Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Memperpendek Link dengan Mudah dan Bisa Kustom

Memiliki link yang pendek dan mudah diingat merupakan salah satu keuntungan tersendiri apalagi jika tautan tersebut mengarah ke bisnis kita. Maka tentu lebih banyak orang yang ingat dan nyaman saat membaca link-nya.

Nah, di artikel ini kita akan membahas situs apa saja yang bisa kamu gunakan dan cara memperpendek link-nya. Ada banyak pilihan dan kamu bisa kustom URL juga lho, gratis juga.

Situs Perpendek Link dan Cara Memperpendek Link

Berikut ini merupakan daftar situs yang menyediakan layanan memperpendek URL atau link secara gratis. Kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan hasil singkatannya paling bagus. Untuk tutorial kamu bisa scroll ke bawah.

1. Bit.ly

Cara Memperpendek Link - 1
Bitly merupakan salah satu situs terbaik untuk memperpendek alamat web atau URL. Bagi sebagian orang pasti sudah pernah melihat URL pendek yang depannya berawalan bit.ly.

Selain dapat memperpendek link kamu juga dapat memantau lalu lintas yang melewati URL yang telah kita perpendek tersebut, nantinya kamu bisa tahu sudah berapa kali link diklik.

Cara memperpendek link di Bitly juga sangat mudah, pertama kunjungi situsnya terlebih dahulu. Kemudian paste-kan URL panjang yang akan kita perpendek di kotak yang telah disediakan. Maka dalam waktu singkat link akan berubah menjadi jauh lebih pendek dan siap dibagikan ke media sosial atau platform manapun.

Oh iya, di Bitly juga dapat kamu atur agar link yang diperpendek bisa kamu kustomisasi sendiri dengan cara mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun sosmed atau alamat email kalian. Tutorialnya bisa scroll ke bawah.

2. TinyURL.com

Hampir sama seperti Bitly, TinyURL juga menyediakan fitur memperpendek link atau tautan. TinyURL merupakan salah satu yang terlama dalam hal menyingkat URL yakni sejak tahun 2002.

Meskipun kini sudah tergeser dengan beberapa pesaing utamanya namun TinyURL tetap bisa kamu andalkan untuk memperpendek link. Bahkan di sini kamu tidak perlu daftar untuk membuat kustom link pendek.

3. S.id

S.id merupakan situs penyedia layanan perpendek URL yang sudah ada sejak tahun 2013, bisa dibilang masih baru bila dibandingkan dengan TinyURL.

Meskipun baru, kamu tetap bisa melakukan pemendekan link seperti halnya di situs Bitly yakni memperpendek dan mengkostumisasi hasil tautan sehingga mudah diingat oleh para pelanggan. Ini sangat menguntungkan apalagi jika kamu punya toko online atau toko di marketplace.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kinerja dari tautan tersebut seperti menganalisa lalu lintas pada link dan lokasi pengguna mengklik link, semuanya bisa kamu pantau secara real-time.

4. is.gd

Meskipun terdengar agak asing, namun ternyata is.gd memberikan beberapa pilihan menarik yang bisa bikin kamu ingin memperpendek link di sini lagi!

Di is.gd kamu bisa memperpendek link dengan tiga pilihan, yakni: Standard (random, dibuat otomatis oleh is.gd), Lower case (huruf kecil saja), dan Lower case pronounceable (huruf kecil dan singkatan dapat diucapkan/dibaca).

Dan tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengisi sendiri untuk hasil perpendek link, keren banget kan?

Selain itu, kamu juga bisa membuat link tersebut menjadi bentuk QR Code lho dan sama seperti kebanyakan penyedia sejenis lainnya, kamu dapat memantau statistik dari tautan yang kamu perpendek.

5. Tiny.cc

Satu lagi cara memperpendek link secara gratis adalah di Tiny.cc. Situs ini cocok untuk branding bisnis kalian karena bisa kamu kustom hasil URL-nya.

Cukup paste-kan link panjang kalian kemudian pada bagian kolom "tiny.cc/Custom" kalian isikan sesuai dengan keinginan lalu klik Shorten, maka jadi deh URL kustomnya, gampang kan?

Nah, agar URL brand milik kita tidak diubah oleh orang lain atau agar tidak kadaluarsa, kamu bisa mendaftar di sini dengan memasukkan username dan email yang kamu miliki. Dengan mendaftar kamu juga bisa mengedit link kapan saja.

6. Rebrandly.com

Rebrandly merupakan situs untuk memperpendek URL tebaik untuk kustomisasi link dengan nama brand sendiri. Di sini kamu bisa membuat sendiri domain yang nantinya dipakai untuk setiap tautan yang dibuat.

Selain itu, terdapat juga fitur kadaluarsa untuk tautan, analytics, dan membuat QR Code pada link yang dibuat, dan masih banyak fitur menarik lainnya. Untuk menikmati semua fitur premium yang ada di Rebrandly, kamu harus berlangganan mulai dari USD 29 per bulan, hm agak mahal kah?

