Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Aplikasi untuk Mempercepat Copy File Terbaik di PC / Laptop

Tentu sebagai pengguna PC/laptop tentu kita tahu cara termudah melakukan copy paste. Biasanya menggunakan klik kanan mouse kemudian pilih copy/paste, kombinasi tombol di keyboard Ctrl+C/V, atau drag and drop secara langsung ke folder tujuan.

Namun adakalanya kita menginginkan agar proses copy paste tersebut bisa lebih cepat dan memiliki fitur canggih untuk dapat mengatur proses salin-tempel ini.

Solusi terbaik salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi untuk mempercepat copy file yang akan kita bahas di sini. Dengan aplikasi ini kamu bisa lebih cepat dan efisien dalam menyalin data. Selain itu, kamu juga dapat menjeda, skip, resume, dan lain sebagainya saat proses penyalinan file berlangsung.

Aplikasi untuk Mempercepat Proses Copy Paste File di PC / Laptop Terbaik

Berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk mempercepat copy paste di komputer yang bisa kamu gunakan. Aplikasi di bawah ini memiliki fitur canggih yang tidak terdapat pada fitur default copy paste yang biasa kita pakai saat menyalin atau memindahkan file.

1. TeraCopy

Aplikasi Copy Paste Cepat - 1
Download: www.codesector.com/teracopy
Aplikasi untuk mempercepat copy file pertama adalah TeraCopy, aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna Windows sebagai pengganti fitur default copy-paste.

TeraCopy dapat melakukan copy paste file dengan cepat dibanding dengan copy paste biasa yang kita lakukan. Aplikasi ini mendukung semua jenis format file baik itu multimedia, executable, web, archive, dan lain sebagainya.

Selain mempercepat proses salin file, aplikasi ini juga mendukung skip file, jeda proses copas, dan beberapa fitur canggih lainnya. TeraCopy juga tersedia versi portable-nya dengan menggunakan installer.

2. Mini Copier

Aplikasi Copy Paste Cepat - 2
Download: www.softpedia.com/get/System/File-Management/MiniCopier.shtml
Selanjutnya ada aplikasi bernama Mini Copier, aplikasi ini mampu mempercepat proses copy file di PC/laptop. Sedikit berbeda dari aplikasi lainnya, Mini Copier dibuat dengan bahasa pemrograman Java di mana ada perbedaan versi di masing-masing OS yang digunakan di PC/laptop (Windows, Mac, Linux, dan lain sebagainya).

Untuk melakukan copy paste di Mini Copier, cukup masukkan file ke keranjang berwarna merah di aplikasi dan prosesnya pun bisa berlangsung dengan cepat.

Mini Copier memiliki ukuran yang cukup besar untuk program/aplikasi copy paste semacam ini, yakni sekitar 20 MB. Seperti aplikasi sebelumnya, Mini Copier juga menyediakan fitur skip dan jeda pada setiap file yang sedang dicopy.

3. NiceCopier

Aplikasi Copy Paste Cepat - 3
Download: sourceforge.net/projects/nicecopier
NiceCopier dapat menjadi pilihan selanjutnya untuk aplikasi mempercepat copy paste di PC/laptop, aplikasi ini dapat menunjukkan jendela progress berukuran kecil di sudut desktop. Kamu juga bisa beralih ke mode jendela penuh dan mengatur file apakah akan di-ignore/replace/rename.

Aplikasi ini juga memiliki fitur pemberitahuan, di mana apabila ada file dengan nama yang sama atau bertabrakan maka akan muncul pop up dari aplikasi ini.

Saat NiceCopier berjalan di tray sistem, maka aplikasi ini akan mengambil alih operasi file Windows. Aplikasi ini juga akan menampilkan banyak informasi penting pada jendela secara rapi dan mudah dibaca.

4. Copy Handler

Aplikasi Copy Paste Cepat - 4
Download: www.copyhandler.com/download
Copy Handler merupakan aplikasi copy paste cepat yang bisa kamu andalkan. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup canggih guna mempercepat proses copy paste yang dilakukan di komputer.

Aplikasi ini akan mengambil alih operasi copy file dan folder di Windows untuk mempercepat copy paste. Saat melakukan proses pengcopyan file, terdapat jendela kecil dengan tampilan sederhana dengan beberapa rincian dasar.

Selain itu, Copy Handler juga memiliki beberapa fitur berguna lainnya seperti resume dan jeda. Kamu pun dapat menambahkan entri menu konteks dan window settings untuk mengatur aplikasi.

5. KillCopy

Aplikasi Copy Paste Cepat - 5
 Download: www.killprog.com/killcopye.html
Menggunakan aplikasi copy paste yang sederhana namun memiliki fitur yang diinginkan adalah pilihan tepat. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi ini cukup simpel dengan tema standar pada aplikasi.

Di KillCopy kamu bisa menggunakan beberapa fitur tambahan seperti auto resume setelah system crash, pengaturan lanjutan untuk boosting dan buffer untuk memindahkan file, dan mode copy paralel.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan KillCopy sebagai copy handler default di PC/laptop yang digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan copy paste dan hapus file dan folder dengan lebih cepat.

