Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Tempat di Google Maps [Ponsel & PC]

Menambahkan Tempat di Google Maps
Google Maps menjadi salah satu layanan milik Google yang paling banyak digunakan dan memiliki manfaat yang sangat besar. Dari layanan ini kamu dapat mencari lokasi-lokasi yang belum pernah kamu kenal dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, apalagi terdapat fitur street view yang dapat menggambarkan secara 360 derajat pada jalan dan kenampakan sisi-sisi jalan tersebut.

Menariknya, selain dapat melihat jalan dengan fitur street view, kamu juga akan mendapatkan nama-nama tempat pada lokasi tertentu misalnya nama kantor, sekolah, pom bensin, restoran, dan lain sebagainya. Jika kita klik nama tempat tersebut maka akan tampil detail lokasinya dari nomor telepon, nama situs, jam buka atau jam operasional, hingga foto-foto dan video dari tempat tersebut. Bahkan penilaian lokasi juga ada.

Bagi pelaku bisnis atau pengelola lokasi umum, menambahkan tempat di Google Maps untuk mengenalkan bisnis atau suatu tempat ke masyarakat adalah hal yang penting sekarang ini, disamping bisa promosi gratis kamu juga bisa menjangkau banyak orang dari lokasi yang jauh dari tempat bisnis berada.

Di Google Maps kamu bisa menambahkan nama tempat, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan lain sebagainya. Cukup menggunakan akun Google yang kamu miliki, kamu dapat menambahkan detail bisnis agar mudah ditemukan orang lain yang membutuhkan keberadaan bisnismu.

Cara Menambahkan Tempat di Google Maps di Ponsel

Untuk menambahkan tempat ke Google Maps sebenarnya cukup mudah, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Buka aplikasi Google Maps yang telah terinstal di smartphone. Jika belum mengupgrade ke versi yang lebih baru kamu bisa upgrade dengan klik tautan ini.
2. Sentuh tombol navigasi titik tiga di pojok kiri atas pada layar smartphone. Kemudian gulir layar sedikit ke bawah, lalu pilih 'Add a missing place'.
Menambahkan Tempat di Google Maps Lewat Ponsel

3. Masukkan nama tempat yang ingin ditambahkan pada kolom isian Name, masukkan kategori yang sesuai dengan tempat tersebut pada Category (muncul otomatis di dropdown) di sini misalnya pilih Restaurant, dan masukkan juga lokasi dengan memasukkan nama desa/kelurahan, kecamatan, atau kabupaten/kota. Jika lokasinya belum akurat kamu bisa sentuh pada bagian 'Update location on map' dan sesuaikan lokasi dengan akurat di sini, kemudian klik OK.
Menambahkan Tempat di Google Maps Lewat Ponsel

6. Selanjutnya sentuh pada 'Add phone, hours,...' dan isi 'Hours' dengan jam buka/operasional, isi Contact dengan nomor telepon, isi Website dengan nama situs, dan isi Opening date dengan tanggal dibukanya tempat bisnis tersebut(1).
Menambahkan Tempat di Google Maps Lewat Ponsel
Tambahkan juga foto mengenai lokasi tersebut untuk lebih meyakinkan pihak Google saat mereview. Tujuannya agar tempat tersebut besar kemungkinan disetujui untuk ditambahkan di Google Maps (2). Jika sudah klik ikon kirim yang ada di pojok kanan atas layar (3).

7. Setelah dikirim, maka tempat tersebut akan direview terlebih dahulu, jadi tidak akan langsung tampil. Biasanya memakan waktu 1-3 hari, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa sampai 1-2 minggu.

Cara Menambahkan Tempat di Google Maps Lewat PC atau Laptop

Untuk menambahkan lokasi melalui PC atau laptop, sebenarnya tahapannya sama seperti jika melalui ponsel, berikut langkah-langkahnya.
1. Buka terlebih dahulu browser yang ada di PC atau laptop kamu, bisa Chrome, Mozilla Firefox, atau browser lain yang terinstal di komputer kamu.
2. Ketikkan alamat https://www.google.com/maps untuk membuka Google Maps di browser.
3. Sebelum lanjut, login terlebih dahulu menggunakan akun Google (Gmail) dan password yang kamu miliki.
4. Klik ikon navigasi titik tiga yang ada di kiri atas, kemudian akan muncul menu, gulir menu pilih 'Tambahkan tempat'.
Menambahkan Tempat di Google Maps Lewat PC

5. Isi nama tempat pada bagian Nama dan isi Kategori yang otomatis akan muncul berupa menu dropdown.
Menambahkan Tempat di Google Maps Lewat PC

Isi juga bagian lokasi dengan mengetikkan nama desa/kelurahan, kecamatan, atau kabupaten/kota. Atau bisa langsung klik 'Update lokal di peta' untuk menyesuaikan 'pin lokasi' secara manual agar sesuai dengan lokasi real-nya.
Menambahkan Tempat di Google Maps Lewat PC

6. Kemudian isi jam buka, kontak, alamat situs, dan juga tanggal pembukaan. Tambahkan juga foto. Terakhir klik Kirim.
Menambahkan Tempat di Google Maps Lewat PC

7. Tunggu Google mereview dan menyetujui tempat yang kita ajukan.

Penutup

Itulah cara menambahkan tempat di Google Maps di ponsel dan lewat PC dengan browser. Jika lokasi yang kamu tambahkan disetujui oleh Google maka tempat yang kamu tambahkan akan muncul nama tempat dan detail yang kamu masukkan.

Bagikan juga lokasi tersebut di media sosial yang kamu miliki agar lebih banyak orang lain yang mengetahui. Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Post a Comment for "Cara Menambahkan Tempat di Google Maps [Ponsel & PC]"