Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Uninstall Program Menggunakan Perintah di CMD (Command Prompt)

Command Prompt atau biasa dikenal CMD merupakan program komputer yang memiliki banyak sekali kegunaan, pada kali ini kita akan membahas kegunaan dari CMD yakni untuk mencopot atau uninstall program/software yang terpasang pada komputer.

Sebenarnya jika ingin menguninstall program kamu bisa melakukan dengan beberapa cara seperti lewat Control Panel > Programs atau lewat uninstaller dari masing-masing program. Namun cara kita kali ini berbeda dari cara biasanya.

Sekilas saat kita mendengar CMD, kita pasti membayangkan sulitnya menggunakan program yang satu ini karena kita harus mengerti perintah pada CMD untuk melakukan sesuatu. Tidak hanya itu, jika kamu bisa menggunakan CMD untuk melakukan suatu hal pada komputer tentu kamu akan terlihat sebagai seseorang yang PRO dalam mengoperasikan komputer. Menarik sekali kan?

Langsung saja,

Berikut adalah Bagaimana Cara Uninstall Program Menggunakan CMD (Command Prompt)

1. Buka cmd terlebih dahulu sebagai user admin (Administrator: Command Prompt) di berbagai versi Windows seperti Windows Vista, XP, Win 7, Win 8, atau Win 10.

2. Ketikkan wmic kemudian tekan enter.
Cara Uninstall Program dari CMD

3. Kemudian ketikkan product get name dan tekan enter. Maka akan tampil program apa saja yang ada di komputer kamu. Proses ini membutuhkan waktu beberapa saat, tunggu hingga semua daftar program terinstal berhasil ditampilkan.
Cara Uninstall Program dari CMD

4. Setelah daftar program/software tampil. Ketikkan perintah dibawah ini.

product where name="nama program/software yang akan diuninstall" call uninstall

ganti tulisan yang ada di dalam tanda petik dua dengan nama program yang akan kamu uninstall.
Cara Uninstall Program dari CMD

5. Ketikkan Y jika ingin melanjutkan proses pencopotan program dan ketikkan N jika ingin membatalkan proses pencopotan program. Jika sudah selesai kamu bisa close CMD tersebut.
Cara Uninstall Program dari CMD

Demikianlah tutorial untuk uninstall program/software menggunakan Command Prompt (CMD). Bagaimana, sangat mudah bukan? Selain mudah proses ini juga terbilang lebih efisien dibanding jika menggunakan cara yang lainnya. Selamat mencoba...

1 comment for "Cara Uninstall Program Menggunakan Perintah di CMD (Command Prompt)"

Unknown 10 November, 2020 10:37 Delete Comment
Kak bagaimana jika setelah wmic muncul invalid class