Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Rekomendasi Website Pencari Jurnal Internasional

Jurnal merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari dunia pendidikan, terutama bagi para mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsinya.

Selain jurnal berbahasa Indonesia, jurnal berbahasa Inggris juga banyak dijadikan referensi para mahasiswa salah satunya karena lebih banyak jumlahnya. Terlebih sekarang ini para dosen juga cenderung menyarankan kepada para mahasiswanya untuk melakukan kajian pada jurnal-jurnal internasional untuk skripsi mahasiswanya.

Namun seringkali mahasiswa yang belum pernah mencari jurnal internasional bingung situs apa saja yang bisa dijadikan referensi mencari jurnal-jurnal tersebut.


Website untuk Mencari Jurnal Internasional, Temukan Jurnal yang Kamu inginkan di Sini

KlikRefresh akan memberikan informasi kepada kamu yang sedang mencari jurnal internasional. Berikut situs-situs yang bisa kami rekomendasikan.

1. Perpustakaan Nasional RI

e-resources.perpusnas.go.id - Situs ini merupakan situs resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Di dalam situs ini kamu akan menemukan beragam jurnal nasional maupun internasional yang bisa kamu manfaatkan untuk review atau kajian untuk mengerjakan tugas akhir ataupun skripsi kamu.

Untuk dapat mengunduh jurnal yang ada di situs ini secara gratis, kamu harus mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota perpus.

2. Academia.edu

academia.edu - Website ini cukup terkenal dan banyak dijadikan referensi mencari jurnal internasional di kalangan para akademisi seperti mahasiswa, dosen, dan peneliti. Academia.edu sering disebut sebagai jejaring sosialnya para akademisi karena di sini mereka bisa berbagi hasil penelitian yang telah dilakukan.

Kamu juga bisa mengikuti seseorang di sini sesuai dengan bidang yang kamu geluti. Untuk dapat mengunduh jurnal internasional yang ada di Academia kamu harus mendaftar dulu menggunakan akun Google ataupun Facebook yang kamu miliki.


3. Google Scholar

scholar.google.com - Sekilas situs ini sama seperti mesin pencari Google, namun dengan Google Scholar kamu dapat menemukan banyak sekali jurnal untuk review tugas akhir maupun skripsi yang sedang dikerjakan.

Cara menggunakan Google Scholar juga sangat mudah cukup ketikkan kata kunci nama jurnal di Google Scholar maka mesin pencari akan menampilkan hasil sesuai dengan nama jurnal dimasukkan.

4. Ebsco

ebsco.com - Mencari jurnal internasional dengan berbagai bidang ilmu di dalamnya tentu sangat memudahkan para mahasiswa yang sedang mencari referensi untuk tugas akhir atau skripsi. Berbagai disiplin ilmu pendidikan seperti kepemerintahan, kesehatan, kemiliteran, dan lain sebagainya semua tersedia di Ebsco.

5. Research Gate

researchgate.net - Hampir sama dengan Academia.edu, situs Research Gate juga menjadi tempat jejaring sosial atau tempat berkumpulnya para akademisi dan peneliti. Di sini kamu dapat request maupun bertukar jurnal secara gratis karena banyak sekali peneliti yang mengunggah jurnalnya ke situs ini.

Untuk mendaftar, gunakan email institusi atau kampus masing-masing. Kamu bisa datang ke IPTIK/ICT kampus untuk meminta email student (email mahasiswa).

6. International Journal of Education and Research

ijern.com - Website pencari jurnal internasional ini berisi review jurnal penelitian yang telah diterbitkan oleh Kontemporer Research Center atau CRC Publications.

Situs ini juga menjadi referensi para peneliti, akasdemisi, praktisi, profesional, dan tentunya mahasiswa untuk berbagi ilmu pengetahuan yang mereka miliki.

7. ProQuest

proquest.com - Situs ini menyediakan berbagai artikel dan jurnal dari berbagai disiplin ilmu. Kamu bisa mencari jurnal yang kamu butuhkan di situs ini.

8. International Journal of Education and The Arts

ijea.org - Situs satu ini menyediakan banyak jurnal internasional yang sedang kamu cari.


9. Directory of Open Access Journal (DOAJ)

doaj.org - DOAJ adalah situs yang memuat jurnal dan artikel ilmiah yang dapat kamu akses semuanya secara gratis. Jadi kamu bisa mengunduh jurnal apapun yang disediakan di situs ini. Cara mengunduhnya pun cukup mudah, ketikkan saja nama jurnal yang ingin kamu unduh di mesin pencari pada situs.

10. Cambridge Journal

cambridge.org - Cambridge Journal menyediakan banyak jurnal internasional. Untuk mendapatkan jurnal di sini, cukup ketikkan kata kunci pada mesin pencari di situsnya.

11. Oxford Academic

academic.oup.com - Mendengar Oxford tentu kalian sebagai mahasiswa sudah tidak asing lagi. Ternyata Oxford juga membuka akses gratis bagi mahasiswa untuk mencari jurnal internasional. Jadi kamu bisa mengunduh jurnal-jurnal internasional apapun yang tersedia di sini.

12. Microsoft Academic

academic.microsoft.com - Tidak hanya sebagai pembuat OS Windows, Microsoft juga memiliki situs untuk mencari jurnal internasional. Kamu juga bisa mencari jurnal berbahasa Indonesia jika kamu membutuhkan di situs ini.

Mencari jurnal di Microsoft Academic hampir sama seperti yang lain, cukup mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian yang disediakan. Kolom pencarian ini juga bisa kamu atur (filter) agar mendapatkan jurnal internasional spesifik sesuai yang diinginkan seperti Top Topics, Publications Types, Top Authors, Top Journals, dan Top Institutions.

13. ScienceDirect

sciencedirect.com - ScienceDirect merupakan situs yang menyediakan beragam artikel, jurnal, dan buku yang lengkap. Namun untuk mendapatkannya sebagian ada yang berbayar, jika ingin mendapatkan yang gratis di ScienceDirect kamu bisa mencari jurnal pada bagian open access.

Itulah website-website yang bisa kamu jadikan referensi untuk mencari jurnal internasional. Sebenarnya masih terdapat banyak situs lain untuk mencari jurnal-jurnal internasional.

Jika kalian memiliki referensi lain selain situs-situs di atas kamu bisa share di kolom komentar agar dapat membantu teman-teman yang lain ketika mencari website jurnal internasional.

Post a Comment for "13 Rekomendasi Website Pencari Jurnal Internasional"