Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Status Suara di WhatsApp Fitur Terbaru Wajib Coba

Cara membuat status suara di WhatsApp tidak sesulit yang dibayangkan. Fitur terbaru yang diperkenalkan ini memungkinkan pengguna untuk merekam suara dan membagikannya kepada kontak WhatsApp-nya.

cara membuat status suara whatsapp
Fitur membuat status suara WA ada di ikon pensil

Sebelum fitur ini dihadirkan, WhatsApp sudah bisa digunakan untuk membuat status foto, video, dan tulisan. Dan fitur rekam suara atau voice note hanya bisa digunakan di kolom percakapan.

Dengan hadirnya fitur status suara, diharapkan pengguna WA menjadi lebih suka untuk membuat status. Meskipun begitu, sebagian masih ada yang belum tahu atau belum mengerti cara membuat status suara di WhatsApp.

Nah, di artikel ini kita akan membahasnya dengan detail tutorial yang mudah dipahami. Lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Status Suara di WhatsApp

Tidak sulit untuk membuatnya, kamu bisa langsung praktek dengan membuka halaman ini dengan aplikasi WhatsApp-mu.

  1. Buka aplikasi chat WhatsApp.
  2. Pindah ke tab Status.
  3. Ketuk ikon pensil yang dibuat untuk status tulisan.
  4. Ketuk dan tahan ikon mikrofon di pojok kanan bawah layar. Kamu bisa merekan suara hingga 30 detik durasinya.
  5. Lepaskan untuk mengakhiri rekam suara.
  6. Terakhir klik ikon Send untuk mempublikasikan Status Suara yang telah dibuat. Selesai.

Cara Membuat Status Suara WA dengan Voice Note

Agak berbeda dengan cara sebelumnya, cara membuat status suara dengan voice note yang telah kita kirim ke orang lain juga bisa kamu lakukan. Berikut caranya:

  1. Buka percakapan yang berisi voice note yang ingin kamu jadikan status suara.
  2. Ketuk dan tahan voice note yang kamu kirim.
  3. Pilih ikon Bagikan (panah arah kanan).
  4. Pilih Status Saya (My Status).
  5. Ketuk ikon Kirim untuk mempublish status. Selesai.

Catatan untuk cara ini kamu hanya bisa membagikan voice note punya kamu sendiri. Jadi saat teman atau orang lain mengirim voice note, maka voice note ini tidak bisa dibuat status suara.

Hal lainnya yakni untuk status yang kamu buat langsung dari tab Status hanya memiliki maksimal durasi 30 detik. Sedangkan untuk voice note bisa lebih dari 30 detik.

Baca juga: 3 Cara Melihat Pesan WA yang Dihapus dengan Mudah [Delete for Everyone]

Memaksimalkan Status Suara di WhatsApp

Dengan hadirnya fitur status suara di WhatsApp ada hal-hal yang bisa kamu maksimalkan. Misalnya dengan status suara tersebut kamu bisa lebih ekspresif.

Selain itu, status suara bisa kamu jadikan pengganti dari status tulisan yang panjang. Kamu juga bisa menjadikan status suara untuk memberikan pengumuman kepada klien/konsumen kalian. Hal ini bisa diterapkan untuk kamu yang memakai WhatsApp untuk berbisnis.

Dari segi waktu juga lebih efisien untuk menggunakan fitur ini. Kamu tinggal pencet dan tahan untuk merekam suara. Cara ini persis ketika kamu hendak membuat voice note di kolom percakapan.

Seperti halnya status tulisan yang bisa ganti background warna, Status Suara juga demikian. Jadi, kamu bisa ganti warna dengan warna favoritmu atau warna yang sesuai dengan mood kamu saat membuat status.

Perlu diketahui juga untuk memanfaatkan fitur ini, hendaknya update terlebih dahulu aplikasi WA-nya dari Google Play Store. Sebab fitur ini mungkin belum muncul jika kamu masih menggunakan versi lama.

Kesimpulan

Itulah cara membuat status suara di WhatsApp yang ternyata sangat mudah dan cepat. Ini seperti kamu menggunakan fitur voice note dalam percakapan.

Adanya fitur yang baru ini tentunya memberikan pengalaman baru yang menyenangkan karena pengguna bisa merekam suara sendiri dan membagikannya ke kontak WhatsApp.

Sekarang update aplikasi WA-nya jika kamu belum memiliki fitur ini dan coba buat status suara pertamamu. Sekian dan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Status Suara di WhatsApp Fitur Terbaru Wajib Coba"