Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari & Membuka Titik Koordinat Rumah di Google Maps

Berbagi lokasi memang sangat memudahkan kita untuk menuju suatu tempat, cukup klik petunjuk arah maka kita akan ditunjukkan rute menuju lokasi yang telah dibagikan tersebut.

Tentu kamu juga pernah melihat sebelumnya mengenai koordinat lokasi pada peta berupa angka, huruf, dan tanda baca namun masih bingung cara menggunakan koordinat ini.

Fitur titik koordinat ini sangatlah membantu masyarakat terutama saat mencari sebuah rumah dengan keakuratan lokasi yang tinggi.

Di samping itu, rumah kebanyakan tidak memiliki nama tempat seperti halnya toko, pasar, kantor, dan tempat publik lainnya. Jika tidak akurat maka akan sangat membingungkan bukan?

Nah, di artikel ini kita akan membahas mengenai cara mencari titik koordinat rumah dan cara membukanya di Google Maps apabila kita menerima share lokasi berupa sebuah koordinat.

Cara Mencari Titik Koordinat Rumah di Google Maps

Beberapa cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan koordinat tersebut adalah tanyakan secara langsung kepada pemilik rumah dengan memeriksanya di Google Maps atau jika kamu sudah mengetahui posisi rumah di Google Maps maka ini bisa lebih mudah, misalnya kamu ingin mengetahui koordinat dari rumahmu sendiri.

Mencari Titik Koordinat Rumah dengan Aplikasi Google Maps

1. Buka aplikasi Google Maps.
2. Untuk versi aplikasi mobile cukup tekan dan tahan lokasi rumah atau lainnya hingga muncul pin lokasi berwarna merah dan muncul keterangan Pin dipasang (Dropped pin). Periksa kembali apakah lokasi tersebut sudah benar-benar berada tepat di atas lokasi yang dimaksud.
Titik Koordinat Rumah - Google Maps

3. Jika sudah, kamu akan temukan titik koordinat berformat decimal degrees (contoh: 6.984177,110.409539) pada kolom pencarian lokasi di bagian atas tampilan Google Maps.
4. Nah, kamu bisa mengcopy titik koordinat tersebut kemudian menyimpannya atau membagikannya ke teman kamu. Jangan lupa jika ada tanda minus (-) di depan koordinat harus dicopy juga.

Mencari Titik Koordinat Rumah dengan PC/Laptop

Sebenarnya hampir sama mencari titik koordinat rumah atau tempat lainnya baik di laptop maupun di versi mobile, untuk lebih jelasnya berikut caranya:

Titik Koordinat Rumah - Google Maps

1. Buka broswer di PC atau laptop kemudian masuk ke situs Google Maps.
2. Kemudian klik pada bagian rumah atau tempat lainnya yang ingin dicari dan diketahui titik koordinatnya. Bisa juga dengan klik kanan pilih Ada apa di sini? (What's here?).
3. Maka akan muncul keterangan dan titik koordinat lokasi tersebut.
4. Kamu bisa klik koordinat tersebut kemudian copy. Selanjutnya bisa simpan atau bagikan titik koordinat itu ke temanmu.

Cara Membuka Titik Koordinat Rumah di Google Maps

Bagaimana jika kita menerima titik koordinat dari rumah teman? Untuk mencari lokasi dengan titik koordinat sebenarnya sangatlah mudah.

Cukup copy titik koordinat yang kita terima kemudian paste-kan ke kolom pencarian lokasi di Google Maps. Maka secara otomatis kita akan ditunjukkan di mana titik koordinat tersebut berlokasi.

Biasanya kita menerima titik koordinat dari Google Maps berformat Decimal Degrees (DD) misalnya seperti berikut: -6.984177,110.409539.

Namun kamu juga bisa melakukan pencarian lokasi selain format di atas, format lain itu ialah:
● Format Degrees, Minutes, and Seconds (DMS), contoh: 40°20’10.5"S 4°12’25.5"E
● Format Degrees and Decimal Minutes (DMM), contoh: 40 21.2890, 2 12.3321

Perlu diperhatikan agar berhasil mencari lokasi rumah dengan format-format yang telah disebutkan di atas maka kamu harus menuliskannya secara benar dengan format penulisan sesuai aturan.

Berikut adalah aturan untuk penulisan titik koordinat di Google Maps:
● Gunakan simbol derajat (°), bukan huruf 'd'.
● Gunakan tanda baca titik (.) untuk desimal, bukan koma (,). Misal: 3.125 bukan 3,125.
● Gunakan koordinat lintang, kemudian diikuti koordinat bujur.
● Angka pertama koordinat lintang (vertikal) yakni antara -90 dan 90 dan angka pertama koordinat bujur (horizontal) yakni antara -180 dan 180.

Itulah cara mencari dan membuka koordinat rumah di Google Maps menggunakan aplikasi mobile maupun laptop. Kamu juga bisa mencari titik koordinat lainnya di Google Maps selain rumah dengan menggunakan cara yang sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

Dengan menggunakan titik koordinat untuk berbagi lokasi, maka keakuratan lokasi juga bisa kita dapatkan. Berbeda jika menggunakan 'lokasi saat ini' karena belum tentu GPS kita akurat 99,99% - 100% terkadang bergeser 1, 5, 10, 100 meter atau bahkan sampai kilometeran dari lokasi real kita.

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba...

Post a Comment for "Cara Mencari & Membuka Titik Koordinat Rumah di Google Maps"