Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memotong & Menggabungkan Audio di Android Terbaru

Sebelum berkembangnya teknologi smartphone seperti sekarang ini, melakukan beberapa hal seperti memotong audio atau suara haruslah menggunakan komputer dan tentunya ribet bagi yang tidak biasa menggunakan sotfwarenya. Terlebih bagi yang tidak memiliki komputer pastinya tidak dapat melakukan hal-hal tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, kini teknologi berbasis mobile telah banyak perubahan setelah hadirnya OS Android dan iOS. Sekarang memotong audio, memotong video, bahkan mengedit dan menambahkan efek pada suara dan video juga sudah dapat dilakukan di ponsel dengan hasil yang tidak kalah menariknya dibandingkan dengan hasil pengeditan di komputer.

Pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara memotong dan menggabungkan audio di di Android dengan mp3 cutter. Berikut tutorial lengkapnya.

Cara Memotong Audio di Android dengan Mp3 Cutter & Merger


1. Unduh terlebih dahulu aplikasi bernama Mp3 Cutter & Merger dari Google Play Store di sini.

2. Setelah berhasil diunduh dan diinstall, buka aplikasi tersebut. Terdapat beberapa pilihan seperti pada gambar di bawah ini. Kita pilih Mp3 Cutter. Kemudian cari nama file audio yang akan dipotong.
Cara Memotong Audio di Android

3. Pada tampilan editor terdapat beberapa navigasi. Untuk mengatur titik awal dan titik akhir audio yang akan diambil, gunakan tombol atau ikon seperti yang ditunjukkan panah merah dibawah ini. Untuk memastikan apakah audio sudah sesuai dengan keinginan, klik ikon Play berwarna hijau.
Cara Memotong Audio di Android

4. Setelah itu, klik Ikon Save di layar kiri bawah dan beri nama file audio hasil editing tersebut. Kemudian klik Save.
Cara Memotong Audio di Android

5. Terdapat beberapa pilihan setelah berhasil menyimpan file audio tersebut. Untuk membuka file hasil aditing, pilih Open File.
Cara Memotong Audio di Android


Cara Menggabungkan Audio di Android dengan Mp3 Cutter & Merger

Selain dapat memotong audio, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan audio, namun untuk menggabungkan file suara tersebut hanya bisa sampai dua file audio saja.

1. Pada tampilan awal membuka aplikasi, untuk melakukan merge audio kita pilih yang Mp3 Merger.

2. Cari file audio yang ingin digabungkan, klik tombol hijau Track 1 untuk mengisi track pertama dan klik tombol hijau Track 2 untuk mengisi track kedua.
Cara Menggabungkan Audio di Android

3. Beri nama untuk audio output. Kemudian klik Start untuk memulai proses merging audio atau penggabungan audio.
Cara Menggabungkan Audio di Android

4. Klik pada hasil output, kemudian akan muncul pop up, pilih Open File untuk membuka hasil merge audio.
Cara Menggabungkan Audio di Android

Nah, demikianlah tutorial memotong dan menggabungkan file audio. Pada tutorial di atas kamu hanya dapat menggabungkan file audio sebanyak dua saja, jika kamu ingin menggabungkan banyak file audio atau bahkan lagu satu album bisa mengikuti tutorial berikut ini.
Sampai di sini dulu tutorial memotong dan menggabungkan file audionya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara Memotong & Menggabungkan Audio di Android Terbaru"