Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Terbaik di HP Android

Pemasukan dan pengeluaran merupakan dua buah komponen finansial yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Ada yang memiliki pemasukan lebih besar dari pengeluaran, ada yang pengeluaran sama dengan pemasukan alias ngepas, dan ada yang pengeluaran lebih besar daripada pendapatan alias "besar pasak daripada tiang".

Bagi kamu yang mengalami kondisi kedua dan ketiga di atas, mungkin kamu perlu solusi yang tepat salah satunya adalah menata kembali keuangannya dan mengevaluasi pengeluaran-pengeluaran yang ada.

Tidak perlu seorang akuntan yang mahir di bidangnya, saat ini sudah cukup banyak aplikasi pengelola keuangan pribadi untuk Android yang bisa kamu manfaatkan sebagai 'akuntan' pribadimu untuk mengatur keuangan sehari-hari.

10 Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Ponsel Android Terbaik 2020

Ada banyak aplikasi pengatur keuangan di Play Store yang bisa kamu unduh, namun kami memiliki 10 rekomendasi terbaik yakni sebagai berikut:

1. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 1
AndroMoney merupakan salah satu aplikasi pengelola keuangan populer di Play Store. Aplikasi ini bisa dibilang memiliki fitur yang cukup lengkap dengan beberapa fitur unggulannya.

Aplikasi ini dapat memonitor pengeluaran dan pemasukan dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami namun rinci dan jelas. Jadi kamu tidak perlu pusing dengan angka-angka yang ada ketika menggunakan aplikasi ini, karena tampilan aplikasi yang mudah digunakan.

Selain itu aplikasi ini juga bisa mensinkronkan diri di perangkat lainnya, jadi saat kamu membuka AndroMoney di perangkat lain data akan tetap sama dan selalu up to date.

2. Sepran (Expense Manager)

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 2
Aplikasi pengelola keuangan pribadi selanjutnya adalah Sepran Express Manager. Aplikasi ini akan mambantu kamu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran setiap hari secara mudah dan cepat.

Salah satu fitur yang memudahkan adalah cukup memasukkan jumlah pemasukan atau pengeluaran di kategori yang sesuai maka otomatis aplikasi ini akan menghitun sendiri. Selain itu, alplikasi Sepran ini dapat berjalan meskipun tanpa koneksi internet. Sehingga kamu bisa menggunakan aplikasi ini di manapun dan kapanpun.

Fitur pendukung lainnya seperti mem-backup ke Google Drive juga dapat membantu mengamankan data jika tiba-tiba data hilang atau karena sebab lain yang tanpa disengaja terjadi.

3. Monefy - Money Manager

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 3
Ingin mengetahui pengeluaran apa saja pada hari ini dan hari-hari sebelumnya secara mudah? Jika iya, maka kamu perlu menggunakan salah satu aplikasi pengelola keuangan yang satu ini.

Aplikasi ini memiliki desain tampilan yang nyaman dan enak dilihat. Tentu kamu tidak ingin kan aplikasi hitung-hitungan yang rumit apalagi dalam hal keuangan. Nah... dengan aplikasi Monefy semua itu bisa dihindari karena tampilannya yang sederhana dengan visualisasi yang menarik.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi widget sehingga kamu tidak perlu membuka aplikasi tiap ingin menginput pemasukan maupun pengeluaran. Kamupun bisa mengamankan data dengan cara mensinkronkan data ke akun Google Drive atau Dropbox milikmu.

4. Catatan Keuangan Harian

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 4
Pengembang aplikasi Asyncbite Software menawarkan sebuah aplikasi pengelola keuangan sederhana yang mudah digunakan namun memiliki fitur-fitur inti yang sangat berguna. Aplikasi ini dapat membantu kamu mencatat pemasukan dan pengeluaran harian, menghitung selisih antara keduanya, dan laporan perbulan.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menyimpan laporan keuangan ke bentuk Excel (xls atau spreadsheet), melihat riwayat transaksi pengeluaran sebelumnya, dan menambah kategori baru untuk pemasukan dan pengeluaran, dan fitur keamanan berupa PIN saat akan masuk ke aplikasi.

Aplikasi pengelola keuangan pribadi ini cukup populer di Play Store dengan jumlah unduhan mencapai 1 juta. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis di Play Store.

5. Financisto - Personal Finance Tracker

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 5
Financisto merupakan aplikasi pengelola keuangan pribadi yang bisa digunakan untuk beberapa akun sekaligus (multiple accounts) dan berbagai mata uang di dunia. Aplikasi ini dapat membantu kamu dalam urusan keuangan di antaranya mengetahui seberapa baik atau buruknya siklus keuangan kamu sekarang ini.

Di aplikasi Financisto kamu dapat mencatat semua pemasukan dan pengeluaran sehari-hari dengan mudah. Jadi jika suatu saat ada yang kurang atau bertambah kamu bisa langsung mengeceknya di aplikasi ini. Karena aplikasi ini akan menampilkan semua transaksi keluar lengkap dengan tanggal transaksi berlangsung.

Selain itu kamu tidak perlu khawatir dengan data di Financisto, karena aplikasi ini secara otomatis akan membackup data setiap harinya bisa ke Google Drive ataupun Dropbox.