Jika tidak ingin berbayar kamu masih bisa menggunakan fitur gratisnya. Nah, cara memperpendek link secara gratis di sini adalah kunjungi situs, paste-kan link pada kolom yang bertuliskan "Make your links shorter". Jika sudah klik Shorten URL, tidak membutuhkan waktu lama, link berhasil kamu perpendek.

7. AdF.ly

Cara memperpendek link yang terakhir adalah AdFly. Selain memendekkan URL kamu juga bisa dapat uang dari sini lho. Dari mana kamu mendapatkan uang? AdFly akan membayar kalian dari tautan yang dibuat di AdFly kemudian link tersebut diklik oleh orang lain.

Tentunya jika banyak orang yang mengklik link yang kamu buat maka semakin besar pula pendapatan yang kamu peroleh. Untuk pembayarannya dapat melalui PayPal.

Selain itu, kamu juga bisa melihat statistik link namun terlebih dahulu harus membuat akun di AdFly.

Cara Memperpendek Link Melalui Bitly

Bitly merupakan salah satu situs untuk memendekkan URL yang banyak digunakan saat ini. Nah berikut ini adalah cara memperpendek link melalui situs Bitly:

1. Buka situs Bit.ly di browser laptop atau smartphone kalian.

2. Kemudian paste-kan link panjang yang telah kamu copy sebelumnya di kotak yang telah disediakan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Kemudian klik Shorten, selesai. Link berhasil dipendekkan.
Cara Memperpendek Link - Bitly

Kustomisasi Link di Bitly
Untuk dapat mengkustom sendiri link di Bitly, kamu harus membuat akun terlebih dahulu bisa klik di sini, gratis. Jika sudah ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Klik tombol Create atau Create Your First Link.
Cara Memperpendek Link - Bitly

2. Paste-kan link yang telah kamu copy sebelumnya di bagian Paste Long URL (1), maka otomatis akan memendekkan URL tersebut namun masih Standar. (Bisa juga klik Create). Selanjutnya edit URL menjadi link yang kamu inginkan (2), lalu klik Save (3). URL pendek berhasil dibuat.
Cara Memperpendek Link - Bitly

Catatan: Jika ada pemberitahuan "This Custom link is taken" maka kamu harus menggantinya dengan kustom link yang lain.

Cara Memperpendek Link Melalui TinyURL

Seperti halnya Bitly, di TinyURL juga dapat memendekkan URL secara standar dan kustom berikut langkah-langkahnya:

Standar:
Masuk ke situs TinyURL terlebih dahulu. Pastekan link panjang yang sebelumnya sudah kamu copy di kotak yang telah disediakan. Kemudian langsung klik tombol Make tinyURL, selesai.
Cara Memperpendek Link - TinyURL

Kustom:
Agak berbeda dari sebelumnya, dengan kustom kamu ketikkan sendiri akhiran link yang kamu inginkan, lalu klik tombol Make tinyURL, selesai.
Cara Memperpendek Link - TinyURL

Catatan: Jika ada pemberitahuan "Alias is not available" maka ketikkan kustom link lainnya karena sudah ada orang lain yang menggunakan link tersebut.

Cara Memperpendek Link Melalui Is.gd

Cara membuat tautan agar pendek menggunakan situs ini sangatlah mudah, kamu bisa pergi ke is.gd kemudian pastekan link pada kolom yang telah disediakan lalu klik tombol Shorten, selesai. Namun cara standar ini membuat link kurang bagus dan sulit dibaca, kita gunakan cara kedua.

Cara kedua, di sini kamu bisa mengkustom sendiri link yang kamu buat dengan menggunakan huruf kecil semua. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs is.gd, kemudian pastekan link panjangnya.

2. Klik pada bagian "Further options/custom URL" (tanda panah hitam ke bawah), dari tiga pilihan yang ada kita pilih "Lower case pronounceable". Maka link yang dibuat akan bisa dibaca dengan mudah dan hurufnya kecil semua.
Cara Memperpendek Link - is.gd

3. Jika ingin lebih keren lagi, kamu bisa ketikkan sendiri menjadi link yang mudah diingat. Centang bagian "Log statistics for this link" jika kamu ingin mengetahui statistik dari link yang dibuat. Kemudian klik Shorten, selesai.
Cara Memperpendek Link - is.gd


Catatan: Jika ada pemberitahuan "already taken" maka kamu ganti dengan kustom link lainnya.

Itulah situs shortening URL dan cara memperpendek link yang bisa kamu gunakan. Situs-situs tersebut semuanya gratis namun jika menginginkan fitur premium yang lengkap terutama untuk bisnis kamu bisa menggunakan yang premium, meskipun yang gratis juga sudah ada yang pas buat bisnis sih.

Gimana, mudah banget kan buat perpendek link? Dan ternyata nggak cuma satu atau dua saja yang menyediakan layanan tersebut. Kamu bisa memilih salah satu dari banyak pilihan di atas, pilih yang menurutmu paling sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba...

Post a Comment for "7 Cara Memperpendek Link dengan Mudah dan Bisa Kustom"