6. SuperCopier

Aplikasi Copy Paste Cepat - 6
Download: softfamous.com/supercopier
SuperCopier merupakan aplikasi copy paste cepat untuk PC/laptop yang bersifat open source. Artinya aplikasi ini sepenuhnya gratis dan orang lain dapat melihat sumber kode aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang dapat memnudahkan pengguna melakukan copy paste file di komputernya seperti tombol skip, jeda, resume, daftar file yang akan dicopy, dan fitur peringatan jika terjadi ada file yang sama.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengendalikan sendiri ukuran buffer dan kecepatan transfer pada jendela configuration.

7. ExtremeCopy Standard

Aplikasi Copy Paste Cepat - 7
Download: www.softpedia.com/get/System/File-Management/ExtremeCopy.shtml
Mempercepat proses copy paste dapat meningkatkan efisiensi waktu, apalagi jika file yang akan dicopy cukup besar. Aplikasi copy paste cepat ini bisa membantu kamu mengcopy maupun memindahkan file dengan fitur canggih yang tertanam di dalamnya.

ExtremeCopy Standard hampir sama seperti aplikasi-aplikasi yang kita bahas sebelumnya yakni dapat mengambil alih semua proses copy file di komputer menggantikan aplikasi defaultnya. Dengan ExtremeCopy Standard proses copy file akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi default.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki navigasi penting saat melakukan copy paste file seperti jeda, skip, dan verifikasi. Dengan ukuran yang relatif kecil aplikasi ini ringan sehingga tidak akan membebani kinerja sistem.

8. FastCopy

Aplikasi Copy Paste Cepat - 8
Download: www.softpedia.com/get/System/File-Management/FastCopy.shtml
Sama seperti namanya, aplikasi ini mampu mempercepat proses copy paste di PC/laptop kalian. Meskipun demikian aplikasi ini bisa dibilang sederhana dengan kinerja yang cepat.

FastCopy juga memiliki beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan, di antaranya adalah filter file dasar atau lanjutan, pengaturan NSA dan penghapusan.

Namun untuk tombol jeda dan skip di FastCopy tidak disediakan dan hanya menyediakan tombol cancel dan lainnya. Meskipun demikian aplikasi FastCopy banyak direkomendasikan oleh para penggunanya selama bertahun-tahun karena kecepatannya dalam operasi copy paste.

9. Richcopy

Aplikasi Copy Paste Cepat - 9
Download: microsoft-richcopy.software.informer.com/4.0/
Menggunakan aplikasi copy paste dari pengembang software ternama bahkan pengembang OS tentu lebih bagus dan aman. Di sini kamu bisa menggunakan Richcopy. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft dan digunakan untuk kebutuhan internal mereka untuk copy file sebelum tersedia untuk umum.

Aplikasi ini merupakan aplikasi threaded, artinya pengguna dapat melakukan copy file lebih dari satu secara paralel.

Richcopy juga memiliki navigasi yang mungkin kamu gunakan saat menyalin file seperti resume, jeda, direktori, verifikasi, hingga mendukung penuh command line.

10. FF Copy

Aplikasi Copy Paste Cepat - 10
Download: ff-copy.software.informer.com
FF Copy merupakan aplikasi copy file di komputer yang cukup sederhana namun memiliki fitur berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang kita bahas di sini.

Kamu dapat memilih atau drag and drop beberapa folder dan file ke jendela FF Copy. Kemudian aplikasi ini akan menyalin atau memindahkan file tersebut ke folder atau direktori tujuan yang telah dipilih.

Aplikasi FF Copy tidak memiliki navigasi seperti kebanyakan aplikasi lain di artikel ini. Namun FF Copy akan sangat berguna jika kamu ingin menyalin file dari beberapa folder ke beberapa tujuan folder yang berbeda.

11. Ultra Copier

Aplikasi Copy Paste Cepat - 11
Download: www.filehorse.com/download-ultracopier-64
Ultra Copier dapat menjadi pilihan lainnya saat ingin mempercepat proses copy file di komputer. Aplikasi ini juga mampu menggantikan fitur default penyalinan file di Windows Explorer ketika dijalankan di sistem tray.

Aplikasi ini juga memiliki navigasi standar yang biasa ada di aplikasi copy file, di antaranya adalah navigasi untuk fungsi skip, jeda atau pause, antrian copy, serta tombol tindakan saat terjadi error ataupun saat ada file yang sama.

Itulah 11 aplikasi untuk mempercepat copy file di PC/laptop yang bisa kamu gunakan. Semua aplikasi di atas tentu memiliki keunggulannya masing-masing untuk copy paste cepat.

Daftar aplikasi di atas dapat menjadi solusi terbaik untuk menyalin atau memindahkan file jika kamu sering menemukan kendala saat menggunakan fitur default dari OS. Dengan menggunakan salah satu aplikasi di atas semoga bisa teratasi error yang terjadi. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Post a Comment for "11 Aplikasi untuk Mempercepat Copy File Terbaik di PC / Laptop"