Iklan Uptitle

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah & HP, Efektif Jadi Ngebut Lagi

Cara Memperkuat Sinyal WiFi - Pernahkah kamu mengalami koneksi jaringan WiFi yang lemah karena sinyal yang kurang maksimal? Mungkin kamu belum memeriksa secara keseluruhan apa saja yang membuat sinyal WiFi menjadi kuat maupun lemah.

Tentu hal yang sangat menyebalkan jika koneksi WiFi yang kita miliki ternyata lemah. Karena akan membuat aktivitas di dunia online menjadi terganggu, terlebih jika kerja online. Padahal dari ISP layanan yang kita beli memiliki kualitas yang bagus.

Apa sajakah solusi untuk menguatkan sinyal WiFi? Yuk langsung saja ke ulasannya di bawah ini:

cara memperkuat sinyal wifi

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Untuk memperbaiki sinyal WiFi yang lemah, ada cukup banyak hal yang harus diperiksa. Berikut ulasan cara memperkuat sinyal WiFi di rumah.

1. Pastikan Memakai Router Terbaru

Memakai router terbaru tentu akan meningkatkan sinyal WiFi di rumah. Hal ini karena teknologi yang dibawa oleh router terbaru berbeda dengan yang lama.

Biasanya router WiFi memiliki teknologi yang dibedakan ke dalam beberapa tipe, yakni tipe A, B, G, dan N. Nah, pastikan router yang kamu pakai telah mendukung tipe N.

Jika benar router belum mendukung tipe terbaru, maka opsi untuk upgrade adalah sangat direkomendasikan.

2. Atur Letak Router dengan Benar

penempatan wifi yang benar

Menaruh Router adalah hal yang paling utama, karena sekuat apapun WiFi yang dipancarkan tentunya akan melemah juga jika diletakkan di lokasi yang salah. Atau dekat jendela yang mengakibatkan WiFi menyebar keluar rumah.

Sebaiknya taruh router di area tengah rumah yang luas dengan minim penghalang. Letakkan di meja, dinding ruang tengah, langit-langit, atau kiranya sesuaikan dengan ruangan rumah kalian.

3. Ubah Saluran/Channel WiFi

WiFi menyalurkan sinyal melalui frekuensi. Standar dari frekuensi yang biasa ISP gunakan adalah 2,4 GHz. Terdapat 14 channel untuk frekuensi ini.

Bagaimana memilihnya? Kamu harus memilih channel yang sedikit digunakan. Sebab channel yang sama akan tumpang tindih dengan yang lainnya sehingga menyebabkan 'berebut' sinyal.

Untuk mendeteksi channel yang kosong, kamu bisa menggunakan aplikasi WiFi Analyzer.

4. Tambahkan Access Point

cara menguatkan sinyal wifi

Jika ruangan bersekat tembok dan penempatan router sudah benar namun sinyal tetap tidak maksimal, maka tambah access point adalah salah satu cara yang tepat.

Sederhananya, kamu menambah router lainnya untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi. Router nantinya diletakkan di tempat yang berbeda lalu dihubungkan memakai router modem WiFi. Gunakan kabel LAN untuk mengkoneksikan keduanya.

Biasanya cara ini sangat efektif untuk rumah bertingkat, kantor, sekolah, atau bangunan luas lainnya. Meskipun susah dalam konfigurasinya, hasil sinyal akan bagus, lebih kuat, dan stabil.

5. Gunakan WiFi Repeater

wifi repeater

Berikutnya adalah menggunakan WiFi Repeater. Hampir sama seperti access point, namun memiliki konfigurasi yang jauh lebih mudah dan tanpa harus memakai kabel LAN.

Alat ini memiliki kegunaan untuk meneruskan sinyal dari jaringan utama (router utama) menjadi jaringan baru dengan sinyal yang lebih kuat dan bagus. Untuk kualitas antara access point dan WiFi Repeater, tentu tentu lebih bagus access point.

WiFi repeater paling pas digunakan untuk rumah tidak bertingkat atau rumah sederhana.

6. Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik

Perlu diketahui bahwa reuter akan terengaruh kinerjanya jika dekat dengan perangkat elektronik lainnya. Misalnya TV, radio, speaker, microwave, dan lain sebagainya.

Menjauhkan router WiFi dari perangkat tersebut adalah untuk mencegah benturan sinyal dari perangkat elektronik lain. Sehingga router tetap bekerja secara optimal.

7. Perhatikan Bandwidth

Beberapa ISP menerapkan FUP atau biasa dikenal batas pemakaian wajar. Dalam status ini, kamu masih bisa menggunakan koneksi internet namun dengan kecepatan yang dikurangi.

Agar tidak cepat mencapai FUP, kamu harus benar-benar memperhatikan bandwidth. Salah satunya misalnya ketika mendengarkan musik melalui video YouTube, usahakan tampilkan video dalam resolusi yang rendah. Karena kamu akan menghemat bandwidth sehingga tidak cepat mencapai FUP.

