Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari dan Dibutuhkan

Ingin memiliki pekerjaan sampingan dengan pendapatan yang lumayan? Atau malah memberanikan diri ingin menjadi seorang full-time freelancer? Maka pilihlah salah satu pekerjaan freelance yang banyak dicari di bawah ini.

Beberapa kelebihan menjadi yang bisa kamu rasakan adalah memiliki waktu yang fleksibel untuk menyelesaikan tugas dan memiliki banyak waktu untuk keluarga. Menyenangkan bukan?

Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari

Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari Saat Ini

Ada cukup banyak pekerjaan freelance yang bisa kamu pertimbangkan tentunya pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa dibilang paling dicari saat ini. Berikut ulasannya:

1. Penulis Konten

Salah satu pekerjaan freelance yang banyak dicari adalah penulis konten, baik itu sebagai copywriter, penulis berita, maupun penulis artikel yang dibutuhkan oleh para blogger.

Pekerjaan ini merupakan salah satu yang cukup mudah apalagi jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris. Meskipun demikian, bahasa Indonesia juga sudah banyak yang dibutuhkan untuk profesi ini.

Biasanya para penulis konten dibayar per artikel atau per bulan sesuai dengan kesepakatan yang dibuat sebelumnya.

2. Desainer Grafis

Jika kamu memiliki kemampuan menggambar yang bagus dan banyak orang lain menyukai karyamu, kamu bisa memanfaatkan keahlian ini menjadi penghasilan tambahan bahkan utama.

Beberapa pekerjaan freelance yang banyak dicari dalam hal desain grafis adalah membuat logo, menggambar ilustrasi, karikatur, brosur, grafis video game, dan lain sebagainya. Jika kamu jago mendesain grafis 3D maka itu menjadi kelebihan tersendiri sebagai freelancer dalam dunia desain.

Untuk menarik klien agar mau mempercayakan proyek desain mereka ke kalian, maka kamu bisa upload portofolio dan beberapa hasil desain terbaik yang telah kamu buat.

Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari
Ilustrasi Pekerjaan Desainer Grafis Video Game

3. Data Entry

Masih kuliah atau lulusan baru dan belum punya pengalaman kerja? Kamu bisa mencoba pekerjaan freelance yang banyak dicari saat ini, yakni data entry. Pekerjaan ini cukup banyak diminati karena tidak perlu memiliki keahlian khusus, hanya butuh ketelitian saja.

Jika kamu mendapatkan job untuk melakukan entry data, biasanya kamu diperintah untuk memasukkan data ke database melalui form online yang disediakan.

Pekerjaan semacam ini akan selalu dibutuhkan selama perusahaan membutuhkan data yang harus diproses dengan cepat. Namun untuk bayaran, tentu tidak sebesar yang memang memerlukan keahlian khusus.

4. Analis dan Konsultan Bisnis

Profesi freelance ini memanglah banyak dicari karena mereka mampu menganalisis permasalahan-permasalahan yang timbul dari sebuah bisnis dari data-data yang ada.

Tetapi tidak semua orang mampu menjadi seorang yang ahli dalam menganalisa dan memberikan konsultasi yang tepat untuk sebuah bisnis. Sehingga profesi ini dihargai dengan bayaran yang cukup besar.

Ini menjadi suatu kesempatan besar untuk mendapatkan klien jika kalian menjadi seseorang yang ahli dalam hal analisa bisnis.

5. Web Developer

Memiliki pengetahuan yang bagus dalam dunia pembuatan website seperti HTML, PHP, MySQL, dan sejenisnya? Jika iya, kamu bisa membuka jasa pembuatan website dengan menjadi freelancer web developer.

Biasanya klien sudah memiliki desain web mereka sendiri namun masih dalam bentuk web statis dan hanya berupa tampilan saja. Sebagai seorang web developer, kamu dapat mengubahnya menjadi web dinamis.

6. Web Designer

Sebagai desainer website, agak berbeda dengan web developer, biasanya mereka merancang tampilan situs agar terlihat menarik, indah, unik, memiliki ciri khas tersendiri, dan memiliki komposisi warna yang tepat.

Mereka juga dituntut untuk dapat menguasai HTML, JavaScript, dan CSS yang biasa digunakan untuk membuat tampilan website. Selain itu beberapa software desain juga bisa kamu operasikan seperti PhotoShop dan Corel Draw.

Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari
Ilustrasi Web Designer

7. Editor

Menjadi freelancer sebagai editor ternyata memiliki bayaran yang cukup besar dan menjadi salah satu pekerjaan freelance yang banyak dicari saat ini. Pekerjaannya pun dapat dikirim via email artinya bisa dikerjakan dari rumah bahkan di manapun.

Tugas seorang editor adalah memeriksa dan mengkoreksi naskah yang belum sesuai EYD, pemilihan kata, gaya bahasa, dan masih banyak lagi.

Jika kamu seorang yang teliti, memiliki pengetahuan dalam hal EYD kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. Untuk mengasah kemampuan seorang editor, bisa mencoba dengan sering membaca, memperhatikan gaya penulisan, dan berlatih untuk membuat tulisan yang nyaman dibaca.

8. Ahli SEO

Seseorang dengan keahlian yang satu ini tidak kalah populernya dengan digital marketer dan social media planner.

Para ahli SEO sangat dibutuhkan para pemilik web untuk membuat situs mereka mudah ditemukan di mesin pencari. Biasanya para pemilik website ini berani membayar mahal seorang ahli SEO.

Apalagi jika situs mereka menggunakan bahasa asing (terutama bahasa Inggris) biasanya nominal yang dibayarkan terbilang besar yakni bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari
Ilustrasi Ahli SEO

9. Digital Marketer

Semakin berkembangnya dunia digital, maka semakin berkembang pula dunia pemasaran. Salah satunya adalah profesi digital marketer. Biasanya perusahaan-perusahaan besar maupun kecil banyak membutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian ini.

Para digital marketer harus menguasai beragam teknik marketing secara digital seperti email marketing atau pemasaran barang dan jasa melalui email, search engine marketing, media sosial, SEO, dan lain sebagainya.

10. Data Scientist

Senang melihat data-data berupa angka? Mungkin pekerjaan freelance sebagai data scientist cocok untukmu.

Sekarang bisnis sangat bergantung pada data dan tidak sembarangan menentukan keputusan tanpa data yang diolah terlebih dahulu.

Sebagai data scientist, mereka dituntut untuk dapat membuat algoritma yang mampu menemukan data relevan untuk dianalis dan dibuat laporan ke perusahaan yang mempekerjakannya. Tentunya data tersebut adalah data yang dibutuhkan perusahaan.

Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari
Ilustrasi Data Scientist

11. Sosial Media Planner

Media sosial tidak lepas dari kehidupan modern seperti sekarang ini. Hampir semua pengguna internet memiliki akun media sosial pribadi.

Beberapa media sosial yang banyak digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter, hingga situs streaming video YouTube. Seorang sosial media planner mampu membuat perencanaan tentang konten apa yang menarik untuk media sosial yang dikelolanya, terutama medsos untuk bisnis atau berjualan.

12. Voice Over

Tidak disangka voice over menjadi salah satu pekerjaan freelance yang banyak dicari di internet. Tidak perlu memiliki suara yang dibuat-buat, seorang freelancer voice over yang terpenting adalah suara sesuai dengan kriteria yang klien inginkan.

Beberapa kategori yang banyak dicari adalah suara video game, audiobook, iklan, instruksi e-learning, dan masih banyak kategori lainnya.

Agar dapat dengan mudah mendapatkan tawaran jasa voice over, kamu bisa mengunggah portofolio suaramu di media sosial yang dimiliki dan juga situs-situs freelancer yang ada di internet.

13. Perencana Keuangan

Hal yang berkaitan dengan keuangan sudah seharusnya diatur dengan bijaksana agar kedepannya dapat mengatasi permasalahan yang tidak terduga.

Jika kamu mempunyai keahlian di bidang finansial tidak ada salahnya mencoba pekerjaan freelance yang satu ini. Terlebih pekerja lepas sebagai financial advisor masih sedikit ditemukan khususnya di Indonesia.

Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari
Ilustrasi Perencana Keuangan

14. Java Programmer

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dan multiplatform. Bahkan Android pun menggunakan Java sebagai bahasa pemrogramanannya.

Selain memiliki prospek yang bagus, sebagai programer tentunya akan dibayar mahal ketika mampu menggarap proyek yang klien berikan dan selesai dengan baik.

Bagi kalian yang yang memiliki keahlian dalam merencanakan konten untuk marketing pada media sosial dapat menjadi pilihan terbaik untuk bekerja secara freelance.

Dibutuhkannya media sosial planner sangat dibutuhkan karena konten akan lebih mudah menjangkau target lebih mudah dengan cepat.

Itulah deretan pekerjaan freelance yang banyak dicari sekarang ini. Kamu dapat memilih salah satu pekerjaan di atas yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Bagaimana? Sudah menentukan pekerjaan freelance yang ingin kamu fokuskan?

Post a Comment for "14 Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari dan Dibutuhkan"