Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Membuat Absen di Google Classroom [Tutorial Lengkap]

Membuat absen di Google Classroom merupakan salah satu hal penting sebagai mana pentingnya absensi saat melakukan kegiatan belajar mengajar atau perkuliahan biasa. Nantinya murid/mahasiswa harus tetap mengisi absen dan mengikuti materi hingga tugas yang diberikan oleh guru atau dosen.

Meskipun belajar secara daring namun seorang guru/dosen harus tetap mendisiplinkan para muridnya di samping memberikan materi dan tugas. Nah, bagaimana cara membuatnya?

Di bawah ini adalah cara membuat absen di Google Classroom secara langsung. Di sini kita memanfaatkan fitur Topik yang akan diberi nama absensi dan fitur pertanyaan pilihan ganda untuk pilihan kehadirannya. Berikut ulasan selengkapnya:

Cara Membuat Absen di Google Classroom


1. Login ke Google Classroom terlebih dahulu di classroom.google.com, jika belum bisa buka artikel cara membuat akun di Google Classroom (via aplikasi).

2. Pilih menu Tugas Kelas, kemudian klik tombol Buat. Ada beberapa pilihan yang muncul, kita pilih yang paling bawah yakni "Topik".
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 1A

3. Selanjutnya isikan topik tersebut dengan nama absensi yang diinginkan misalnya Absensi Siswa Kls XI IPA 1, lalu klik Tambahkan.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 1B

4. Setelah membuat Topik klik tombol Buat lagi, kemudian pilih Pertanyaan.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 1C

5. Maka akan muncul halaman Pertanyaan, di sini terdapat dua bagian yakni Pertanyaan dan Petunjuk (opsional). Silahkan bisa isi bagian Pertanyaan dengan nama mata pelajaran dan tanggal, mata pelajaran dan jam pelajaran berlangsung, dan lain sebagainya bisa dikombinasikan. Untuk bagian Petunjuk (opsional) isi dengan kalimat singkat sebagai penjelas. Perhatikan gambar berikut ini.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 1D
Kemudian ubah bagian "Jawaban singkat" menjadi "Pilihan ganda". Pada Pilihan ganda ini isikan beberapa jawaban yang biasa ada pada absen manual, yakni: hadir, izin, sakit, dan tanpa keterangan.

Namun untuk tanpa keterangan, tidak usah ditambahkan karena sudah pasti murid yang alpha tidak membuka Google Classroom-nya.

Untuk izin dan sakit tetap kita tambahkan karena siapa tahu si murid memang hanya bisa input absen saja dan tidak bisa mengerjakan tugas dan lain sebagainya dari guru/dosen karena alasan tertentu (sakit/izin).

6. Pengaturan lanjutan berikut cara pengisiannya:
  • Untuk: kita pilih kelas mana yang ingin diabsen.
  • Poin: atur menjadi tidak dinilai karena kita telah mengatur sebagai absensi.
  • Tenggat: isi dengan jadwal mata pelajaran, misalkan Rabu, 5 Agustus 2020 jam 10.30 (akhir jam pelajaran).
  • Topik: isi dengan topik yang telah dibuat di awal yakni Absensi Siswa Kelas XI IPA 1. 
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 1E

Catatan: Nama topik ini digunakan untuk memisahkan dengan topik/hal lainnya. Nama topik ini bisa digunakan kembali untuk mengabsen siswa di pertemuan selanjutnya.

Nanti yang diubah hanya pada Langkah ke 5 bagian Pertanyaan dan Langkah ke 6 bagian Tenggat dari tahapan di tutorial ini.

7. Selanjutnya adalah klik Tanyakan di pojok kanan atas untuk mempublish langsung Absensi ini ke seluruh siswa yang ada di dalam kelas. Siswa nantinya akan melihat Absen di bagian menu Forum.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 1F

Jika guru/dosen ingin menjadwal otomatis pada jam yang tertentu maka bisa pilih opsi Jadwalkan.

