Iklan Uptitle

Cara Membuat Google Classroom di Aplikasi dengan Cepat & Mudah

Cara membuat Google Classroom - Google Classroom merupakan salah satu produk Google yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid.

Hampir sama seperti kegiatan di dalam kelas, di Google Classroom guru dapat menyampaikan materi, tugas, dan kuis. Murid pun dapat menerima materi, tugas, dan kuis yang diberikan guru untuk dikerjakan dan dinilai.

Seorang guru dapat mengelola semua file pembelajaran di Google Classroom, guru juga dapat mengedit file seperti Google Documents, Spreadsheet, dan lain sebagainya. Tidak perlu takut akan ada banyak file menumpuk dan memenuhi laptop, karena semua bisa disimpan di Google Drive.

Google Classroom dapat diakses langsung melalui browser di laptop/ponsel kalian di classroom.google.com, dapat juga lewat aplikasi mobile yang ada di Play Store dan App Store.

Cara membuat Google Classroom [versi Aplikasi]

Membuat Google Classroom di aplikasi dengan di website sebenarnya sama, terdapat sedikit perbedaan namun hanya pada tampilannya saja. Berikut langkah-langkah membuat Google Classroom:

Pertama, Masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah diinstall sebelumnya. Jika belum punya bisa unduh di Google Play atau App Store.

Kedua, Klik Get Started, selanjutnya pilih alamat email Google yang ingin dijadikan akun di Google Classroom. Untuk iOS bisa ketikkan alamat Gmail.
Cara Membuat Google Classroom - 1

Ketiga, Tekan tanda plus yang ada di pojok kanan atas. Terdapat dua pilihan yang akan muncul yakni Join Class dan Create Class. Kita pilih Create Class.
Cara Membuat Google Classroom - 2

Keempat, Jika ada pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, maka centang pada bagian kotak kecil kemudian klik Continue. Kemudian isi pada bagian Class name, Section, Room, dan Subject lalu klik Create. Selesai, kelas berhasil dibuat.
Cara Membuat Google Classroom - 3

Catatan: Di sini tampilan gambar tutorial menggunakan bahasa Inggris. Apakah bisa menggunakan bahasa Indonesia? Bisa, tinggal ubah saja bahasa perangkat menjadi bahasa Indonesia.

Selanjutnya setelah kelas dibuat, maka otomatis Google Classroom akan membuatkan kode unik kelas. Kode inilah yang bisa dibagikan ke murid atau peserta untuk bergabung di dalam kelas dengan cara Join Class.

Pada bagian Classwork, kamu bisa menambahkan topik, materi (material), memberikan PR atau tugas (assignment), hingga mengadakan kuis (question).

Sebagai contoh misalnya ingin membuat 10 pertanyaan (kuis), sebagai pemilik kelas (guru atau dosen) bisa membuat 10 pertanyaan dan diketik langsung di bagian Question.

Namun agar hemat waktu dan tenaga, sebaiknya buat file saja (PDF, Word, atau JPG) berisi 10 pertanyaan kemudian unggah dengan klik ikon Attach file (Tambahkan).

Jangan lupa juga isi skor maksimal dan waktu terakhir memberikan jawaban (due). Kemudian klik ikon kirim.

Cara Log In Google Classroom (Memasukkan Kode Kelas)

Login di Google Clasroom dengan memasukkan kode kelas biasanya dilakukan oleh seorang murid, berikut langkah-langkah selengkapnya:

Pertama, Buka aplikasi Google Classroom. Klik Get Started kemudian pilih akun Gmail yang ingin dibuat untuk akun Google Classroom. Klik OK.
Cara Membuat Google Classroom - 4

Kedua, Klik tanda plus di pojok kanan atas. Muncul dua pilihan Join Class dan Create Class. Karena kita akan masuk sebagai murid maka pilih saja Join Class.
Cara Membuat Google Classroom - 5

Ketiga, Kemudian masukkan 6-7 karakter huruf atau kominasi angka huruf yang merupakan class code (kode kelas). Jika kamu belum memiliki kode ini, bisa ditanyakan ke guru atau dosen kalian. Setelah dimasukkan, klik Join.
Cara Membuat Google Classroom - 6

Keempat, Setelah berhasil gabung ke dalam kelas, kamu bisa melihat materi, PR, atau tugas yang dibagikan oleh guru/dosen di Stream atau Classwork.

Itulah cara membuat Google Classroom melalui aplikasi dan cara login Google Classroom sebagai murid dan memasukkan kode kelas.

Cara di atas hampir sama jika kamu menggunakan versi desktop (PC) dan dibuka melalui browser. Jika kamu memiliki perangkat komputer ada baiknya kamu menggunakan versi untuk desktop saja, selain tampilan lebih luas kamu langsung bisa mengerjakan tugas dari guru/dosen dengan mudah dan cepat di komputer.

Sekian dulu penjelasan mengenai cara membuat Google Classroom dan cara login sebagai murid di artikel ini. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Google Classroom di Aplikasi dengan Cepat & Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel