Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi Modal Kecil Profit Harian untuk Pemula, Pelajar & Mahasiswa

Kemampuan finansial yang baik tentu dibarengi dengan tindakan dan alokasi dana yang tepat. Salah satunya dengan investasi modal kecil profit harian hingga jangka panjang. Kini untuk menanamkan modal tidak perlu membutuhkan dana besar. Cocok untuk pemula, pelajar, dan mahasiswa yang ingin terjun ke dunia investasi.

Untuk mendapatkan profit harian memang sangat mungkin sekali. Namun ini tentu sangat kecil jika dimulai hari ini, dapat langsung profit hari ini. Paling tidak kamu harus belajar dahulu mengenai tehniknya. Misalnya jual beli saham jangka pendek, pagi dibeli siangnya dijual.

Investasi Modal Kecil Profit Harian (Bisa Jangka Panjang)

Memilih investasi modal kecil profit harian untuk jangka panjang kini semakin mudah. Yang penting tahu mengenai investasi yang dilakukan dan cara memaksimalkannya.

Kamu bisa memilih salah satu jenis investasi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan finansialmu. Terutama untuk para pemula, pelajar, dan mahasiswa yang mungkin belum berpenghasilan atau punya penghasilan sendiri namun belum begitu besar. Berikut beberapa model investasi modal kecil yang bisa pemula lakukan:

1. Investasi Saham

investasi modal kecil profit harian

Mungkin sebagian menganggap investasi saham membutuhkan uang yang banyak. Namun kini kita dapat membeli saham dengan nilai yang relatif sedikit.

Investasi modal kecil profit harian cukup mudah mendapatkannya, hanya saja perlu pengetahuan. Dalam investasi saham, ada dua cara untuk mendapatkan keuntungan. Pertama dengan capital gain dan kedua dengan dividen.

Capital gain akan diperoleh jika kamu membeli saham dengan harga beli lebih kecil dengan harga jual. Misalnya kamu membeli saham di perusahaan A dengan harga Rp 3000 per lembar sahamnya. Setelah itu, kamu jual dengan harga Rp 3150 maka dapat dikatakan kamu mendapatkan capital gain Rp 150.

Untuk dividen sendiri yakni laba atau profit dari perusahaan yang dibagikan kepada semua pemegang sahamnya setiap setahun sekali.

Mendapatkan profit harian dengan investasi modal kecil memang bisa kamu dapatkan dengan investasi saham. Namun kamu harus menguasai ilmu trading di mana harus mengetahui dasar-dasar teknikalnya.

Misalnya bisa membaca grafik pergerakan saham dan menebak arah pergerakan saham agar bisa menempatkan sell dan buy dengan lebih baik. Sehingga resiko rugi lebih kecil.

Namun jika ingin sampai mendapatkan dividen, maka kamu bisa mencari perusahaan terpercaya. Kemudian beli sahamnya dan terus tingkatkan pembelian saham agar mendapatkan lebih banyak dividen ketika perusahaan membagikannya. Tentunya capital gain juga akan kamu dapatkan jika harga saham perusahaan memiliki kecenderungan naik.

Agar kamu bisa membeli saham tanpa perlu merogoh kocek yang dalam. Maka kamu bisa menggunakan aplikasi Ajaib. Di aplikasi ini, kamu bisa membeli saham hanya dengan harga Rp 100ribu saja.

2. Tabungan Emas

investasi modal kecil profit harian

Menabung dalam bentuk emas memang sudah ada sejak dahulu. Namun untuk saat ini investasi emas dengan modal kecil sudah bisa kamu lakukan.

Sekarang, platform pembelian emas juga sudah sangat beragam. Bahkan kamu bisa membeli emas dengan nominal yang sedikit. Misalnya di Minigold.

Kelebihan emas salah satunya memiliki kestabilan harga yang tinggi. Selain itu, emas juga menunjukkan harga yang cenderung mengalami kenaikan terus menerus.

Tips, mungkin kamu akan mengalami kesulitan jika ingin mendapatkan langsung profit harian. Kecuali kamu bisa menjadi pedagang dan mendapatkan keuntungan harian dari selisih harga jual dikurangi harga beli. Namun lebih baik kamu tetap menabung emas dan jual saat harga tinggi.

3. Investasi Reksadana

investasi modal kecil profit harian

Jika kamu masih minim pengetahuan mengenai investasi saham, maka bisa mencoba investasi reksadana. Investasi reksadana merupakan penanaman modal yang dikelola oleh manager investasi berpengalaman.

Jadi, dana yang kamu setorkan akan dikelola dengan memilihkan perusahaan dengan jejak keuangan yang bagus. Tentunya mereka sangat berpengalaman dan terpercaya.

Reksadana saat ini menjadi salah satu cara termudah untuk investasi modal kecil profit harian oleh pemula. Karena aman, dikelola profesional, dan dapat memberikan cuan.

Ada beberapa reksadana yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan pilihan masing-masing. Di antaranya adalah reksadana saham, reksadana pasar uang, reksadana syariah, dan dain sebagainya.

Tidak hanya terjamin keamanannya dan mudah, investasi reksadana cukup menggunakan modal kecil yang kita miliki. Misalnya dengan uang Rp 100ribu, bahkan sebagian ada yang memberikan patokan minimal Rp 10ribu saja.

