Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik di Smartphone Android

Membuat animasi di ponsel Android? Mungkin bagi yang baru mendengar terasa tidak mungkin karena video animasi tentu membutuhkan skill yang tinggi mengenai aplikasi yang digunakannya dan harus menggunakan komputer.

Namun anggapan itu tidaklah sepenuhnya benar karena sekarang ini dengan kemajuan teknologi yang dibenamkan ke Android kamu bisa dengan mudah membuat animasi di Android. Bahkan bisa jauh lebih sederhana jika dibanding dengan membuatnya di perangkat komputer.

Buat kamu yang ingin tahu apa saja aplikasi untuk membuat video animasi di Android, berikut ini ulasannya.

Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik di Smartphone Android

Di Play Store kamu bisa menemukan banyak aplikasi pembuat animasi di Android. Namun dari banyak aplikasi tersebut kami telah mengambil enam di antaranya sebagai rekomendasi terbaik yang bisa kamu unduh dan instal di smartphone-mu.

1. FlipaClip

Aplikasi Pembuat Animasi di Android - FlipaClip
FlipaClip merupakan aplikasi pembuat video animasi di Android yang sangat populer, bahkan FlipaClip menjadi aplikasi pilihan editor hal ini menandakan tidak perlu lagi meragukan kemampuannya.

FlipaClip membuat animasi dengan cara menggabungkan banyak gambar yang memiliki urutan gerakan tertentu, teknik ini biasa dikenal dengan frame by frame. Beberapa fitur yang bisa ditemukan di antaranya adalah drawing layers, audio library, timeline, hingga tool untuk menggambar.

Tools menggambar di aplikasi ini juga bisa dibilang lengkap untuk para animator bermodal smartphone. Tampilan antarmuka FlipaClip pun tidak rumit, jadi meskipun baru menggunakan aplikasi pasti dengan cepat bisa menguasai tools dan fitur yang ada di sini.

2. Stick Nodes

Aplikasi Pembuat Animasi di Android - Stick Nodes
Sebelumnya pernah melihat karakter stickman? Jika ya, maka kamu dapat membuatnya dengan menggunakan aplikasi Stick Nodes. Tokoh stickman ini juga memiliki versi game-nya lho, sebagian dari kalian mungkin pernah memainkan game ini.

Untuk membuat sendiri animasi stickman menggunakan aplikasi Stick Nodes kamu bisa menggerak-gerakan node yang ada pada karakter atur juga pada setiap frame yang dibuat. Fitur yang disediakan cukup kompleks, kamu bisa mencobanya satu persatu untuk mengetahui kegunaannya sekaligus mempelajari penggunaan tools-nya.

Di Stick Nodes kamu dapat mengekspornya menjadi format GIF dan format MP4. Namun untuk bisa mengekspor menjadi video, terlebih dahulu harus beralih ke versi Pro.

3. Draw Cartoons 2

Aplikasi Pembuat Animasi di Android - Draw Cartoons 2
Tidak mau ribet menggambar sendiri tokoh animasi yang akan dibuat? Kamu bisa mencoba Draw Cartoons 2, karena aplikasi ini memiliki koleksi template karakter gratis yang siap digunakan.

Kamu bisa memilih salah satu tokoh tersebut kemudian mengedit setiap gerakannya agar lebih hidup dan tidak kaku, lakukan tiap frame yang ada. Jika membutuhkan background untuk latar video Draw Cartoons sudah menyiapkannya, tinggal dipilih saja.

Animasi yang dihasilkan dari aplikasi ini juga cukup halus dengan adanya fitur keyframes. Selain itu, terdapat juga fitur menambahkan musik untuk backsound serta voice over untuk mengisi suara. Keren kan?

4. Stick Fighter

Aplikasi Pembuat Animasi di Android - Stick Fighter
Dilihat dari namanya kamu pasti bisa menebak kira-kira seperti apa hasil dari membuat animasi di aplikasi ini. Stick Fighter merupakan aplikasi pembuat animasi di android yang sangat sederhana namun masih memiliki keunikan tersendiri.

Aplikasi ini menerapkan teknik frame by frame dalam proses pembuatan animasi di mana kamu harus mengatur setiap gerakan dalam setiap framenya.

Saat melakukan aditing kamu bisa mengubah warna, ukuran, menambahkan atribut seperti sword, axe, bow, dan arrow ke karakter untuk fighting, dan lain sebagainya. Aplikasi yang satu ini sangat cocok buat kamu yang suka buat animasi bertarung yang seru.

5. Animate free!

Aplikasi Pembuat Animasi di Android - Animate Free!
Aplikasi pembuat animasi di Android lainnya yakni Animate free!. Seperti namanya kamu bisa membuat video animasi secara gratis menggunakan aplikasi ini.

Karakter yang ditampilkan di sini juga cukup unik yakni berupa manekin. Untuk mengubah pose ataupun gerakan bisa menggunakan 'touch and drag' atau sentuh dan seret ke posisi yang diinginkan. Untuk mengubah posisi kamera sentuh layar pada bagian area bebas dan gunakan dua jari untuk melakukan zoom in dan zoom out.

Aplikasi ini cocok digunakan oleh semua kalangan termasuk para YouTuber ber-niche animasi untuk channelnya.

6. Toontastic 3D

Aplikasi Pembuat Animasi di Android - Toontastic 3D
Toontastic merupakan aplikasi pembuat animasi 3D di Android yang dibuat oleh Google. Di sini kamu bisa membuat sendiri gambar, narasi cerita, dan pergerakan animasinya. Terdapat juga pilihan cerita yang bisa kamu pilih untuk storytelling, yakni: short story, classic, dan science report.

Toontastic memungkinkan penggunanya untuk mengisi suara pada karakter yang ingin dimainkan langsung di aplikasi. Tidak hanya itu kamu juga bisa mengganti wajah tokoh menjadi foto wajah kamu lho, keren kan.

Mengenai jalan cerita, kamu tidak perlu bingung karena Toontastic telah menyediakan storyboard yang bisa kamu gunakan. Setelah jadi, ekspor menjadi video animasi agar bisa dilihat oleh orang lain atau upload di media sosial atau YouTube siapa tahu banyak yang suka.

Itulah daftar aplikasi pembuat video animasi di Android rekomendasi dari kami. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya daftar di atas kira-kira mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Saat pertama membuat animasi mungkin kamu akan merasa kesulitan karena selain di ponsel yang layarnya relatif kecil, kebanyakan juga pasti menggunakan jari untuk menggambar ini mungkin sulit bagi pemula tetapi yakinlah jika sudah biasa akan menjadi mudah, mungkin malah terasa lebih simpel jika harus menggunakan komputer. Selamat mencoba tetap tekun dan semoga sukses...

Post a Comment for "6 Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik di Smartphone Android"