Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Scan Barcode Lokasi (QR Code) di Android

Cara scan Barcode lokasi atau QR Code lokasi saat ini sudah populer dan banyak digunakan untuk bermacam-macam acara, di antaranya adalah acara pernikahan, rapat, ulang tahun, seminar, dan acara-acara lain.
Cara Scan Barcode Lokasi

Barcode atau versi lanjutnya bernama QR Code sangatlah membantu. Bayangkan saja jika kita harus menulis ulang link share dari Google Maps yang tertulis pada undangan, sangat merepotkan sekali kan? Dengan QR Code ini kamu cukup mengarahkan kamera ke arahnya, maka dengan cepat akan membuka link menuju ke alamat yang dimaksud QR Code.

Sebenarnya dengan kamera bawaan sudah bisa menggunakan fitur ini, sehingga tidak perlu memasang aplikasi tambahan. Namun jika smartphone kamu belum mendukung fitur ini, kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Cara Scan Barcode atau QR Code Lokasi

1. Unduh aplikasi QR & Barcode Reader terlebih dahulu di Play Store.
2. Setelah berhasil diunduh dan dipasang, buka aplikasinya.
3. Saat pertama kali membuka aplikasi, kamu akan diberikan sejumlah informasi mengenai aplikasi. Geser saja ke kiri hingga muncul tombol centang yang ada di layar kanan bawah. Klik tanda centang tersebut.
4. Terdapat dua pilihan untuk scan lokasi, yakni menggunakan kamera "Scan Using The Camera" dan menggunakan gambar dari penyimpanan ponsel "Scan Image". Di tutorial ini saya menggunakan Scan Using The Camera.
5. Arahkan kamera ke QR Code, misalnya saja QR Code yang ada di undangan. Scan hingga ukuran QR Code berada di dalam persegi tangkapan kamera agar dapat dipindai dengan baik dan tepat.
6. Setelah berhasil, maka akan tampil URL lokasi yang dibagikan dalam bentuk QR Code. Buka URL untuk mengetahui lokasinya.

Itulah cara scan barcode lokasi di ponsel Android, mudah sekali kan? Selamat mencoba...

Post a Comment for "Cara Scan Barcode Lokasi (QR Code) di Android"