8. Restart Router secara Berkala

Memakai peralatan elektronik khususnya router dalam waktu yang lama terkadang menimbulkan masalah. Salah satu contohnya yakni sinyal yang tidak maksimal.

Nah, untuk membuatnya refresh kembali, kamu bisa melakukan restart router. Meski bisa dibilang unik, namun cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan kinerja router termasuk masalah WiFi yang kurang baik.

9. Ubah Password

Saat perangkat pertama kali dikoneksikan ke router biasanya disetting otomatis akan terhubung kembali di lain waktu. Lama kelamaan tentunya semakin banyak user yang terhubung ke jaringan WiFi kita.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mengganti kata sandi dengan yang baru. Hal ini juga agar orang-orang yang tidak berkepentingan atau jika ada perangkat terhubung otomatis yang tidak diinginkan bisa dihindari. Sehingga WiFi kalian akan lancar.

10. Update Firmware/Radio

Jika koneksi WiFi komputer atau smartphone menurun, kemungkinan firmware sudah outdated atau ketinggalan jaman.

Jika ada notifikasi update firmware terbaru, kamu bisa langsung melakukan update. Ini juga berfungsi untuk memperbaiki bug yang ada di versi sebelumnya.

Secara manual, kamu bisa update melalui menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Perbarui Software/Sistem.

11. Gunakan Router Outdoor Point to Point

Alat ini dibutuhkan jika kamu ingin memperkuat jaringan WiFi yang berjarak jauh. Misalnya memancarkan WiFi dari suatu tempat ke rumah yang jaraknya 100 meter.

Pastikan gunakan tiang antena yang tinggi supaya mudah menerima sinyal. Nantinya sinyal yang ditangkap ini akan diteruskan ke router di dalam rumah.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP

Jika kamu sebelumnya sudah mengerti menenai cara untuk menguatkan sinyal WiFi yang ada di rumah. Sekarang kamu juga harus tahu cara memperkuat sinyal WiFi di hp agar maksimal.

Jadi ketika terhubung ke router hp kamu akan menyerap WiFi secara maksimal dan kecepatannya pun tidak lelet. Berikut ulasannya:

1. Unduh Aplikasi Penguat Sinyal

Cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan cara memasang aplikasi penguat sinyal WiFi. Untuk mencari aplikasi ini, kamu bisa buka aplikasi Play Store di smartphonemu.

Fitur utama aplikasi ini adalah menemukan jaringan WiFi terbaik, testing kecepatan WiFi, dan juga menutup aplikasi yang berjalan pada backgrund dan menggunakan koneksi WiFi.

Baca Juga: Penguat Sinyal WiFi APK

2. Setting Ponsel untuk Memilih Koneksi yang Bagus

Menggunakan koneksi WiFi buruk tentu tidak disarankan karena tentu akan berakibat pada leletnya internet ketika diakses.

Nah, pada smartphone, kamu bisa mengatur untuk menampilkan koneksi WiFi menjadi hanya yang bagus dan kuat.

Caranya adalah dengan membuka Settings > WiFi > Advanced Settings. Di bagian ini kamu dapat melihat kotak ceklis untuk menghindarkan ponsel dari WiFi yang lemah.

3. Update Firmware/Radio

Salah satu penyebab WiFi ponsel menjadi buruk adalah firmware yang tidak diperbarui. Untuk memperbarui ke versi lebih baru, pergi ke Setings > About Phone > System/Software Update.

4. Cek Casing HP

Ada beberapa kasus yang mengakibatkan sinyal WiFi menjadi kurang maksimal disebabkan karena casing yang digunakan. Terlebih jika casing terbuat dari bahan logam.

Untuk memastikan apakah ini benar-benar terjadi pada ponselmu, maka kamu harus melakukan tes dengan menggunakan speed test.

Pertama coba memakai casing dan kedua tanpa casing. Jika hasilnya berbeda, dan tanpa casing menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi. Maka kamu bisa gunakan ponsel tanpa casing saat menggunakan WiFi.

Namun jika tanpa pakai casing kurang nyaman, kamu bisa menggantinya dengan casing yang tidak mempengaruhi kinerja WiFi.

5. Ubah Frekuensi ke 5 Giga Hz

Biasanya kebanyakan ponsel Android lama memakai jaringan di frekuensi 2.4 GHz. Sedangkan frekuensi 5 GHz banyak ruang kosong.

Kamu bisa mengaturnya agar bisa diubah ke 5 GHz, caranya dengan membuka Settings > WiFi > Advanced Settings > WiFi Frequency Band.

Dengan menggunakan jaringan yang belum banyak orang memakainya, tentu akan meningkatkan kualitas dan kecepatan WiFi.

Akhir Kata

Nah, itulah cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memeriksanya dari routernya maupun dari ponselnya.

Jika kedua perangkat ini sudah kamu periksa dan kamu perbaiki yang menjadi kemungkinan penyebab lemotnya, maka pastinya internet via WiFi akan kencang lagi. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah & HP, Efektif Jadi Ngebut Lagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel