Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi Simpel Mudah & Cepat

Cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi sangatlah mudah. Untuk cara tanpa aplikasi ini bisa dilakukan di berbagai perangkat, jadi tidak hanya hp saja.

File PDF menjadi salah satu format dokumen yang paling mudah dibuka, dikirim, bahkan diedit tentunya dengan tool yang tepat.

Jika kamu punya file berformat Excel, Word, PPT, ataupun JPG dan ingin mengubahnya ke PDF dengan hp, disini kami akan beri tahu cara mudahnya. Tidak perlu instal aplikasi apapun. Yuk, simak ulasan berikut ini:

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

Cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan. Kamu hanya membutuhkan browser yang sudah tersedia di masing-masing ponsel.

Untuk membuat PDF di ponsel tanpa aplikasi, yang harus kalian miliki adalah file yang akan kita ubah menjadi PDF. File tersebut bisa berupa PPT, gambar JPG/JPEG, Word, dan beberapa dokumen yang mendukung lainnya.

cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi - 1

  1. Langkah pertama adalah buka browser, misalnya Chrome, Firefox, atau Safari.
  2. Kunjungi website SmallPDF.
  3. Setelah masuk ke halaman utama, scroll sedikit ke bawah. Pada Alat PDF Terpopuler, klik tombol biru "Lihat Semua Alat PDF".
  4. Ada banyak format file yang bisa diubah ke PDF, beberapa di antaranya adalah JPG ke PDF, Excel le PDF, Word ke PDF, dan sebagainya. Kalian pilih yang sesuai dengan format file yang akan diubah.
  5. Unggah file dengan klik tombol PILIH FILE.
    cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi - 2
  6. Setelah berhasil diunggah, klik ikon gear untuk atur ukuran kertas dan orientasi (opsional). Lalu klik Mengubah, dan tunggu beberapa saat agar file siap diunduh.
    cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi - 3

Diatas merupakan cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi tambahan memakai SmallPDF. Ada cukup banyak situs yang mirip SmallPDF. Salah satunya adalah ILovePDF.

Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi Menggunakan ILovePDF

Hampir sama seperti cara sebelumnya. Namun di sini kita menggunakan situs lain yakni ILovePDF. Berikut langkah selengkapnya:

  1. Kunjungi website ILovePDF.
  2. Ada banyak pilihan untuk mengubah format awal menjadi format yang diinginkan. Misalnya Word to PDF, Excel to PDF, JPG to PDF, dan masih banyak yang lainnya. Pilih yang sesuai dengan file yang akan diubah.
  3. Selanjutnya Select/Upload file, misalnya di sini kami akan mengubah JPG menjadi PDF.
    cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi - 4

  4. Setelah terupload, kamu bisa mengubah orientasi, ukuran halaman, dan margin dengan klik ikon gear (opsional). Jika sudah klik Convert to PDF di pojok kanan bawah.
    cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi - 5

  5. Tunggu beberapa saat hingga file bisa diunduh, selesai.

Itulah dua cara membuat file PDF di ponsel tanpa aplikasi dengan SmallPDF dan ILovePDF. Tentu keduanya dapat kamu gunakan secara gratis.

Selain menyimpan hasil PDF ke memori ponsel, kamu juga bisa membagikannya melalui link share yang disediakan. Namun kamu harus mendaftar terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan fitur ini. Tenang, tidak perlu bayar untuk mendaftar.

Post a Comment for "Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi Simpel Mudah & Cepat"