Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ekstrak File ZIP di Android Tanpa Aplikasi

Mengekstrak file zip di android tanpa aplikasi merupakan hal yang sangat mudah. Apalagi smartphone sekarang sudah memiliki fitur bawaan unggulan di mana para pengguna akan sering menggunaannya terutama saat ingin berkirim file ataupun mengkompres file.

Perlu diketahui bahwa zip merupakan salah satu teknologi komputer yang sangat populer khususnya dalam hal kompresi data atau memampatkan data menjadi sebuah bentuk yang lebih sederhana, sehingga mudah saat akan dibagikan, dikirim melalui email, maupun dicopy-paste ke perangkat lain.

Jika di komputer, tentu kita tidak akan kesulitan saat ingin mengekstrak atau mengkompres file zip karena kita tinggal klik kanan pada file maka otomatis pilihan ekstrak ataupun kompres akan muncul. Biasanya di komputer kita menggunakan Winrar, 7zip, atau yang lainnya. Nah, bagaimana jika di perangkat android?

Cara Ekstrak File ZIP di Android Tanpa Aplikasi

Membuka atau mengekstrak file zip di android dengan cara tanpa aplikasi adalah harus memiliki tools bawaan dari ponsel itu sendiri karena jika belum mendukung maka otomatis ponsel tidak akan bisa membaca file zip yang ada di memori ponsel. Bagaimana cara mengekstraknya jika ponsel sudah mendukung file zip? Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Manajemen File atau File Saya, di sini saya menggunakan smartphone Android Samsung untuk merk yang lain sepertinya hampir sama.

2. Cari file zip yang akan diekstrak, klik file zip tersebut, kemudian pada pojok kanan atas pilih UNZIP.
Cara Ekstrak File ZIP di Android Tanpa Aplikasi 1

ATAU bisa juga dengan klik dan tahan, kemudan pilih titik tiga di pojok kanan atas. Terakhir pilih Unzip atau Unzip to current folder (menyimpan hasil ekstraksi sejajar dengan file zip yang diekstrak).
Cara Ekstrak File ZIP di Android Tanpa Aplikasi 2

3 Selesai.

Bagaimana? Mudah banget kan mengekstrak file zip di android tanpa aplikasi. Sekarang tidak perlu repot-repot membuka file zip harus mengunduh aplikasi tambahan, apalagi jika memori ponsel hampir penuh tentu akan memperlambat kinerja smartphone kalian. Selamat mencoba...

Post a Comment for "Cara Ekstrak File ZIP di Android Tanpa Aplikasi"