Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi WiFi Laptop Terbaik, Berbagi Koneksi Internet Gratis

Koneksi internet sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan harian bahkan banyak yang digunakan untuk bisnis. Terlebih jaringan WiFi yang kebanyakan memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan menggunakan kuota data.

Namun kalian yang memiliki koneksi WiFi terbatas hanya pada salah satu perangkat, kamu bisa mengakalinya dengan memakai aplikasi WiFi laptop.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, laptop yang memiliki koneksi internet dapat membagi koneksinya untuk dibagikan ke perangkat lain misalnya smartphone kamu sendiri.

Aplikasi apa saja yang memungkinkan laptop kita bisa memiliki kemampuan tersebut. Yuk, simak ulasan berikut.

Aplikasi WiFi Laptop Terbaik

Ada cukup banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan. Berikut ini kami rekomendasikan aplikasi yang wajib kamu coba:

1. Baidu WiFi Hotspot

Sebagian kalian mungkin tidak asing dengan nama Baidu. Baidu merupakan mesin pencari selain Google yang berasal dari China.

Bukan hanya mesin pencari, Baidu juga memiliki aplikasi WiFi untuk laptop. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, memungkinkan kita untuk berbagi koneksi WiFi dari laptop secara gratis.

Baidu WiFi Hotspot bisa digunakan hingga Windows 10. Untuk masalah keamanan tenang saja, karena Baidu telah dibekali dengan password dan blokir pengguna.

2. mHotspot

Aplikasi WiFi laptop lainnya yakni mHotspot. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. mHotspot dapat mengkoneksikan perangat hingga 10 buah.

Kamu bisa mengatur agar koneksi dibatasi penggunanya. Selain itu, agar koneksi WiFi yang kamu punya menyebar merata, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk repeater.

mHotspot memiliki fitur pemantau lalu lintas data, dengan fitur ini kamu bisa melihat pemakaian data sehingga bisa menghemat kuota data. Aplikasi ini memiliki ukuran 0,4 MB saja, jadi tidak akan begitu berpengaruh terhadap storage laptop.

3. MaryFi

Menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa membuat WiFi repeater. MaryFi mendukung OS Windows 7 dan versi selanjutnya. Koneksi proxy dan VPN juga memungkinkan di MaryFi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk berbagi folder dan file, layaknya jaringan LAN. Bahkan kamu juga bisa bermain game bersama di jaringan ini.

Untuk keamanannya tidak perlu diragukan, sebab koneksi telah dienkripsi dengan WPA2. Berminat pakai aplikasi ini? Kamu bisa mengunduh secara gratis dari situs resminya.

4. Connectify

Connectify seperti aplikasi WiFi laptop lainnya, mampu menjadi repeater. Aplikasi ini akan memberikan koneksi ke perangkat lain secara publik dan privat.

Agar koneksi WiFi mudah dibedakan, kamu bisa memberikannya nama dan password sendiri. Untuk aplikasi ini sendiri, hanya bisa dipakai dalam sekali sesi selama 30 menit.

Selebihnya kamu harus hubungkan lagi sendiri. Untuk dapat menikmati koneksi tanpa putus, kamu harus membeli versi pro dari Connectify.

5. HostedNetworkStarter

Selanjutnya ada aplikasi bernama HostedNetworkStarter. Seperti aplikasi sejenis lainnya, HostedNetworkStarter mampu sharing koneksi WiFi dengan perangkat lain seperti smartphone dan laptop.

Bagi kamu yang paham command line, aplikasi ini bisa diakses melalui cara ini lho. Fitur bermanfaat diantaranya adalah adanya info mengenai kesalahan ketika proses konfigurasi. Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui kira-kira bagian mana yang perlu diperbaiki.

Aplikasi ini mudah digunakan. Selain itu, tersedia secara gratis dan dapat kamu unduh langsung dari situsnya.

6. Virtual Router

Virtual Router merupakan aplikasi WiFi laptop yang open source. Artinya kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa batasan apapun.

Aplikasi ini dapat kamu pasang di banyak OS Windows seperti Windows 7 hingga 10 dan juga Windows XP. Virtual Router berjalan ketika dibuka saja, jadi tidak akan begitu menguras kinerja prosesor laptop.

Beberapa tempat seperti kostan, sekolah, kantor, dan tempat lain yang tidak terdapat WiFi sangat pas ditambahkan aplikasi semacam ini.

7. Antamedia

Antamedia memberikan solusi terbaik untuk hotspot laptopmu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik yang cukup lengkap.

Dengan kelengkapan fitur tersebut, kamu bisa memakai aplikasi ini tanpa tambahan router eksternal. Terdapat fitur yang memungkinkan kamu mengakses WiFi berbayar serta mengatur pemakaiannya dengan mudah.

Melihat kelengkapan fitur yang dibawa aplikasi ini, lebih cocok jika menggunakannya untuk membuka bisnis WiFi. Apalagi jika membeli versi pro.

8. OSToto Hotspot

OSToto Hotspot adalah aplikasi WiFi laptop yang mampu membagikan koneksi internetnya ke perangkat di sekitarnya semacam smartphone dan laptop lainnya. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan sangat pas untuk kalian yang menggunakan OS Windows.

Memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi lainnya. Mampu mengganti nama perangkat, memblokir pengguna yang tidak diinginkan, hingga ukur speed koneksi internet.

Untuk aplikasi ini sayangnya kamu belum bisa berbagi file. Misalnya: gambar, video, dokumen, dan lain sebagainya dari perangkat satu ke perangkat yang terhubung.

9. My Public WiFi

Aplikasi WiFi laptop atau perangkat PC ini dapat menjadi solusi lain jika kamu masih bingung. My Public WiFi akan mengatur modem sehingga bisa berbagi jaringan internet.

Aplikasi ini mampu menghubungkan perangkat yang jaraknya dekat secara langsung. Jadi, kamu tidak memerlukan kabel LAN untuk sekedar membagikan koneksi internet yang kamu miliki.

Fitur lain berupa Firewall, pengaturan bandwidth, Adblocker pun tersedia di My Public WiFi.

10. My WiFi Router

Terakhir ada My WiFi Router. Fungsi utama aplikasi WiFi ini adalah membagikan koneksi internet pada laptop. Jadi WiFi adapter yang terdapat di laptop akan diubah menjadi hotspot yang memancarkan WiFi.

Kelebihan aplikasi seperti ini tentu kamu tidak perlu lagi kabel LAN. Sehingga akan menghemat di pembelian kabel. Selain itu, fitur yang dimiliki My WiFi Router sudah cukup lengkap untuk kebutuhan sharing file.

Kamu bisa berbagi file seperti gambar, video, dokumen, dan lain sebagainya menggunakan aplikasi WiFi ini.

Kesimpulan

Itulah deretan aplikasi WiFi laptop yang bisa kamu gunakan. Dengan aplikasi diatas, kamu bisa mengubah koneksi WiFi di laptop kalian menjadi sebuah hotspot. Nantinya hotspot bisa disambungkan ke perangkat-perangkat lain yang kamu inginkan.

Jadi, kamu bisa menikmati jaringan internet secara gratis di beberapa perangkat sekaligus. Selamat mencoba!

Post a Comment for "10 Aplikasi WiFi Laptop Terbaik, Berbagi Koneksi Internet Gratis"