Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Canva Baik Diketahui untuk Pemula

Mengenai Canva

Kelebihan dan Kekurangan Canva - Canva merupakan salah satu platform desain grafis terpopuler bagi pengguna online. Platform grafis ini menyediakan beragam fitur memudahkan untuk desainer grafis.

Tidak membutuhkan skill mendalam untuk membuat sebuah desain grafis seperti logo, banner, reklame, postingan Instagram, dan lain sebagainya. Ditambah interface yang sederhana membuat para pemula lebih mudah dalam mempelajari Canva.

Selain itu, banyaknya template desain tinggal edit sangatlah membantu bagi mereka para pemula dan kalangan non profesional.

Untuk pengelolaan akun pun sangat bagus, kamu bisa mengundang orang lain untuk gabung ke dalam tim. Jadi, misalnya kamu memiliki orang yang paham mengenai Canva dan kamu ingin dia mengerjakan sesuatu di akun kamu, maka cukup invite dia saja.

Penggunaan Canva

Saat ini, Canva memiliki pengguna yang sangat banyak dari berbagai belahan dunia. Canva menjadi salah satu pilihan terbaik perihal desain.

Pengguna dari kalangan pelajar, freelancer, bisnis kecil, konter kreator, hingga perusahaan besar banyak yang mempercayakan desainnya menggunakan Canva.

Dari segi kecepatan, mendesain dari Canva tidak membutuhkan waktu yang lama. Ini sangat jauh berbeda jika kamu mendesain dari awal.

Kelebihan dan Kekurangan Canva

Sesuatu yang sudah besar, canggih, dan maju tidak akan pernah lepas dari yang namanya kelebihan dan kekurangan. Nah, di artikel ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan Canva.

Kelebihan Canva

1. Bisa Dibuka dari Web Browser

Keunggulan pertama dari Canva adalah kemudahan aksesnya. Pengguna Canva dapat mengerjakan desainnya dari Android, iOS, dan PC.

Untuk membukanya kamu cukup ketikkan alamat canva.com di Chrome, Opera Mini, Mozilla, Safari, dan lain sebagainya. Selanjutnya login ke akun dan lanjutkan pekerjaanmu dari perangkat manapun.

2. UI Simpel dan Mudah Digunakan

Bagi kebanyakan desainer grafis pemula, mendesain menggunakan software tertentu sangatlah ribet dan memakan waktu lama.

Namun di Canva kamu tidak akan menemukan hal ini karena Canva memiliki desain interface yang simpel dan mudah digunakan.

3. Memiliki Beragam Template Desain Menarik

Tersedia banyak sekali template desain unik yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa membuat logo, xbanner, reklame, spanduk, brosur, dan lain sebagainya hanya dengan template yang telah dibuatkan.

Template tersebut bisa kamu edit bagian tulisan, warna, dan gambarnya. Bahkan tidak sedikit pelamar kerja menggunakan template CV dari Canva untuk biodata mereka saat melamar pekerjaan.

4. Sangat Memudahkan Bagi Konten Kreator

Kamu sering memposting ke feed Instagram, membuat reels, story Instagram, WA, dan sejenisnya di media sosial? Kamu bisa menggunakan Canva untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaanmu.

Hampir semua format untuk mengisi feed media sosialmu bisa dibuat di Canva. Menarik sekali, kan?

5. Desain Bisa Diunduh dan Dibagikan dalam Format Lain

Yang banyak disukai pengguna Canva adalah kemampuannya mengekspor hasil desain ke dalam berbagai format. Ada banyak format yang bisa dibuat, di antaranya adalah PNG, JPG, PDF, hingga file .PPTX.

6. Tidak Banyak Memakan Storage Ponsel/PC

Penggunaan Canva secara online tidak membutuhkan media penyimpanan di smartphone/PC kamu. Sebab media penyimpanan menggunakan cloud, yakni online milik canva sendiri.

Sehingga akan meringankan kinerja device dan hanya memakan penggunaan RAM saja yang relatif kecil dibandingkan dengan software yang harus instal dahulu.

7. Simpan Otomatis

Salah satu yang sering lupa adalah menyimpan hasil kerjaan secara berkala. Nah, di Canva kamu tidak perlu melakukan hal tersebut.

Jadi di Canva, simpan otomatis akan membantu kamu menghindari lupa simpan. Dengan demikian, ketika lampu mati kamu tidak akan panik karena lupa belum disimpan.

8. Sumber Pendapatan

Memiliki ketertarikan dalam dunia desain saat ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Caranya kamu bisa bergabung menjadi Kontributor Canva.

Selain itu, kamu juga bisa membuka jasa desain postingan media sosial atau kelola postingan, membuat desain undangan, banner, dan lain sebagainya untuk dijual.

Baca juga: 5 Fungsi Aplikasi Canva dalam Desain Grafis & Contoh Penggunaannya

Kekurangan Canva

Setiap aplikasi ataupun platform online memiliki fitur unggulannya masing-masing dan tentunya juga kekurangannya. Begitu juga Canva yang telah kami rangkum beberapa kekurangannya. Berikut ulasannya:

1. Tidak Bisa Bekerja Secara Offline

Seperti yang telah dibahas di atas, Canva bisa diakses melalui browser secara online. Dengan demikian saat tidak memiliki kuota internet atau WiFi, maka kita tidak bisa membuka Canva.

2. Terbatas Jika Menggunakan Akun Free

Sebagian user yang telah menggunakan Canva untuk bekerja, berlangganan Canva premium bukan menjadi masalah. Namun untuk pemula, ini cukup berat.

Salah satu cara untuk mendapatkan fasilitas premium secara gratis adalah menjadi tenaga pengajar.

3. Koneksi Internet Harus Bagus

Karena hanya bisa diakses menggunakan jaringan internet, tentu koneksinya harus bagus. Apalagi kamu sedang mengerjakan proyek di Canva dan menggunakan fitur-fiturnya.

Untuk dapat bekerja dengan cepat, tentu kestabilan koneksi harus dijaga. Agar tools yang sedang digunakan bisa bekerja dengan maksimal.

Pengguna yang tinggal di kota dengan koneksi internet yang bagus dan kencang, mungkin tidak terasa kesulitan-kesulitan bekerja di Canva karena masalah kecepatan internetnya.

Bagi pengguna yang tinggal di daerah sulit sinyal atau daerah yang memiliki sinyal lemah, maka ini sangat merepotkan dan sangat membuang-buang waktu.

4. Slide Presentasi Tidak Bisa Ditambahkan Tabel

Satu lagi kekurangan Canva adalah fitur memasukkan tabel. Saat kamu ingin membuat presentasi atau infografis yang memiliki tabel hal ini tidak bisa dilakukan.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Canva yang perlu kamu ketahui. Dengan memahami kelebihan dan kekurangannya kamu bisa menentukan apakah Canva bisa kamu jadikan platform untuk kebutuhanmu.

Namun dengan kecanggihan tools yang disediakan, sebagian besar akan sangat tertolong dan merasa dimudahkan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Canva sangat mudah dioperasikan baik pemula maupun profesional. Cocok bagi kamu yang menginginkan kecepatan, inspirasi desain, dan "klik-edit". Ditambah lagi dengan template lengkap yang siap kamu edit.

Tapi bagi mereka yang gemar menuangkan segala idenya dari nol mungkin Canva kurang mengasyikkan. Misalnya saat membuatkan logo bisnis/lembaga pastinya desainer lebih memilih software seperti Corel untuk pembuatannya.

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Canva Baik Diketahui untuk Pemula"