8. Berikut adalah "Pertanyaan absen" yang telah dibuat tadi. Guru/dosen dapat melihat siapa saja siswa yang sudah absen di bagian menu Forum.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 1G

Catatan: Jika ingin memeriksa apakah Absensi ini sudah terkirim ke semua siswa, bisa dicek dengan login sebagai murid. Namun jangan lupa gabung ke kelas terlebih dahulu.

Itulah cara membuat absen di Google Classroom langsung di kelasnya. Dengan cara di atas sekarang guru tidak perlu bingung untuk mengetahui muridnya hadir/tidak. Kelemahan di sini salah satunya adalah guru/dosen harus membuat pertanyaan baru setiap ada pertemuan baru di topik yang sama.


Cara Membuat Absen di Google Classroom dengan Google Formulir

Kita akan membuat absen di Google Classroom dengan memanfaatkan produk Google lainnya yang terintegrasi dengan Classroom, yakni salah satunya Google Formulir.

1. Buka Google Classroom, pilih kelas yang ingin dibuatkan absensi lalu klik bagian Tugas Kelas.

2. Klik tombol Buat, pilih Materi.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2A

3. Isi bagian Judul dengan perihal yang ingin disampaikan misalnya "Absensi Siswa Kelas IX A". Kemudian bagian Deskripsi dengan kata-kata penjelas misalnya "Silahkan mengisi kehadiran .... ".
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2B

4. Selanjutnya klik tombol + Buat, di sini terdapat 5 pilihan dari Dokumen hingga Formulir. Karena kita akan membuat absensi di Google Formulir, maka kita pilih Formulir.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2C

5. Maka akan membuka tab baru yakni Google Formulir.

6. Sederhana saja (sebagai contoh), di sini kita akan membuat Tanggal absen dan pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda Hadir, Izin, dan Sakit saja.

Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2D
Isi bagian yang ditandai misalnya dengan:
A. Isi dengan "Absensi Siswa Kelas IX A".
B. Sama seperti poin A.
C. Isi dengan deskripsi singkat misalnya saja: "Silahkan mengisi kehadiran ...."

7. Masuk ke pembuatan pertanyaan. Pada bagian Pertanyaan Tanpa Judul ganti dengan Tanggal Absen lalu sampingnya ubah Jawaban Singkat menjadi Tanggal. Ubah bagian Wajib diisi menjadi Aktif. Berikut hasilnya:
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2E
Selanjutnya, klik ikon Plus dilingkari untuk menambah pertanyaan (a).

Isikan bagian pertanyaan misalnya: "Absensi Siswa Kelas IX A TA 2020/2021 Semester 1". Pada bagian sampingnya ubah menjadi Pilihan Ganda. Pada bagian Opsi, isikan dengan Hadir, Izin, dan Sakit. Jika ingin menambahkan Tanpa Keterangan juga tidak apa-apa. Jangan lupa bagian Wajib diisi harus diaktifkan. Berikut hasilnya:
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2F

Catatan: Form di atas bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Misalnya bisa menambahkan mata pelajaran, nama guru, jam kegiatan belajar mengajar atau perkuliahan, dan lain sebagainya.

8. Setelah selesai membuat formulir, klik ikon Gear atau ikon Pengaturan di samping tombol Kirim. Untuk bagian Umum aktifkan pada Edit Setelah mengirimkan.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2G

9. Bagian Presentasi hapus centang di kotak ketiga dan beri pesan konfirmasi misalnya: Absen Anda Diterima. Kemudian klik Simpan di pojok kanan atas.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2H

10. Kembali ke Google Classroom, dan klik tombol Posting di pojok kanan atas untuk mengirim langsung ke semua anggota kelas. Selesai, absensi via Google Form behasil dibuat.
Cara Membuat Absen di Google Classroom - 2I

Itulah cara membuat absen di Google Classroom dengan memanfaatkan fitur integrasi dengan Google Formulir. Dengan cara ini guru/dosen cukup membuat satu kali saja dan bisa berlaku untuk satu semester atau dua semester.

Untuk formulir juga bisa dikembangkan sendiri menjadi sesuai yang diinginkan tinggal ditambah pertanyaannya saja. Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Post a Comment for "2 Cara Membuat Absen di Google Classroom [Tutorial Lengkap]"