Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengubah Video Menjadi MP3 di Android Tanpa Aplikasi

Mengubah video menjadi mp3 di ponsel Android tanpa aplikasi merupakan suatu hal yang mudah saat ini. Karena selain menggunakan aplikasi yang bisa kamu unduh dari Play Store sebenarnya kamu juga bisa menggunakan tools online untuk mengubah video menjadi mp3, dengan cara ini kamu tidak perlu install aplikasi apapun.

Cukup mengunakan browser yang terinstal di ponsel, kamu sudah bisa melakukannya. Cara ini juga bisa meringankan kinerja ponsel karena tidak menambah-nambah aplikasi untuk diinstall. Bagaimana cara menggunakan tools online tersebut, berikut langkah-langkahnya:

Cara Mengubah Video Menjadi MP3 di Android Tanpa Aplikasi

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah video menjadi MP3 secara online tanpa aplikasi. Di bawah ini kami berikan tools online yang sering digunakan.

Mengubah Video ke File MP3 yang Tersimpan di Galeri

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling simpel karena alurnya yang cukup singkat, yakni upload - pilih hasil konversi - download. Kita akan menggunakan Freemake.com untuk proses konversi tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan file video yang akan diubah menjadi MP3. Kemudian buka situs Freemake.com Video Converter melalui browser ponsel.

2. Pilih file video dengan klik Select file, cari videonya di ponsel.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 1

3. Pada bagian Format kita pilih MP3.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 2

4. Kemudian klik tombol Convert now, maka proses konversi akan berjalan. Setelah proses mengubah file menjadi MP3 selesai, maka download akan mulai secara otomatis.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 3

Mengubah Video ke MP3 yang Tersimpan di Galeri, Dropbox, Google Drive, dan URL

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, kelebihan di Convertio.co yakni kamu bisa menambahkan banyak file sekaligus dalam satu kali proses konversi.

Jadi jika kamu ingin mengubah banyak file tidak perlu mengulang-ulang satu per satu karena tentu hal ini akan membuang-buang waktu.

Selain itu di Convertio.co mendukung banyak sekali format seperti MP3 dan sejenisnya, Convertio.co mendukung lebih dari 200 format. Cara menggunakan Convertio.co berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs Convertio.co untuk mengubah video menjadi format apapun.

2. Klik pada tombol Pilih File, kamu juga bisa memilih sumber video dari Dropbox, Google Drive dan URL dengan klik tanda panah di sebelah Pilih File.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 4

2. Pada contoh di tutorial ini kita pakai 'Pilih File' video dari media penyimpanan ponsel (upload manual dari galeri/file manager).

3. Kemudian memilih hasil konversi, kita pilih MP3. Selanjutnya klik Konversi.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 5

4. Tunggu hingga proses upload dan konversi dari video ke MP3 selesai. Terakhir klik Download untuk menyimpan file di ponsel.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 6

Mengubah Video ke MP3 dari YouTube

YouTube merupakan portal penyedia streaming video terbesar di dunia sehingga tentu ada banyak sekali video yang bisa kita tonton. Salah satunya kamu bisa menonton video klip dan mendengarkan lagu dari musisi-musisi di seluruh dunia.

Jika kamu ingin mengubah video klip lagu tersebut menjadi MP3 saja agar bisa dimainkan secara online, kamu bisa menggunakan cara di bawah ini.

1. Sebelum memulai, kita harus tahu URL video di YouTube terlebih dahulu. Caranya buka aplikasi YouTube yang ada di smartphone. Kemudian cari video yang akan diubah menjadi MP3.

2. Jika sudah ketemu, mainkan videonya. Kemudian klik ikon Share, pilih Copy link.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 7

3. Buka browser yang ada di ponsel, kemudian masuk ke situs YtMP3 untuk proses mengubah dari video ke MP3.

4. Pastekan link video youtube hasil copy link sebelumnya. Kemudian klik Convert, tunggu hingga proses konversi selesai.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 8
5. Setelah itu klik Download untuk menyimpan file mp3 tersebut ke hpmu.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 9

Mengubah Video ke MP3 dari YouTube [2]

1. Hampir sama seperti tutorial sebelumnya, pada saat copy link, pastekan link di situs Y2Mate.com pada browser ponsel. Kemudian klik tombol panah putih.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 10

2. Scroll sedikit ke bawah, klik MP3, kemudian klik Download.
Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 11
Alternatif:
Jika kamu menonton YouTube melalui browser ponsel bukan pada aplikasi YouTube, maka kamu bisa menyisipkan 'pp' di akhir nama youtube, berikut lebih jelasnya.

Klik pada tab URL, edit URL-nya tambahkan karakter 'pp' antara youtube dan .com/watch?v=... sehingga menjadi youtubepp.com/watch?v=... Maka akan dialihkan ke Y2Mate.com.

Cara Mengubah Video ke MP3 di Android Tanpa Aplikasi 12

Itulah empat cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah video menjadi mp3 di android tanpa aplikasi. Untuk mengubah video menjadi audio, sebenarnya masih banyak situs lain yang serupa dengan situs yang dibahas di sini.

Sekarang kamu sudah bisa mengubah sebuah video menjadi mp3 atau audio. Dengan cara-cara di atas kamu juga bisa mengubah video klip lagu menjadi mp3 agar bisa kamu dengarkan di music player smartphone kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

Post a Comment for "4 Cara Mengubah Video Menjadi MP3 di Android Tanpa Aplikasi"