4. Investasi P2P Lending

investasi modal kecil profit harian

Investasi model peer to peer lending ini mungkin masih asing di banyak wilayah di Indonesia. Konsep investasi ini adalah mempertemukan antara dua belah pihak. Di mana kedua pihak tersebut yakni pemberi pinjaman dan pencari pinjaman.

Untuk investasi ini ada pihak yang mengelola. Pengelola akan memberikan penjelasan kepada semua calon investor tentang analisis resiko pada intestasi P2P Lending. Nantinya, para investor akan memutuskan apakah akan menanamkan modal di sana atau tidak.

Biasanya pemberi modal akan bersedia memberikan pinjaman modal jika penjelasan dari platform mampu meyakinkan calon investor. Investor yakin pun jika mereka melihat prospek yang cerah pada perusahaan.

Investasi modal kecil ini sangat menguntungkan, tentunya jika perusahaan benar-benar berkinerja bagus. Karena mereka saling membutuhkan dan menginginkan keuntungan yang banyak.

Untuk keuntungan biasanya para investor memperoleh profit berupa bunga pinjaman yang dibayarkan ketika jatuh tempo. Waktu jatuh tempo bisa bervariasi dari seminggu, sebulan, atau beberapa bulan.

Mengenai resiko, investasi ini akan rugi jika ternyata yang diberi modal mengalami gagal bayar. Lebih dari itu, pihak ketiga dalam hal ini adalah platform mereka tidak akan bertanggung jawab.

Baca Juga: 8 Aplikasi Saham Terbaik Rekomendasi Para Investor dan Trader

5. Deposito

investasi modal kecil profit harian

Investasi modal kecil profit harian lainnya adalah deposito. Model penamanan modal ini cukup aman dan cocok bagi yang baru mulai belajar investasi. Tentunya dengan modal kecil.

Deposito ini berupa dana yang disimpan di bank. Dana kita di sini dijamin oleh sebuah lembaga yakni LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Biasanya perbankan memberi tawaran dengan bunga 3-5% per tahun. Jika kamu memiliki uang yang tidak begitu cepat alirannya maka bisa mencoba ambil cara deposito ini.

Untuk awal setoran bisa dari Rp 1 juta saja. Kamu bisa mencoba investasi di Deposito Berjangka misalnya di perbankan BCA dan Permata Deposito.

Beberapa jenis deposito lainnya yang perlu kamu coba adalah sertifikat deposito dan deposito on call.

Contoh Aplikasi Investasi Modal Kecil

Bareksa, Ajaib, dan Bibit adalah platform investasi daring (online) yang populer di Indonesia. Ketiganya bisa kamu jadikan aplikasi investasi modal kecil untuk para pemula dari semua kalangan dengan profit harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Masing-masing platform ini memiliki ciri khas dan fitur yang berbeda, tetapi tujuan mereka adalah untuk memudahkan individu dalam berinvestasi dengan cara yang lebih mudah dan terjangkau.

Berikut adalah informasi umum tentang ketiga platform tersebut:

1. Bareksa:

  • Bareksa adalah platform investasi daring pertama di Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2013.
  • Bareksa menawarkan berbagai jenis investasi, termasuk reksa dana, obligasi, saham, dan produk investasi lainnya.
  • Platform ini menyediakan informasi lengkap tentang produk investasi, termasuk kinerja historis, profil risiko, dan panduan investasi.
  • Bareksa juga memiliki fitur-fitur seperti portofolio daring, perencanaan keuangan, dan kemampuan untuk membeli dan menjual produk investasi secara online.

2. Ajaib:

  • Ajaib adalah platform investasi daring yang diluncurkan pada tahun 2019.
  • Ajaib fokus pada investasi saham dan reksa dana.
  • Platform ini menawarkan akses mudah ke berbagai instrumen investasi saham di pasar modal Indonesia dan luar negeri.
  • Ajaib menyediakan fitur-fitur seperti fitur auto-invest, pemantauan portofolio, dan analisis saham yang membantu pengguna dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik.

3. Bibit:

  • Bibit adalah platform investasi daring yang juga fokus pada investasi saham dan reksa dana.
  • Platform ini diluncurkan pada tahun 2019.
  • Bibit menggunakan pendekatan robo-advisor yang membantu investor dalam memilih portofolio investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi mereka.
  • Bibit menyediakan fitur-fitur seperti simulasi investasi, portofolio otomatis, dan pemantauan kinerja investasi secara real-time.

Mulai Investasi Modal Kecil Profit Harian dari Sekarang

Itulah beberapa metode investasi modal kecil profit harian untuk para pemula, pelajar, dan mahasiswa yang bisa dicoba. Investasi memerlukan pengetahuan finansial yang cukup baik. Karena bagaimanapun juga masalah keuangan memang hal yang sangat penting dalam kehidupan.

Kamu bisa memulai dengan mencari informasi cara investasi di platform yang ingin kamu coba. Kemudian apa yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan investasimu di platform tersebut untuk mendapatkan profit yang lebih banyak lagi.

Memiliki pengetahuan dasar-dasar investasi juga meninimalisir kerugian akibat ketidaktahuan dan lain sebagainya. Sekian, terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Investasi Modal Kecil Profit Harian untuk Pemula, Pelajar & Mahasiswa"