Iklan Uptitle

4 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Kembali Cepat Kinerjanya

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop
Salah satu penyebab umum menurunnya kinerja laptop adalah karena banyaknya file sampah yang menumpuk di storage atau ruang penyimpanan laptop.

Terlebih jika ruang penyimpanan tersebut memiliki kapasitas yang relatif kecil dengan banyaknya task yang berjalan tentu akan semakin memperlambat kinerja laptop.

File-file sampah ini memiliki banyak jenisnya di laptop, salah satu yang paling banyak menghasilkan file sampah adalah ketika kita browsing di internet menggunakan browser. Saat browsing banyak file cache, cookie, dan history yang tersimpan di komputer dari situs-situs yang dikunjungi.

Jika merasa laptop atau komputer kamu sudah melambat kinerjanya, bisa jadi file-file sampah tersebutlah yang menjadi penyebabnya. Cara terbaik tentu harus menghapus file yang tidak berguna tersebut. Bagaimana caranya?

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika kamu menggunakan laptop dengan Sistem Operasi Windows maka cara membersihkan file sampah sangatlah mudah. Bahkan di bawah ini kamu bisa melakukannya secara langsung tanpa adanya aplikasi tambahan. Lantas bagaimana caranya, berikut ulasan lengkapnya.

1. Menggunakan Windows+R (Run)

Cara pertama ini merupakan salah satu teknik termudah untuk membersihkan file sampah di laptop atau komputer. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Buka fitur Run dengan menekan tombol logo Windows+R di keyboard.

2. Seketika jendela Run akan terbuka, ketikkan %temp% di kotak Run yang disediakan lalu klik OK atau Enter.

3. Maka kita akan dibawa ke sebuah tampilan folder berisi banyak file temporary aplikasi.

4. Hapus semua file tersebut. Beberapa file mungkin tidak bisa dihapus karena file tersebut sedang berjalan di latar belakang. Untuk itu kamu bisa lewati atau skip saja.

Setelah menghapus file sementara dari aplikasi-aplikasi yang ada di komputer kita akan menghapus file temporary Windows. Untuk langkah-langkahnya hampir sama seperti sebelumnya.

1. Buka Run lagi dengan menekan tombol logo Windows+R di keyboard.

2. Ketikkan temp, lalu klik OK atau Enter.

3. Selanjutnya akan terbuka jendela file temporary Windows berada. Hapus semua file yang ada di folder tersebut. Jika komputer membutuhkan akses administrator, kamu bisa klik Continue.

4. Semua file yang dihapus ini akan dimasukkan ke folder Recycle Bin dan tidak langsung dihapus secara permanen.

5. Untuk menghapusnya, masuk ke Recycle Bin dan pilih Empty Recycle Bin.

6. Selesai, laptop kamu akan semakin enteng dan cepat kinerjanya.

2. Menggunakan Fitur Bawaan Windows Disk Cleanup

Ingin lebih jauh mengetahui cara membersihkan file sampah di laptop kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan Windows bernama Disk Cleanup. Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Disk Cleanup dengan cara masuk ke My Computer.

2. Klik kanan pada Drive yang ingin dibersihkan misalnya Drive C.

3. Klik Properties, lalu klik Disk Cleanup.

4. Tunggu hingga proses scanning selesai.

5. Maka akan tampil hasil scanning berupa file-file yang tidak digunakan di komputermu. Kamu bisa memilih dengan mencentang file-file sampah tersebut kemudian klik OK.

6. Namun, jika kamu ingin melakukan scanning file sampah lebih dalam lagi misalnya seperti system files, kamu bisa klik 'Clean up system files'.

7. Tunggu lagi hingga proses scanning selesai dan menampilkan hasil scanning.

8. Jika sudah, pilih dengan mencentang file-file sampah yang ingin dihapus, lalu klik OK. Selesai.

Proses menghapus file-file sampah di system files mungkin memakan waktu yang relatif lama, terlebih jika mencentang file yang berukuran hingga beberapa GB (misal: Windows Update Cleanup).

3. Menggunakan Fitur Storage Sense di Windows 10

Jika kamu menggunakan Windows 10 dengan Fall Creator Update yang membawa beberapa fitur bermanfaat, kamu bisa memanfaatkan Storage Sense di mana fitur ini mampu menghapus file-file sistem yang tidak berguna.

Dengan fitur ini laptopmu tentu akan menjadi lebih ringan dan cepat kinerjanya serta bertambah ruang penyimpanan kosongnya. Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama pergi ke Settings kemudian pilih System yang ada di kiri atas jendela.

2. Selanjutnya pilih Storage yang menampilkan data ruang penyimpanan di laptop/PC-mu.

3. Pada bagian Storage Sense, klik 'Free up space now'. Tunggu hingga proses scanning file-file sampah di laptop atau komputer selesai.

4. Maka akan muncul file-file yang sampah, lalu centang file yang ingin dihapus. Terakhir klik Remove files.

Untuk fitur di Windows 10 ini tersedia di Windows Fall Creators Update dan setelahnya. Bagi kalian yang belum memiliki update ini, kemungkinan besar belum bisa menggunakan fitur ini.

4. Menggunakan CCleaner [Dengan Aplikasi]

CCleaner merupakan aplikasi untuk membersihkan file sampah di laptop yang sangat ampuh. Aplikasi ini juga mampu mendeteksi file duplikat di ruang penyimpanan seperti HDD atau SSD, membersihkan cache dan cookie browser, dan lain sebagainya.

Aplikasi juga dapat digunakan di banyak versi OS Windows seperti Windows 7, 8, 8.1, dan 10. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis langsung dari situs resminya di www.ccleaner.com. Tersedia versi gratis dan berbayar dari aplikasi CCleaner.

Cara Menggunakan CCleaner:

1. Jika belum memiliki aplikasinya bisa unduh di sini.

2. Install CCleaner.

3. Jika sudah terinstall, buka aplikasinya.

4. Kamu bisa mencentang bagian mana saja yang ingin dibersihkan.

5. Klik Analyze, agar CCleaner melakukan scanning file-file sampah di komputer kamu.

6. Selanjutnya klik Run Cleaner. Selesai.

Itulah empat cara membersihkan file sampah di laptop/PC kamu agar kinerja dan kecepatan laptop kamu menjadi jauh lebih baik dan memiliki lebih banyak ruang kosong untuk penyimpanan.

Lakukan cara-cara di atas secara berkala agar file sampah tidak semakin menggunung di komputer kamu terutama di Drive C di mana OS Windows terinstall. Selamat mencoba.

0 Response to "4 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Kembali Cepat Kinerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel