Iklan Uptitle

Cara Mudah Membuat Video Kolase di HP Android

Banyaknya konten-konten yang tersebar di YouTube, media sosial, atau platform lainnya menjadikan para konten kreator semakin bersaing untuk menarik penonton dengan membuat konten yang baru, unik, dan tentunya menarik.

Salah satunya adalah dengan membuat video kolase keren dengan bantuan sebuah aplikasi Android. Tidak perlu takut tidak bisa menggunakannya, karena aplikasi ini mudah digunakan dan kamu tidak perlu memiliki skill khusus editing video untuk membuat video kolase.

Cukup dengan menggunakan smartphone di tangan kamu sudah bisa melakukan pekerjaan ini dengan cepat dan efisien. Bagaimana tutorialnya? Berikut ulasannya.

Cara Membuat Video Kolase di Android dengan Mudah


Membuat video kolase atau menggabungkan beberapa video menjadi satu frame di Android merupakan hal yang cukup mudah dilakukan sekalipun oleh pemula yang baru ingin membuat video kolase tersebut.

Langkah-langkah membuat video kolase:

Langkah 1: Jika belum memiliki aplikasi PhotoGrid, download dan instal terlebih dahulu dengan klik tautan ini.

Langkah 2: Buka aplikasinya, pilih menu Kotak-kotak atau Grid (1). Beri izin aplikasi jika meminta akses ke media storage. Kemudian pilih video yang akan dibuat kolase (2). Kamu bisa memilih dua video untuk membuat kolase dan maksimal empat video. Di sini kamu bisa langsung memilih layout (tata letak) (3) atau bisa juga klik Lanjut/Next dulu (4) kemudian baru pilih layout.

Langkah 3: Nah jika pada tahap sebelumnya kamu belum memilih layout, kamu bisa memilihnya di menu Layout.

Langkah 4: Tap menu Rasio untuk menentukan perbandingan panjang dan lebar video. Kamu bisa memilih perbandingan 1:1 jika ingin diupload ke Instagram, 16:9 jika ingin diupload ke YouTube, atau pilih Rasio lain sesuai dengan yang diinginkan.

Langkah 5: Tap menu Berurutan untuk memainkan video kolase secara bergantian, misalnya agar suara tidak menjadi noise. Sentuh menu tersebut untuk Putar semua agar memutar video dan audio secara bersamaan.

Langkah 6: Sentuh pada video 1 atau video 2, di sini kamu bisa:
Potong (trim) yakni untuk memotong pada awal dan akhir video dan mengambil bagian video yang kamu inginkan.
Tukar (swap) untuk mengubah posisi video ke posisi yang dinginkan.
Pas (fit) untuk menyesuaikan tampilan video, bisa Fit in dan Fit out.
Nonaktifkan (On/Off) speaker kamu bisa menyalakan/mematikan suara sesuai kebutuhan.
gb 5
Hapus (delete) untuk menghapus video yang terseleksi.

Untuk video lainnya bisa edit dengan tools yang sama seperti yang dijelaskan di atas. Kemudian sentuh ikon panah ke bawah untuk kembali ke menu utama.

Langkah 7: Menu musik untuk menambahkan musik ke dalam video. Kamu bisa menambahkan musik yang telah disediakan oleh PhotoGrid maupun musik dari ponsel kamu sendiri dengan sentuh Musik Saya.

Langkah 8: Kemudian ke menu Latar (background), tambahkan background bisa berupa gambar, warna solid, maupun background motif yang disediakan PhotoGrid.

Langkah 9: Tap menu Text jika kamu ingin menambahkan kata-kata tertentu atau kata-kata bijak. Kemudian menu Stiker jika ingin menambahkan stiker lucu ke video kolase.

Langkah 10: Untuk watermark, kamu bisa ubah sesuai dengan keinginan atau hapus jika dirasa tidak diperlukan. Jika dirasa semuanya sudah selesai, sentuh lanjut/Next kemudian Save. Tunggu proses render video selesai, jika sudah selesai video akan tersimpan ke Galeri di Album PhotoGrid.

Itulah cara membuat video kolase di Android dengan menggunakan aplikasi yang sangat populer yakni PhotoGrid. Dengan aplikasi PhotoGrid kamu juga bisa berkreasi dengan foto maupun video milikmu menjadi sebuah konten yang menarik untuk dilihat. Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba...

0 Response to "Cara Mudah Membuat Video Kolase di HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel