Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memotong Video di InShot Lengkap Disertai Gambar

Konten video sekarang ini menjadi primadona hiburan masyarakat khususnya para netizen yang banyak menghabiskan waktu di internet termasuk media sosial.

Namun pernahkah kamu saat ingin mengupload video dengan durasi yang panjang tidak bisa terupload, misalnya video Instagram yang maksimal 1 menit atau pernahkah kamu ingin menghapus bagian awal video atau akhir video yang tidak penting namun tidak mengerti caranya?

Tenang, kamu sudah punya jawabannnya kok, cukup menggunakan aplikasi InShot semua itu dengan mudah bisa diselesaikan. Caranya akan kita ulas di artikel ini.

Memotong video atau biasa dikenal dengan istilah video trimming merupakan salah satu teknik editing video yang sangat dasar. Dan bagi pemula sekalipun pasti langsung bisa jika mengikuti tutorial memotong video seperti yang akan kita bahas.

Tidak seperti dulu yang harus menggunakan aplikasi di komputer, sekarang cukup menggunakan smartphone di genggaman kamu sudah bisa trim video dengan cepat dan mudah. Bahkan jika dibandingkan dengan aplikasi di komputer, menggunakan aplikasi di smartphone bisa jauh lebih mudah serta proses ekspor relatif lebih cepat.

Cara memotong video di InShot dengan Mudah

Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk memotong video di InShot. Kamu bisa melakukannya menggunakan smartphone Android dan iPhone. Di sini kami menggunakan Android untuk tutorialnya.

1. Sebelumnya kamu harus menginstal dahulu aplikasi InShot dari Play Store.

2. Jika sudah diinstal masuk ke aplikasi dan pilih menu Video. Kemudian cari file video yang ingin dipotong, kamu bisa memilih lebih dari satu video namun sebagai contoh kita gunakan satu video saja. Setelah itu, klik tombol hijau.
Cara Memotong Video di InShot - 1

3. Masuk ke tampilan utama editor, di tampilan ini pilih menu Trim dengan ikon gambar gunting.
Cara Memotong Video di InShot - 2

4. Tampilan Trimming Editor:
Cara Memotong Video di InShot - 3

[Gambar Kiri] Atur posisi awal dan akhir dengan menggeser bulatan kecil hijau di samping kiri untuk awal video dan samping kanan untuk akhir video.

[Gambar Kanan] Jika sudah, klik ikon Play di tengah video atau Hasil Seleksi (paling bawah) untuk melihat hasil memotong video. Gunakan Hasil Seleksi jika ingin memotong video lebih lanjut dan detail. Setelah sesuai dengan yang diinginkan klik Centang.

Catatan: Terdapat 3 pilihan: Trim: memotong bagian awal dan akhir video. Cut: memotong bagian tengah-tengah video yang tidak diperlukan. Split: Memisahkan video menjadi dua bagian atau beberapa bagian.

6. Video berhasil dipotong, klik Simpan di kanan atas untuk menyimpan video. Jangan lupa klik Simpan lagi. Kemudian pilih resolusi untuk video yang akan diekspor, pilih resolusi 1080P untuk hasil yang paling bagus. Namun resolusi ini tentu menghasilkan file video paling besar dibanding dengan resolusi di bawahnya. Selesai.
Cara Memotong Video di InShot - 4

Itulah cara memotong video di InShot, mudah banget kan? Mungkin pertama kali kamu agak bingung mengenai tools yang ada di aplikasi ini. Namun jika sering mengedit di InShot kamu akan menemukan kemudahan dengan tools yang sangat berguna juga.

Selain memotong video, kamu juga bisa melakukan banyak editing di aplikasi InShot misalnya memberi efek video, filter, menambahkan judul, krop video, rotate video, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba...

Post a Comment for "Cara Memotong Video di InShot Lengkap Disertai Gambar"