Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Menonaktifkan Koneksi Internet Aplikasi Tertentu dengan Mudah

Tahukah kamu beberapa aplikasi yang ada di ponsel pintarmu menyedot kuota internet secara teratur, bahkan ketika ponsel dalam keadaan tidak digunakan atau saat layar off.

Sekilas mudah sekali mengatasinya karena cukup dengan menonaktifkan data seluler maka hal itu dapat teratasi. Tetapi bagaimana dengan aplikasi chatting seperti Whatsapp, Telegram, WeChat, dan lain sebagainya?

Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi, karena kita tidak mau jika ada informasi sangat penting atau saat dihubungi teman maupun keluarga tetapi ponsel malah off datanya.

Untungnya, ada solusi untuk hal tersebut. Karena smartphone Android Samsung dan juga merk lainnya memiliki fitur untuk mencegah aplikasi tertentu menggunakan data.

2 Cara Menonaktifkan Koneksi Internet pada Aplikasi Tertentu di Samsung

Untuk menonaktifkan kamu dapat melakukan dengan dua cara, berikut ulasannya:

1. Menggunakan Fitur Bawaan Android


Tanpa aplikasi tambahan, kamu dapat mengaturnya di smartphone Samsung kamu dengan pergi ke Pengaturan > Aplikasi. Kemudian pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu batasi penggunaan koneksi data selulernya.

Pada contoh di sini misal pilih saja aplikasi YouTube. Selanjutnya pilih Data seluler, kemudian nonaktifkan pada "Izinkan penggunaan data latar blkg". Lihat gambar di bawah ini.
Cara Mematikan Koneksi Internet Aplikasi Tertentu di Samsung

Lakukan cara di atas untuk menonaktifkan aplikasi lainnya.

Jika kamu tidak ingin mengatur satu per satu aplikasi, maka ada cara lain yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya:

Pergi ke Pengaturan pilih Koneksi. Cari submenu Penggunaan data > Penghemat data > aktifkan tanda seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini (paling kanan).
Cara Mematikan Koneksi Internet Aplikasi Tertentu di Samsung

Untuk tutorial-tutorial di atas hanya mencegah aplikasi menggunakan data pada latar belakang saja, jadi aplikasi akan memakan kuota saat dibuka atau digunakan.

Namun ini tetap sangat membantu, apalagi jika tidak ingin menginstall aplikasi lagi karena sudah banyak aplikasi terpasang di ponsel. Untuk selain smartphone Samsung mungkin ada perbedaan letak pengaturan-pengaturannya.

Baca Juga:

2. Menggunakan Aplikasi InternetGuard (Semua Merk Smartphone Android)


Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Play Store sebagai alternatif lainnya. Nama aplikasi yang kami rekomendasikan adalah InternetGuard Data Saver Firewall. Tidak hanya data seluler, aplikasi ini juga bisa menonakifkan WiFi untuk aplikasi tertentu.

Cara ini dapat kamu lakukan jika ingin menggunakan aplikasi tertentu dengan data menyala namun tidak mengurangi kuota data. Jadi, baik aplikasi digunakan maupun tidak digunakan tidak akan memakan kuota data.

Untuk menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pertama unduh InternetGuard dari Play Store, setelah terdownload tunggu hingga proses install selesai.
2. Buka aplikasinya, jika muncul pop up, klik saja I AGREE.
3. Klik ikon tombol seperti yang ditunjukkan panah merah pada gambar di bawah ini untuk mengaktifkan aplikasi InternetGuard.
Cara Mematikan Koneksi Internet Aplikasi Tertentu

4. Setelah diaktifkan, pada kanan logo dan nama aplikasi terdapat ikon WiFi dan ikon Data (bentuk seperti gambar sinyal). Cukup ketuk pada salah satu ikon tersebut atau bisa dua-duanya hingga berubah warna menjadi merah  dan terdapat tanda coret.

Jika ingin memblokir penggunaan WiFi maka ketuk ikon WiFi dan jika ingin memblokir penggunaan data seluler maka ketuk pada ikon data seluler. Ketuk pada tanda panah di samping logo aplikasi untuk melihat detail pengaturan jika ingin mengatur lebih lanjut.
Cara Mematikan Koneksi Internet Aplikasi Tertentu

5. Lakukan hal yang sama pada aplikasi lain yang kamu kehendaki untuk dinonaktifkan penggunaan internetnya.
6. Selesai. Untuk cara kedua ini kamu bisa menerapkannya ke berbagai merk smartphone Android tidak hanya Samsung misalnya seperti Oppo, Xiaomi, Vivo, Sony, Asus, Lenovo, dan masih banyak lagi.

Sebagian dari kalian mungkin kaget kok ada pemberitahuan "VPN diaktifkan oleh InternetGuard". Benar, aplikasi ini adalah aplikasi VPN hanya saja memiliki fungsi utama memblokir koneksi ke internet pada aplikasi-aplikasi di ponsel. Tapi tenang saja aplikasi tersebut tidak mengurangi kecepatan internet kok, jadi VPN ini berbeda dari 'VPN yang biasanya menyamarkan IP Address'.

Dengan menonaktifkan aplikasi, maka kamu dapat menghemat kuota yang kamu miliki. Tidak hanya itu, baterai pun bisa lebih bertahan lama karena hanya sedikit aplikasi atau bahkan mungkin tidak ada aplikasi yang berjalan di background dan menggunakan lalu lintas internet.

Itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk mematikan koneksi internet aplikasi tertentu di Samsung. Namun sesekali kamu juga perlu mengaktifkan kembali karena siapa tahu ada notifikasi dan pembaruan penting. Selamat mencoba...

Post a Comment for "2 Cara Menonaktifkan Koneksi Internet Aplikasi Tertentu dengan Mudah"