6. Money Lover - Money Manager

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 6
Aplikasi pengelola keuangan pribadi yang satu ini adalah salah satu yang terbaik di Play Store dan pernah mendapatkan beberapa penghargaan aplikasi finance seperti: Best of 2017 App, Editors' Choice App, dan Google Top Developer.

Money Lover ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengelola pemasukan dan pengeluaran harian agar bisa lebih teratur dan terkendali. Terdapat fitur budget, savings, events, dan wallets yang akan mengatur kemana rencana uang akan dibelanjakan misalnya untuk kebutuhan harian, transportasi, hingga hiburan.

Banyak kemudahan yang bisa kamu temukan saat menggunakan aplikasi ini. Terdapat juga visualisasi grafik yang menunjukkan keuanganmu. Dan yang paling unik adalah ada pemberitahuan agar kita menabung, lho.

7. Sprouts: Money Manager

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 7
Ingin aplikasi pengelola keuangan yang gratis namun bebas iklan? Kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Sprouts ini. Aplikasi ini akan membantu kamu agar lebih bisa mengatur pengeluaran dengan cara yang mudah melalui aplikasi.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mendata pengeluaran harian seperti biaya untuk makan, transportasi, dan telekomunikasi termasuk paket data internet bulanan. Terdapat juga tampilan akun yang akan menampilkan semua aset atau penghasilan.

Di aplikasi ini kamu juga bisa menampilkan data untuk transaksi pengeluaran hari ini, pengeluaran satu minggu, pengeluaran satu bulan, bahkan tampilan pertahun. Jadi kamu bisa melihat semua data yang terinput di aplikasi ini meskipun sudah cukup lama.

8. Cash Droid

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 8
Dilihat dari namanya aplikasi ini mirip aplikasi penghasil uang, tetapi aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi pengelola keuangan pribadi yang bisa digunakan mengatur pengeluaran dan pemasukan uang serta mencatat semua transaksi yang terjadi.

Aplikasi ini juga dapat menampilkan grafik keuangan, dengan grafik ini kamu bisa lebih mudah untuk memahami dan membaca data di aplikasi ini.

Hampir sama dengan aplikasi AndroMoney, di aplikasi Cash Droid kamu juga dapat mengelompakkan ke dalam kategori tertentu untuk setiap pemasukan dan pengeluaran. Dengan fitur ini tentu akan lebih mudah untuk mencari suatu data jika suatu saat diperlukan.

9. 1Money - Expense Tracker

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 9
Aplikasi yang dikembangkan oleh PixelRush ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan dari periode harian, bulanan, hingga bulanan. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengelola semua pemasukan dan pengeluaran dengan mudah dan efisien.

Beberapa fitur unggulan yang tersedia di aplikasi ini diantaranya adalah kamu bisa merencanakan budget yang disesuaikan dengan pendapatan, menggunakan beberapa mata uang secara realtime, melacak (tracking) debit dan tabungan untuk memastikan budget cukup untuk kebutuhan sehari-hari sehingga dapat mengendalikan keuangan ketika ada pengeluaran tak terduga.

Selain itu, jika kamu mendapatkan pendapatan tambahan atau penghasilan tak terduga fitur pelacakan ini juga bisa dimanfaatkan untuk sarana menabung.

10. Money Manager Expense & Budget

Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi di Android 10
Aplikasi terakhir untuk mengelola keuangan pribadi ada Money Manager Expense & Budget, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi financial terpopuler yang ada di Play Store. Dengan aplikasi ini pengelolaan keuangan dapat dengan mudah dikerjakan.

Fitur yang diberikan aplikasi ini juga cukup lengkap, di mana kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencatat pemasukan, mencatat pengeluaran, merencanakan anggaran belanja bulanan, dan menabung agar bisa mencapai jumlah tertentu.

Terdapat juga fitur pendukung seperti melihat statisik pada semua data yang diinput berdasarkan kategori, mem-bookmark inputan tertentu yang sering dimasukkan misalnya membeli pulsa listrik atau membeli paket data dan masih banyak fitur lainnya.

Penutup
Itulah 10 aplikasi pengelola keuangan di Android yang bisa kamu gunakan. Pada awal menggunakan aplikasi ini mungkin kelihatannya ribet dan menambah-nambah aktivitas, namun perlu diketahui kegiatan tersebut nantinya sangatlah membantu memperbaiki kondisi finansial dalam jangka waktu yang lama.

Butuh waktu, niat, dan konsistensi untuk membiasakan diri selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran. Di minggu pertama kamu bisa mencoba dengan mencatat keuanganmu di hari ketujuh coba lihat grafik pengeluaran dan pendapatan dan coba analisa kira-kira pengeluaran mana yang kurang penting dan harus dihindari kemudian bisa kamu alihkan ke menabung atau memulai bisnis kecil-kecilan.

Demikianlah singkatnya, semoga kita termasuk orang-orang yang pandai mengatur keuangan terutama di masa muda agar masa depan kita lebih baik lagi...

Post a Comment for "10 Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Terbaik di HP Android"