Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Software Desain Rumah Terbaik untuk Pemula dan Profesional

Sebelum adanya teknologi desain rumah di komputer berkembang pesat dan canggih seperti sekarang ini, perlu usaha keras, peralatan yang lengkap, dan ketelitian yang tinggi saat seorang arsitek membuat desainnya.

Sekarang ini, semua telah banyak berubah dan pekerjaan bisa menjadi lebih ringan dengan software desain rumah yang bisa kamu gunakan di komputer atau laptop.

Jika kalian ingin mencari software atau aplikasi desain rumah KlikRefresh memiliki banyak referensi yang direkomendasikan. Software tersebut ada yang gratis namun juga ada yang berbayar yang biasa digunakan oleh kalangan profesional.

Berikut Rekomendasi 11 Software Desain Rumah untuk PC Terbaik

1. Sweet Home 3D

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Sweet Home 3D merupakan software desain rumah gratis yang dikembangkan oleh SourceForge.net. Software ini dapat digunakan oleh pengguna baik Windows, MacOS dan Linux.

Terdapat fitur-fitur yang memudahkan pada saat mendesain rumah misalnya seperti menggambar garis lurus, garis lingkar dengan sudut yang presisi. Selain itu, terdapat fitur menambahkan furnitur yang telah disediakan seperti kursi, lemari, meja, dan lain sebagainya.

Software ini sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar mendesain rumah karena selain gratis fitur yang ada di dalamnya juga cukup lengkap dan mudah digunakan.

2. AutoCAD Architecture

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
AutoCAD Architecture merupakan versi lain AutoCAD yang dikhususkan bagi para arsitek. Dengan fitur yang lebih diarahkan ke desain rumah dan bangunan tentu membuat para arsitek yang bekerja menggunakan AutoCAD Architecture ini menjadi lebih fokus dan efisien.

Tidak hanya para arsitek saja, software desain rumah dan bangunan ini juga bisa digunakan oleh siapa saja karena memiliki interface yang cukup sederhana, bahkan bagi para pemula yang ingin belajar desain rumah juga dapat dengan mudah menggunakannya.

Namun AutoCAD Architecture ini tidaklah gratis, jika ingin mencoba software ini kamu bisa mencoba versi trialnya.

3. DreamPlan

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Memimpikan rumah dan ingin kamu buat sendiri desainnya? Gunakan saja software desain rumah bernama DreamPlan. Meski terkesan memiliki desain yang terkesan jadul, namun fitur yang ditawarkan DreamPlan sudah lebih dari cukup untuk membuat desain rumah minimalis atau proyek yang sederhana.

Terdapat beragam template di DreamPlan yang bisa kamu gunakan berupa rancangan interior seperti ruangan-ruangan di dalam rumah dan eksterior rumah seperti desain taman rumah.

4. Energy 3D

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Dilihat dari namanya, software Energy 3D memang dirancang khusus untuk membuat rancangan model bangunan tiga dimensi. Kamu dapat membuat beragam objek atau komponen rumah seperti dinding, atap, jendela, pintu, pagar halaman, dan lain sebagainya.

Beberapa kelebihan menggunakan software desain rumah ini adalah gratis, mudah digunakan, dan portable. Selain itu, terdapat beragam desain model rumah dan bangunan yang ada di dalam software ini. Hal ini tentu memudahkan dan dapat menjadi inspirasi saat mendesain rumah.

5. Softplan

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Software desain rumah di PC yang memiliki segudang fitur ini dapat memenuhi kebutuhan desain rumah yang akan dibuat. Terdapat fitur berbasis informasi yang sangat membantu di mana kamu bisa mengetahui kira-kira berapa biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah yang dirancang tersebut.

Selain itu, kemampuan mendesain secara 3D yang baik, daftar bahan-bahan bangunan, fitur-fitur lainnya membuat Softplan sangat direkomendasikan bagi para arsitek dan para pelaku bisnis jasa desain rumah.

6. Revit Architecture

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Satu lagi software desain rumah untuk PC berbasis informasi lainnya ialah Revit Architecture. Software yang berjalan di sistem operasi Windows ini sangat cocok untuk para arsitek profesional ini dapat memberikan informasi semua material atau komponen bangunan yang digunakan untuk membuat rumah tersebut.

Fitur yang ada di Revit Architecture juga cukup lengkap dan sangat cocok untuk mendesain dan membangun proyek rumah dengan desain minimalis.

7. Home Designer Suite

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Mendesain rumah dengan membuat dari awal apalagi membuat furnitur atau perlengkapan rumah sendiri tentu sangatlah tidak efisien. Dengan software desain rumah untuk PC bernama Home Designer Sweet semua permasalahan diatas dapat teratasi berkat fitur yang ditawarkan di software ini.

Terdapat banyak fitur yang memudahkan di antaranya adalah tersedia template di mana berisi konsep desain interior dan eksterior misalnya konsep ruang tamu, kamar tidur, dan ruangan lainnya.

Tersedia juga konsep luar ruangan seperti landscape depan rumah atau belakang rumah, dan juga tersedia furnitur untuk memperindah dan melengkapi desain rumah yang sedang dibuat. Selain mendesain rumah, software inipun cocok digunakan untuk proyek perbaikan bangunan atau renovasi.

8. Chief Architect

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Software bernama Chief Architect merupakan sebuah software yang digunakan untuk merancang bangunan secara 3D. Meskipun demikian software ini juga bisa dipakai untuk mendesain secara 2D.

Chief Architect sangat cocok bagi kalian yang para arsitek atau yang sedang belajar mengenai arsitektur bangunan, interior desainer, atau penghobi desain rumah.

Software ini juga memudahkan para penggunanya di antaranya adalah terdapat fitur otomatis pada saat melakukan desain rumah dan juga saat melakukan perubahan atau renovasi desain dengan baik dan cepat.

9. Punch Software

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Salah satu software desain rumah di PC yang direkomendasikan untuk kalangan profesional adalah Punch Software. Software ini dapat memenuhi permintaan dari para konsumen dalam jumlah yang banyak tanpa harus bekerja tim, jadi bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Software ini juga menempati peringkat pertama di Amerika sebagai software terbaik untuk desain rumah. Dengan perpaduan antara NexGen dan Lightworks di mana mampu menghasilkan kualitas foto yang sangat realistis dan cepat.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tentu Punch Software tidaklah gratis. Namun semua itu sangat sebanding dengan fitur serta layanan yang diberikan kepada pengguna software ini.

10. HomeByMe

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
HomeByMe merupakan aplikasi online untuk membuat desain rumah baik secara 2D dan 3D. HomeByMe dapat menjadi salah satu alternatif terbaik jika kamu tidak ingin melakukan install software atau aplikasi di PC atau laptop kamu.

Selain itu, semua fitur yang terdapat di HomeByMe dapat kamu akses secara gratis dan yang lebih menarik lagi kamu bisa melihat hasil karya orang lain di HomeByMe. Sehingga dapat menjadi inspirasimu saat melakukan desain rumah secara online di sini.

Keunggulan lain yang bisa kamu peroleh adalah dapat melihat sudut pandang di mana seolah-olah kamu berada di dalam rumah yang sedang kamu buat, keren ya!

11. SketchUp Free

Aplikasi Desain Rumah untuk PC
Selain HomeByMe, terdapat juga SketchUp Free yang merupakan aplikasi desain rumah online milik perusahaan ternama Google. Versi gratis dari SketchUp ini dapat kamu akses melalui browser yang terinstall di PC atau laptop kamu. Bisa menggunakan Chrome, Mozilla Firefox, atau yang lainnya.

Pada versi gratis ini tentu ada beberapa fitur yang dibatasi dan hanya bisa digunakan di versi SketchUp Make atau SketchUp Pro yang merupakan versi berbayarnya.

Untuk para pemula semua fitur di SketchUp Free sudah terbilang cukup lengkap jika untuk belajar dan mengenal perancangan desain rumah melalui software atau aplikasi komputer. Selain itu, interfacenya juga mudah dipahami sehingga sangat memudahkan pengguna.

Nah, demikianlah 11 software desain rumah di PC dan laptop terbaik yang bisa kamu gunakan. Dari banyak software di atas mana kira-kira yang ingin kamu unduh dan membuat desain rumah? Kalau sudah diunduh awali dengan membuat desain rumah impianmu bersama pasanganmu yaa, hehe.

Semoga informasi di atas memberikan manfaat bagi kamu yang sedang mencari software desain rumah di PC.

Post a Comment for "11 Software Desain Rumah Terbaik untuk Pemula dan Profesional"