Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Panjang (Smart Capture) di HP Samsung

Screenshot atau mengambil gambar tampilan layar merupakan suatu hal yang sering sekali dilakukan, bahkan di media elektronik maupun media sosial banyak bertebaran screenshot-screenshot tersebut. Ada banyak faktor kenapa orang banyak melakukan screenshot di antaranya adalah karena terdapat informasi penting yang ada di layar, ada sesuatu hal yang lucu, atau hal lainnya.

Namun pernahkah kamu mencoba melakukan screenshot dengan tampilan yang harus di-scroll agar tampil? Misalnya kamu ingin men-screenshot seluruh halaman situs sampai ke bawah pasti nggak mungkin kan cuma screenshot yang paling atas saja?

Nah di artikel ini kami akan membahas tutorial bagaimana caranya melakukan screenshot panjang atau biasa dikenal dengan tangkap cerdas (smart capture) di smartphone Android Samsung.

Samsung memiliki fitur screenshot panjang untuk memudahkan penggunanya mengabadikan momen penting yang tampil di layar dengan cara menggulirnya hingga sampai ke paling bawah. Agar tidak bingung dengan kalimat-kalimat pembuka ini, mari simak caranya berikut ini.

Di sini kami menggunakan ponsel Samsung Galaxy A3 2016 sebagai alat untuk membantu membuat tutorial ini, sudah agak ketinggalan ya... Tapi ini sangat membantu kamu karena jika versi ponselmu lebih baru dari ponsel yang digunakan di tutorial cara screenshot panjang di Samsung ini, maka fitur ini pasti ada dan bisa dilakukan.

Cara Screenshot Panjang (Smart Capture) di Ponsel Samsung

Tampilan pengaturan ponsel Samsung sepertinya semuanya hampir sama jadi kamu bisa langsung mengikuti tutorial di bawah ini:

Langkah 1: Buka menu Pengaturan atau Setting di ponsel Samsung kamu.
Langkah 2: Pilih Fitur lanjutan atau Advanced features. Jika tidak menemukan submenu tersebut, kamu bisa mencarinya dengan menyentuh ikon pencarian di pojok kanan atas layar, ketikkan Fitur lanjutan atau Advanced features jika menggunakan bahasa Inggris.
Cara Screenshot Panjang HP Samsung 1

Langkah 3: Pada bagian Tangkap cerdas (Smart capture) atur menjadi aktif. Seperti yang ditampilkan gambar berikut ini.
Cara Screenshot Panjang HP Samsung 2

Langkah 4: Selesai, kamu bisa mencobanya dengan screenshot panjang. Screenshot panjang di ponsel Samsung jika aktif akan menampilkan Tangkap gulir (Scroll capture).
Cara Screenshot Panjang HP Samsung 3

Itulah tutorial singkat dan mudah dilakukan untuk mengaktifkan screenshot panjang di smartphone Samsung. Sekarang kamu bisa menangkap layar sampai bagian yang tersembunyi sekalipun seperti screenshot halaman situs yang panjang, screenshot percakapan di WhatsApp, screenshot dokumen Word, dan lain sebagainya. Selamat mencoba...

Post a Comment for "Cara Screenshot Panjang (Smart Capture) di HP Samsung"