambil dari kamera DSLR atau smartphone yang memiliki resolusi tinggi. Belum lagi jika jumlah fotonya sangat banyak maka selain membebani memori tentu sangat lama jika ingin sharing ke teman-teman atau mengunggahnya ke media sosial.

Foto ukuran kecil juga sering digunakan untuk berbagai keperluan lain salah satunya adalah saat melamar pekerjaan. Tidak mungkin perusahaan akan menerima email berisi file foto berukuran besar karena akan membebani server mereka.

Ingin Mengkompres Foto Tapi Bagaimana Agar Kualitas Tetap Bagus?

Hal yang menjadi perhatian dalam mengkompres foto adalah hasil akhirnya. Sering kali setelah foto diperkecil ukurannya maka kualitas menjadi menurun dan foto pun menjadi buram atau pecah.

Namun dengan cara-cara di bawah ini kamu tidak perlu khawatir foto akan menjadi rusak setelah dikompres. Berikut cara memperkecil ukuran foto dengan mudah, bisa menggunakan komputer, smartphone, dan online.

Cara Memperkecil Ukuran Foto di PC/Laptop

1. Sebelum mengecilkan ukuran foto terlebih dahulu kamu harus mendownload software FILEminimizer Pictures di www.balesio.com
2. Setelah software berhasil didownload, kemudian install dan jalankan software tersebut.
3. Open Files, cari letak di nama foto disimpan.
4. Pada bagian kotak merah (atas) merupakan lokasi output di mana hasil kompresi foto akan disimpan.

Sedangkan, kotak merah (bawah) merupakan pengaturan hasil output apakah ingin memilih Web/E-Mail Compression, Standard Compression, dan Low/Print Compression.

Di sini kita pilih Standard Compression. Kamu juga bisa memilih yang lainnya, bisa juga memilih Custom Compression jika ingin mengkompres foto sesuai dengan keinginan.
FILEminimizer Pictures

5. Selanjutnya, klik Optimize Files.
FILEminimizer Pictures

6. Selesai deh... Tenang kualitas hampir tidak ada perbedaannya dengan foto sebelum dikompres.
Before: 3.305 KB After: 262 KB

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Android

Sebelumnya kami telah mencoba beberapa aplikasi di Play Store untuk mengkompress foto. Dari beberapa aplikasi tersebut kami menemukan satu aplikasi yang direkomendasikan untuk memperkecil ukuran foto di smartphone.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Photo Compress 2.0 untuk memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto.
1. Unduh aplikasi Photo Compress 2.0 terlebih dahulu dari Play Store.
2. Selanjutnya install dan buka aplikasi tersebut.
3. Cari foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Bisa dari Gallery dan Camera. Setelah memilih foto, sentuh tombol Quick Compress atau Compress. Di sini kita pilih Compress agar bisa mengatur kompresi lebih lanjut.
Photo Compress 2.0

4. Kamu bisa memilih dengan tap ikon segitiga terbalik. Di sini terdapat beberapa pilihan, yakni: Low (Small File), Medium (Medium File), dan High (Large File). Serta Last Used yakni ukuran yang terakhir digunakan.
Photo Compress 2.0

Kamu juga bisa memperkecil ukuran foto dengan menggeser garis hijau dari 0-100. Semakin kecil nilai maka semakin kecil pula ukuran foto hasil kompresi. Namun untuk mempertahankan kualitas jangan terlalu besar menggesernya, misalnya saja atur menjadi 60.
Photo Compress 2.0

5. Selanjutnya, tap Compress maka proses cepat kompresi akan berjalan.
6. Nah... Kamu berhasil memperkecil foto.
7. Kemudian Klik Replace & Exit atau Exit. Pilih saja Exit agar foto asli tidak terhapus dan diganti foto hasil kompresi.

Selain mengkompres satu foto, di Photo Compress juga dapat mengkompres foto lebih dari satu, dapat me-resize ukuran foto (lebar dan tinggi foto), dan crop foto.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Secara Online

Salah satu aplikasi online berbasis web untuk mengkompres foto adalah TinyJPG. TinyJPG merupakan salah satu foto kompresor terbaik di internet yang banyak digunakan untuk gambar di website dan aplikasi. Setiap gambar yang diunggah akan dianalisa oleh sistem kemudian sistem akan menerapkan compressing terbaik sehingga hasil output tidak akan mengurangi kualitas foto.

Langkah-langkah untuk mengecilkan foto di TinyJPG sangatlah mudah. Cukup drag and drop foto ke bagian kotak garis-garis hitam dibawah ini. Kamu dapat mengunggah hingga ukuran 5 MB.
TinyJPG

Otomatis TinyJPG akan langsung mengkompres gambar, tunggu beberapa saat hingga selesai. Setelah selesai, kamu bisa mendownload hasil kompresi atau menyimpannya di Dropbox.

Itulah cara memperkecil ukuran foto baik menggunakan komputer/laptop, smartphone, dan secara online di internet. Kualitas yang dihasilkan pun terbilang memuaskan dan rocommended untuk aktivitas kompresi foto.

Kamu dapat mencoba salah satu cara di atas, bisa menggunakan komputer, smartphone, maupun online tanpa aplikasi/software tambahan. Cara di atas merupakan cara yang sangat mudah dan praktis, tentunya dengan hasil yang sangat bagus.

Selamat mencoba...

Post a Comment for "Cara Memperkecil Ukuran Foto di PC, Android, dan Online (Mudah dan Praktis)"