Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aplikasi Convert Video untuk PC / Laptop Terbaik dan Gratis

Aplikasi untuk convert video di PC atau laptop sekarang ini mudah sekali untuk ditemukan. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi yang dibahas di sini.

Sebelum ke daftar aplikasi mari sejenak kita memahami convert video ini. Convert video merupakan salah satu teknik mengedit video yang sangat mudah karena tidak membutuhkan skill khusus untuk melakukannya.

Tidak hanya itu, tidak perlu menggunakan edit video PC yang mumpuni untuk melakukan convert video. Kamu hanya butuh aplikasi khusus untuk mengubah format video, size video, atau dimensi video saja.

Selain ringan, aplikasi convert video PC tersebut juga jauh lebih mudah digunakan daripada aplikasi video editor semisal Adobe Premiere Pro CC atau DaVinci Resolve.

Aplikasi Convert Video di PC / Laptop Terbaik dan Gratis

Ada cukup banyak video converter online maupun offline yang bisa kamu gunakan, namun kami memiliki beberapa di antaranya yang recommended untuk digunakan. Berikut daftar aplikasi video converter untuk PC terbaik:

1. Freemake Video Converter

Aplikasi Convert Video PC - 1
Download: https://www.freemake.com/free_video_converter/
Aplikasi convert video untuk PC yang pertama adalah Freemake Video Converter. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, jika kamu baru pertama kali mengkonversi video dengan PC kamu bisa mencoba aplikasi yang satu ini.

Terdapat banyak format yang bisa kamu terapkan untuk hasil video, di antaranya adalah MP4, MPG, dan AVI. Selain itu kamu juga bisa 'burn' video ke DVD dan Blu-ray.

Tidak hanya fitur convert video di aplikasi ini kamu juga mengunduh video dari berbagai sumber online seperti Youtube, Facebook, dan lain sebagainya.

2. Handbrake

Aplikasi Convert Video PC - 2
Download: https://handbrake.fr/downloads.php
Handbrake merupakan aplikasi convert video PC yang multi platform dengan banyak format video populer yang telah support. Aplikasi ini mendukung komputer dengan OS Windows, Mac, dan Linux.

Terdapat juga fitur menarik lainnya yang ada di aplikasi ini misalnya: cropping, setting frame rate, filter, dan preset. Dengan banyaknya fitur di aplikasi ini tentu agak membingungkan khususnya para pemula yang baru menggunakan aplikasi ini.

Namun jika sudah terbiasa menggunakannya tentu akan lebih memilih aplikasi ini untuk kebutuhan convert video sehari-hari.

3. MediaCoder

Aplikasi Convert Video PC - 3
Download: http://www.mediacoderhq.com/
Aplikasi convert video untuk PC selanjutnya adalah MediaCoder. Aplikasi ini dinilai bisa lebih cepat dalam proses mengubah format video dan jumlah format yang mendukung di dalam MediaCoder.

Aplikasi ini mampu mengubah format video yang mungkin sudah jadul untuk diubah menjadi format yang lebih modern.

Seperti halnya Handbrake, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk editing, misalnya: menggabungkan video, penyesuaian aspek rasio, sinkronisasi suara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Format Factory

Aplikasi Convert Video PC - 4
Download: http://www.pcfreetime.com/formatfactory/index.php?language=en
Format Factory merupakan salah satu aplikasi convert video PC yang cukup populer digunakan. Tidak hanya dapat mengubah format video ke format lainnya kamujuga bisa mengubah format audio ke format audio lainnya.

Ada banyak format yang didukung untuk dikonversi dengan aplikasi ini, di antaranya adalah MP3, MP4, WMA, FLV, MKV, FLAC, dan lain sebagainya.

Untuk menghasilkan output yang bagus, aplikasi ini menggunakan FFMPEG untuk proses encodingnya. Tertarik untuk pasang aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya secara gratis.

5. DVD Flick

Aplikasi Convert Video PC - 5
Download: http://www.dvdflick.net/download.php
Meskipun mungkin DVD sudah menurun tren penggunaannya tetapi bagi yang suka membuat video untuk dimasukkan ke DVD aplikasi ini sangatlah berguna dan dapat menjadi aplikasi convert video paling tepat untuk mereka.

Pengguna dapat mengubah ekstensi beragam jenis video ke dalam format DVD dengan cepat dan mudah, bagaimana ingin mencoba aplikasi ini?

6. Any Video Converter Free

Aplikasi Convert Video PC - 6
Download: https://www.any-video-converter.com/download/
Aplikasi yang menawarkan fitur konversi format video secara online dan offline ini dapat menjadi pilihan kamu yang lain.

Untuk online kamu bisa dengan mudah mengubahnya menjadi format video yang ringan untuk ditonton di ponsel. Aplikasi Any Video Converter Free juga dilengkapi dengan fitur untuk ripping audio dari CD/DVD.

Ada banyak format output yang bisa kamu terapkan untuk video yang akan kamu convert. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mendukung editing sederhana seperti memotong, rotate, crop, video effects, dan beberapa teknik editing lainnya.

7. Free HD Video Converter Factory

Aplikasi Convert Video PC - 7
Download: https://www.videoconverterfactory.com/free-hd-video-converter/
Dengan aplikasi ini kamu dapat melakukan drag and drop ke jendela aplikasi atau menggunakan menu untuk mencari file video yang tersimpan di komputer.

Sebelum mengkonversi format video kamu bisa melakukan sedikit editing untuk membuat video menjadi lebih bagus. Kamu bisa melakukan edit video seperti memotong, crop, dan menambahkan efek ke video yang akan dikonversi.

Itulah beberapa aplikasi convert video untuk PC atau laptop yang bisa kamu gunakan. Tentunya aplikasi-aplikasi di atas memiliki kelebuhan da kekurangannya masing-masing dan kamu bisa memilih salah satu yang paling cocok.

Semua aplikasi di atas bisa kamu gunakan secara gratis tentunya dengan fitur yang cukup untuk sekedar convert video dan editing sederhana. Oh iya, jika kamu punya saran untuk aplikasi video converter lainnya bisa ditambahkan di kolom komentar ya, guys! Selamat mencoba...

Post a Comment for "7 Aplikasi Convert Video untuk PC / Laptop Terbaik dan Gratis"